logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Perguruan Tinggi Malaysia vs Indonesia

Tahukah kamu bahwa sekitar 40 tahun yang lalu banyak dosen-dosen di Indonesia dikirim ke Malaysia untuk mengajar disana. Kenapa? Karena Malaysia pada saat itu bisa dikatakan tertinggal dari Indonesia dalam masalah pendidikan. Nama Indonesia harum di sebut-sebut oleh orang Malaysia. Suatu kali saya pernah ke Universiti Malaya dan Universiti Kebangsaan Malaysia, saya berkesempatan bertemu dengan beberapa dosennya. Beberapa diantara mereka mengatakan "saye lulusan UI", ada juga yang mengatakan "dulu saye kuliah di ITB" (sekarang mereka Profesor). Namun, apa yang kita lihat sekarang.

Tidak perlu saya ceritakan bagaimana tertinggalnya kita dalam banyak bidang. Khusus  bidang pendidikan, disini saya ingin menunjukkan posisi Universitas-universitas di Indonesia dan Malaysia dalam peringkat Dunia yang bersumber dari www.topuniversities.com.

Indonesia
Dalam peringkat topuniversities.com, Indonesia memiliki tiga universitas yang masuk dalam 500 universitas terbaik di dunia 2011/2012. Universitas-universitas tersebut adalah:

Indonesia
University of Indonesia (Universitas Indonesia/UI)peringkat 217 dunia
University of Gadjah Mada (Universitas Gadjah Mada/UGM), menempati peringkat 342 dunia
Bandung Institute of Technology (Institut Teknologi Bandung/ITB), peringkat 450-500.

Malaysia
Universiti Malaya (UM), peringkat 167 dunia
Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), peringkat 279 dunia
Universiti Sains Malaysia (USM), peringkat 335 dunia
Universiti Putra Malaysia (UPM),peringkat 358 dunia
Universiti Teknologi Malaysia (UTM), peringkat 401-450 dunia
International Islamic University Malaysia (IIUM), 451-500

Enam universitas di Malaysia masuk dalam 500 universitas terbaik di dunia, sementara Indonesia hanya tiga. Peringkat UM yang paling tinggi di Malaysia (167) jauh lebih tinggi dari UI yang paling tinggi di Indonesia (217).

Namun perlu juga kita ketahui, bahwa kelebihan yang paling menonjol universitas di Malaysia adalah fasilitas. Pemerintah sangat memperhatikan fasilitas yang terdapat di perguruan tinggi. Bagaimana dengan Indonesia? Paling tidak ada sedikit kemajuan. Menurut saya Indonesia masih memiliki keunggulan dibanding Malaysia, yaitu SDM dosen (tapi pernyataan ini belum didukung dengan data yang valid).

Ternyata, ekspor dosen dari Indonesia telah berganti dengan ekspor TKI. Menurut saya, inti permasalahan adalah PENDIDIKAN. Mari berpikir dan bertindak cerdas untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

Artikelnya Nice.. :)
Salah satu kelebihan Sekolah di Malaysia itu administrasi terjangkau dan juga taraf pendidikan International..
Untuk kalian yg ingin tahu info seputar studi ke Malaysia di Universitas yg memiliki banyak program sehingga kamu bisa memilih jurusan yg kamu inginkan, kamu bisa Invite pin bb kami 320A8A5B, Line/We Chat/Kakaotalk : overseaszone, Whatsapp/Hotline 081385000810.

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger