logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

5 Langkah Sukses Presentasi

Langkah-langkah untuk presentasi dengan baik
Presentasi Bahan Kuliah dengan Baik
Sebagai mahasiswa yang ingin sukses dalam kuliah, presentasi adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasi.  Presentasi yang baik tidak hanya memberikan kita nilai yang bagus, tetapi juga akan memberikan image kita yang lebih baik di mata dosen dan audiens.  Presentasi yang sering dilakukan selama masa perkuliahan di kelas sebenarnya adalah salah satu ajang latihan sebelum presentasi akhir kita di seminar hasil penelitian.  Karena itu, sebaiknya seriuslah untuk melakukan yang terbaik walaupun hanya tugas kuliah makalah studi literatur.
Berikut adalahbeberapa tips agar dapat tampil maksimal saat presentasi di depan kelas:

Kuasai Materi

Menguasai materi adalah hal yang mutlak sebelum anda presentasi, menguasai materi presentasi tidak menjadi masalah jika anda sendiri yang membuat materi dalam slide.  Namun jika anda harus menyampaikan materi dalam slide yang bukan anda sendiri pembuatnya, pelajarilah dulu dan tanyakan jika ada yang belum jelas dalam slide tersebut.  Pemahaman yang baik terhadap materi slide akan membuat kita lebih percaya diri.

Percaya Diri

Saat berada di depan kelas untuk presentasi, anggaplah hanya Tuhan dan kita sendiri (kelompok kita) yang paling tahu tentang isi dari slide tersebut.  Keyakinan pada diri sendiri akan membuat presentasi kita lebih hidup, dan audiens akan lebih tertarik untuk mendengar presentasi kita.

Komunikatif

Komunikatif tidak berarti kita terus bicara dengan audiens, cukup sekali atau dua kali.  Cobalah untuk berkomunikasi dengan mata, pandang mata setiap orang di hadapan kita sehingga terlihat kesan serius, namun selingi dengan senyum ramah.  Senyum adalah bahasa dunia, tersenyum dapat meluluhkan hati audiens.  Walaupun kita membuat suatu kesalahan, senyuman dapat menenangkan audiens sehingga tidak menjadi sasaran empuk untuk mematahkan argumentasi (bukan membenarkan, hanya melembutkan).

Gaya bahasa

Gaya bahasa menyangkut cara anda berbicara, kapan dikeluarkan suara keras, kapan suara ditekan, suara lembut, dan cepat lambat bicara. Namun yang paling penting adalah bahasa yang benar, bahasa yang baik belum tentu benar. Untuk menguasai bahasa yang benar mungkin sangat sulit bagi beberapa orang (termasuk saya sendiri).  Terkadang bahasa Indonesia kita tercampur dengan bahasa gaul kita sehari-hari, apalagi bahasa daerah yang pada kebanyakan orang adalah bahasa ibu.  Untuk melatih ini sebaiknya dilakukan setiap hari, dan sering-seringlah terlibat dalam diskusi dimana kita dapat melatih gaya bahasa kita.

Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh seringkali terlupakan saat kita presentasi, karena biasanya kita terbawa oleh pikiran kita.  Bahasa tubuh dapat membentuk persepsi orang yang menjadi target presentasi kita.  Bahasa tubuh yang tidak baik dan sebaiknya dihindari saat presentasi misalnya duduk, menunduk, membelakangi pendengar, dan memainkan sesuatu dengan tangan (misalnya pulpen).  Bahasa tubuh yang buruk membuat kita terkesan kurang serius, dan dengan sendirinya akan mempengaruhi nilai kita (tapi ingat nilai bukan tujuan utama, walaupun sangat penting).
Masih banyak trik yang bisa kita pelajari untuk menjadi presentator yang baik, dan mungkin masih banyak rekan-rekan yang punya pengalaman yang lebih banyak dalam presentasi.  Koreksi ataupun masukan akan sangat kami hargai, silahkan tambahkan dalam kolom komentar di bawah ini.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Terima kasih, sangat bermanfaat:)

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger