logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Belajar Kelompok Lebih Efektif

Sering kali kita mendengar kalimat "Dua kepala lebih baik dari satu?". Tentu saja kita harus lihat dulu situasi dan kondisinya dan apa yang sedang kita kerjakan.  Belajar adalah salah satu aktifitas yang bisa dilakukan secara berkelompok dapat menjadi lebih efektif. Bagaimana belajar kelompok dapat membantu meningkatkan efektifitas dan efisiensi belajar kita? Berikut adalah beberapa alasannya.

Belajar dalam kelompok memungkinkan kamu untuk mendapatkan bantuan dari siswa lain ketika kamu kesulitan memahami konsep. Terkadang lebih mudah bagi kita untuk memahami penjelasan materi dalam keadaan yang lebihs santai, selain itu teman kita dapat menjelaskan lebih dari sekali.
Jika kamu menjadi orang yang lebih memahami materi dan kamu menjelaskan kembali kepada temanmu, maka materi tersebut dapat tertanam lebih dalam di ingatan kamu.
Dengan berkelompok kita dapat menyelesaikan tugas lebih cepat, kamu dapat berbagi tugas dalam menyelesaikan soal-soal namun tentu saja kamu harus memahami juga apa yang telah dikerjakan temanmu.
Belajar dengan membentuk kelompok belajar sendiri dapat memotivasi semangat belajar antara teman satu dengan lainnya.
Kelompok belajar dapat menjadi salah satu media untuk berbagi informasi dan pengetahuan antara teman. Dalam dunia kampus, berbagai macam informasi biasanya harus kita cari sendiri, berbeda dengan disekolah yang biasanya informasi diumumkan oleh guru.
Belajar kelompok dapat melatih kita untuk dapat berkomunikasi dengan baik, paling tidak diantara teman-teman kita sendiri, selain itu kelompok belajar dapat menjadi sarana pembelajaran bagi kamu untuk bersosialisasi dengan orang banyak.
Agar lebih efektif, sebelum belajar secara berkelompok, sebaiknya sesuaikan dengan materi yang akan kita pelajari. Belajar kelompok biasanya cocok untuk membahas materi yang bersifat latihan, misalnya soal-soal matematika, fisika, kimia, dan akuntasi. Sedangkan soal-soal hapalan, menurut beberapa ilmuan kurang efektif untuk di pelajari secara berkelompok karena untuk mengingat biasanya kita membutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi. Kecuali kalau kamu sudah menguasainya dan ingin latihan atau menguji hapalanmu.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger