logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Sukses Kuliah Untuk Mahasiswa

Kuliah adalah sebuah perjuangan panjang yang membutuhkan usaha yang keras dan cerdas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal berupa nilai yang tinggi dan lulus pada waktu yang tepat, mahasiswa membutuhkan perjuangan yang serius. Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Teraturlah
Sebagai mahasiswa Kamu akan memiliki begitu banyak dokumen dan informasi, karena itu penting untuk memiliki sistem penyimpanan sehingga kamu tidak  kewalahan, terutama yang berhubungan dengan kuliah atau kerja. Ada banyak kemungkinan yang dapat membuat kita stres di universitas, jangan sampai karena beberapa lembar kertas rencana studi terselip kamu kehabisan energi untuk mencarinya. Karena itu aturlah barang-barangmu.

Melacak pengeluaran
Ini adalah kebiasaan yang berharga untuk masuk dan menjadi mahasiswa, dengan segala kesulitan pengeluaran, ini merupakan saat yang tepat untuk mulai melatih keuanganmu. Simpanlah catatan  berapa banyak uang yang masuk dan bagaimana Kamu membelanjakannya. Dengan cara itu kamu bisa tahu persis di mana uang kamu dibelanjakan dan membuat kesimpulan penting dari itu. Dari catatan itu kamu bisa mengatur keuangan dengan membuat skala prioritas.

Buku teks
Berbicara tentang buku, buku biasanya memerlukan biaya yang sangat besar, jika memungkinkan coba tanyakan kepada kakak tingkat di kampus apakah mereka bersedia menjualnya, kalau bersedia kamu bisa mendapatkan buku dengan harga yang jauh lebih murah dari harga toko walaupun second hand, yang penting kan isinya. Kalau kamu sudah memakainya, kamu bisa menjualnya lagi kepada adik tingkat kamu. Jika tidak bisa juga membeli second hand, jalan terakhir pinjam sama kakak tingkat atau di perpustakaan.

Keluar Malam
Keluar malam cukup umum dilakukan semua mahasiswa, bahkan diseluruh dunia termasuk Indonesia. Ada yang pergi ke warung kopi, bilyard, discotiq, pesta, klub malam dll. Kalau kamu khawatir akan menghabiskan banyak uang, bawalah uang sebatas yang bisa kamu habiskan (sebisa mungkin sesuai dengan rencana pengeluaran). Namun jelas akan lebih baik kalau kamu membeli kopi di toko atau swalayan dan  menyeduhnya dirumah, ini akan sangat menghemat pengeluaran kamu.

Gunakan kampus Kamu
Kenali kampus kamu dengan cepat. Kampus adalah di mana kamu akan menghabiskan banyak waktu dan dengan aklimatisasi diri lebih dini, kamu akan mendapatkan tempatmu jauh lebih cepat, membuat beberapa minggu pertama lebih menyenangkan. Kamu juga akan mempelajari kebiasaan kecil seperti tempat yang paling tenang untuk belajar, atau waktu tersibuk di kantin. Dengan mengetahui berbagai hal tentang kampus kamu, kamu akan mampu memberdayakan sebagian besar fasilitas untuk kepentingan belajar dan bersenang-senang. Setiap perguruan tinggi dapat menjadi tuan rumah bagi banyak hiburan gratis / murah dan acara khusus yang mungkin merupakan rutinitas mahasiswa. Akan lebih baik dan jauh lebih baik untuk keuangan kamu daripada keluar malam ke kota.

Bersosialisasi
Selain mengenal kampus Kamu, pertimbangkan untuk mengenal dan berteman dengan orang sebanyak mungkin, apakah itu mahasiswa atau dosen. Aklimatisasi ke universitas jauh lebih mudah jika Kamu memiliki orang-orang yang dapat diajak berbicara dan dapat dipercaya. Hal ini juga dapat membuka banyak peluang. Dosen Kamu dapat dengan nyaman berbicara mungkin dapat memberikan nasihat tentang pekerjaan Kamu, dan dapat menjadi jauh lebih mudah untuk melakukan kerja kelompok jika Kamu memiliki teman di program studi Kamu. Akhir pekan sangat bagus untuk mencapai semua ini karena akan ada begitu banyak orang lain dalam posisi yang sama seperti Kamu. Cobalah untuk bergabung dengan kelompok yang memiliki minat yang sama seperti Kamu, mungkin sepakbola, musala, fotografi, pendaki gunung, dsb.

Pengaruh buruk
Pada perguruan tinggi atau universitas, akan selalu ada anak-anak dengan orang tua atau kerabat yang kaya. Hindari pergaulan yang terlalu intens dengan mereka, jika tidak, kamu mungkin Kamu akan terlibat dalam gaya hidup mahal mereka juga. Waspadalah terhadap inflasi gaya hidup! Jika Kamu terbiasa dengan gaya hidup seperti mereka,akan sangat sulit untuk turun kembali ke gaya hidup yang lebih sesuai dengan kantong kamu.

Hargai waktu Kamu di perguruan tinggi / universitas
Ini adalah pengalaman unik yang kebanyakan orang hanya dapat benar-benar melaluinya sekali seumur hidup, jadi buatlah ia bermakna dan lebih dari sekedarnya. Beberapa orang terlalu fokus pada sisi yang menyenangkan dari kampus dan mereka pulang dengan nilai yang pas-pas-an.Demikian juga beberapa orang begitu terlarut dalam pekerjaan mereka, mereka lalai untuk membuat teman-teman dan mendapatkan pengalaman lainnya. Play Hard, Study Harder!

Demikianlah tips sederhana ini kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk teman-teman sekalian yang sedang memperjuangkan masa depan di bangku perkuliahan. Sukses selalu.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

informasinya sangat bermanfaat sekali......
kunjungi juga http://mbgche.web.id/

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger