logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pentingnya Membawa Air Minum Sendiri bagi Mahasiswa

Aktifitas di kampus sangat beraneka-ragam, ada kutu komputer yang senantiasa online, ada kutu buku dengan kaca mata, kadang-kadang ada juga yang sedang memperhatikan kutu, baik itu kutu rambut maupun kutu beras. Namun apapun kegiatan kita di kampus, sebagai makhluk hidup, apalagi dengan kesibukan mahasiswa yang sangat sibuk walaupun ada juga yang suka pura-pura sibuk, pasti memerlukan air minum.

Banyak cara yang ditempuh mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan air ini, ada yang meminum air bak tempat wudhu, ada minum air aquades laboratorium (pengalaman pribadi), ada yang minta sama teman (resek juga kalau keseringan), ada yang minum es atau beli air kemasan di kantin, ada juga yang bawa sendiri dari rumah atau kost-an. Nah, yang terakhir ini mungkin yang paling jarang dilakukan oleh mahasiswa. Padahal banyak sekali manfaatmembawa sendiri air minum dari rumah atau kost-an kita. Beberapa manfaatnya misalnya sebagai berikut:

Hemat Uang

Kenapa bisa menghemat uang? Kalau kita membawa air minum dari rumah dengan volume 600 ml yang diambil dari galon (19 L) dengan harga pergalonnya Rp. 4000, maka biaya minum kita untuk setengah hari itu adalah x dimana x= (4000/19)x0,6; yaitu Rp. 126, 3 rupiah. Bandingkan kalau kita membeli air minum dalam kemasan 600 ml dengan harga 2000 rupiah???? Kita bisa menghemat uang kita sebesar Rp. 1874 per botol yang kita bawa. Bayangkan dalam sebulan? Coba hitung kalau sehari kita membeli 2 botol???!!!

Lebih Terjamin Kebersihannya

Dari informasi yang pernah saya dengar, biasanya batu es yang digunakan untuk membuat teh es yang biasa kita beli di banyak tempat menggunakan air mentah. Kalau kita bisa membawa air minum dari rumah, tentu kebersihannya dapat lebih dipertanggung jawabkan. Kita sendiri yang bawa, tentu kita tau dari mana asalnya.

Ramah Lingkungan

Membeli air minum dalam kemasan sama dengan menambah sampah di dunia ini. Kita semua tahu, plastik adalah sampah nomor satu yang paling banyak didunia ini. Dengan membawa air minum sendiri kita tidak perlu menambah sampah di dunia ini. Selain itu, air minum dalam kemasan itu juga banyak memakan energi sebelum sampai ke tangan kita, dari proses pengemasannya, hingga pengirimannya, bahkan kadang-kadang penyimpanannya juga memakan energi.

Sekian dulu, karena masih dalam masa ujian tengah semester jadi tidak bisa banyak posting dulu. Terimakasih.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger