logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pentingnya Jalan-jalan Bagi Mahasiswa


Mahasiswa harus jalan-jalan? Kenapa mahasiswa harus jalan? Mungkin ada juga yang berpendapat jalan-jalan bagi mahasiswa hanya menghabiskan waktu dan tidak produktif. Kalau jalannya hanya keliling kota menggunakan motor atau mobil tanpa tujuan mungkin itu sangat tidak produktif, apalagi ke pusat perbelanjaan hanya untuk nongkrong. Yang saya maksudkan disini adalah jalan-jalan keluar kota, mungkin ke desa, jauh dari keramaian. Menurut saya ini penting. Banyak alasannya kenapa ini penting, beberapa dapat kamu baca dibawah ini;

Refreshing
Kuliah di kelas, tugas, praktikum, kadang-kadang akan mendatangkan rasa bosan yang akut dalam pikiran kita. Setiap hari bertemu dengan orang yang sama, di tempat yang sama, dengan kegiatan yang hampir sama setiap harinya bisa membuat kita kehilangan gairah. Pergi keluar untuk refreshing dapat mengembalikan semangat kita, menambah inspirasi dan pengetahuan.

Ilmu tidak hanya di Kampus
Pergi ke alam bebas dapat membuat kita lebih dekat dengan Yang Maha Kuasa. Berinteraksi langsung dengan alam dapat menambah pengalaman dan ilmu yang tidak kita duga sebelumnya. Pergi ke daerah perdesaan dan membaur dengan masyarakat akan menambah sensitifitas kita terhadap kondisi sosial yang sebenarnya, kita akan berkesempatan untuk belajar menghadapi dunia nyata dan bagaimana caranya berinteraksi secara sosial.

Mencari Inspirasi
Terkadang ada waktunya kita merasa stuck, tanpa ide untuk melakukan sesuatu. Jalan-jalan dapat kalian manfaatkan untuk misalnya mencari ide kegiatan di organisasi, atau mencari ide untuk membuat makalah atau tugas kuliah, bahkan untuk menemukan ide penulisan tugas akhir.

Mengenal Diri Sendiri
Siapakah kamu? ini adalah sebuah pertanyaan filosofis. Pergi menjauhi keramaian, menenangkan diri atau mencoba melakukan sesuatu yang tidak biasa bisa membantu kamu untuk mengenal diri kamu. Menempatkan diri kamu dalam suatu posisi yang tidak biasa dapat memunculkan kepribadian kamu yang sebenarnya.

Mengenal Teman
Saat jauh dari keramaian dan hanya ada kita dan beberapa teman kita, kita dapat saling mengenal lebih dalam siapa teman kita. Kesulitan yang kita alami dalam perjalanan akan memperlihatkan siapa yang bisa kita anggap sebagai sahabat dan mana yang hanya sekedar teman.

Tapi ingat, jangan keasikan jalan-jalan sampai lupa kuliah, dan jalan-jalannya pas hari libur saja. Jangan pas hari kuliah, kecuali memang praktikum lapangan.

Tulisan diatas hanya sedikit dari manfaat jalan-jalan bagi kalian para pejuang masa depan. Masih banyak sekali manfaat lain dari jalan-jalan. Kalau kalian punya pengalaman tentang manfaat jalan-jalan, akan menyenangkan sekali kalau kita bisa berbagi dengan menuliskannya dalam kolom komentar di bawah ini. Semangat!

Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger