logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tentang Ospek

Ospek
Kata yang lebih sering merisaukan bagi mahasiswa-mahasiswa baru di seluruh Indonesia. Gambaran-gambaran menyeramkan tentang ospek telah lama berkeliaran dalam opini publik, baik pelajar maupun orang tua mahasiswa yang khawatir dengan anaknya yang mengikuti ospek. Apakah ospek seburuk yang dipikirkan oleh kita? Seperti banyak hal didunia ini, ospek memiliki sisi baik dan sisi buruknya juga. Tidak semua baik dan tidak semuanya buruk. Apakah ospek itu baik? Secara sederhana, ospek punya tiga manfaat utama (menurut saya pribadi), yaitu:

Pengenalan dengan teman baru dan kakak tingkat (senior), tidak dapat dipungkiri ospek dapat memperkenalkan kita dengan lebih banyak orang yang akan kita temui di kampus. Banyak teman di kampus akan sangat menguntungkan bagi kita sebagai mahasiswa, dengan senior misalnya, kita bisa mendapatkan tips kuliah gratis, tau buku-buku yang baik untuk di pelajari, dan yang paling penting adalah  salinan tugas-tugas mereka yang bisa kita jadikan referensi tugas kita (bukan untuk di contek habis) dan gambaran soal ujian dari dosen.

Perkenalan dengan kampus, ada hal-hal yang sebaiknya kita pelajari sebelum masuk ke masa kuliah yang sebenarnya. Dalam ospek kita bisa mengeksplorasi kampus dengan lebih detail dari pada waktu kuliah dimulai. Misalnya pengetahuan tentang denah kampus, perangkat akademik kampus, orang-orang penting di kampus, karakter dosen, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui hal-hal tersebut kita dapat menjalani perkuliahan dengan lebih percaya diri. Pada intinya, kita tidak perlu mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan senior kita pada waktu sebelumnya.

Pengenalan Profesi - Jurusan yang kita pilih selayaknya menentukan profesi yang akan kita geluti di masa depan. Ospek dapat menjadi salah satu media bagi kita untuk lebih mengenal seperti apa bidang yang akan kita jalani dalam masa kuliah dan setelah selesai kuliah nanti. Apakah anda akan menjadi ilmuan? guru? atau pengusaha? Ospek dapat menjadi langkah awal anda untuk menentukan jadi apa anda di masa depan, dengan adanya pengetahuan dan perencanaan anda dapat menjalani perkuliahan dengan lebih semangat.

Kebaikan-kebaikan tersebut kita kembalikan kepada orang-orang yang menjadi panitia ospek, apakah sekedar hura-hura dan balas dendam atau berniat baik karena kepeduliannya pada adik-adiknya.

Untuk teman-teman yang akan segera menjalani ospek, selamat menjalani ospek dan selamat datang di dunia mahasiswa.
Semangat!

Gambar:
blog.ub.ac.id
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger