logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mempersiapkan diri Menghadapi Dunia Kerja

Setiap mahasiswa tentu ingin setelah selesai kuliah bisa langsung mendapatkan pekerjaan ( kecuali yang melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi), namun seringkali mereka harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan hatinya. Agar tidak menjadi sarjana yang terkatung-katung mencari pekerjaan, sudah seharusnya mahasiswa mempersiapkan dirinya sejak awal, bahkan sejak awal kuliah. Apa saja yang sebaiknya kita siapkan selama menjadi mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja?

Membangun Jaringan
Membangun jaringan sangat penting bagi siapa saja, dan tentu saja mahasiswa, sejak masih mahasiswa baru bahkan saat sudah bekerja sekalipun. Dalam Islam di ajarkan bahwa banyak silaturahmi akan banyak rezeki, karena kita tidak tau dari mana datangnya rezeki. Dengan banyaknya kenalan, akan semakin banyak pintu rezeki yang akan terbuka untuk kita. Jangan batasi pergaulan kita selama kuliah, ramah kepada setiap orang adalah salah satunya (terkadang harus pilih2 juga sih). Siapa tahu dengan mengobrol dengan clening service kita bisa tahu dosen sedang butuh mahasiswa untuk mengerjakan proyeknya (bukan bermaksud pamrih dalam silaturahmi).

Belajar untuk Selalu Siap Belajar
Seringkali saat akan melamar kerja kita akan dihadapkan pada pilihan untuk bekerja pada bidang yang mungkin tidak pernah terpikirkan sama sekali oleh kita. Karena itu kita harus selalu siap untuk mempelajari hal-hal baru, dan berani menerima tantangan-tantangan baru. Tidak jarang orang yang sudah bekerja di suatu perusahaan harus pindah dari posisi awalnya yang sudah nyaman, misalnya naik pangkat. Gaji yang lebih tinggi tentu menuntut tanggung jawab yang lebih besar. Kemampuan untuk cepat menyesuaikan diri sangat menentukan bagi kita pada saat-saat seperti itu.

Punya Rencana
Orang bijak bilang, “ tidak merencanakan adalah merencanakan kegagalan”. Seringkali kegagalan yang dialami seseorang “hanya” dikarenakan tidak adanya perencanaan dalam hidupnya. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari membuat perencanaan dalam hidup, dan yang paling utama adalah efisiensi waktu. Memang terkadang kita sampai bosan sendiri karena rencana-rencana yang kita buat “layu sebelum berkembang” (penulis sering juga mengalaminya), tapi kegagalan hanya untuk orang yang berhenti mencoba. Berhubung masih awal kuliah atau masih dibangku kuliah, mulailah untuk merencanakan akan kemana kita nanti. Tujuan membuat kita lebih fokus dan terukur, sehingga saat selesai kuliah dengan bekal yang sudah dipersiapkan kita akan lebih siap untuk menggapai profesi yang kita inginkan.

Ikut Organisasi Kemahasiswaan
Organisasi dapat menjadi sarana untuk berlatih dan mempraktekkan ketiga tips diatas. Di organisasi kita akan belajar sekaligus membangun jaringan itu sendiri, baik internal kampus maupun eksternal kampus. Kita dapat berkenalan dengan banyak orang, apalagi kalau organisasinya memiliki banyak kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat. Organisasi juga dapat melatih untuk selalu siap belajar, karena kebanyakan organisasi kampus tidak berhubungan langsung dengan mata kuliah (silahkan dikoreksi kalau salah). Karena itu dalam organisasi tentu kita harus belajar lagi. Sedangkan membuat rencana, tentu akan kita temukan dalam dalam berorganisasi (kalau tidak punya rencana namanya gerombolan).

Demikianlah sedikit tips ini dibuat, mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman yang membaca dan kalau ada koreksi silahkan tambahkan di kolom komentar dibawah. Terimakasih. Semangat!
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger