logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Peluang Kerja Jurusan MIPA Matematika

Program Studi Matematika - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Prospek Kerja
Seperti jurusan murni lainnya di Fakultas MIPA,  juga dipandang sebagai jurusan yang prospek lapangan kerja jurusan matematika dianggap sempit dan hanya terbatas pada bidang pendidikan. Pemikiran ini mungkin disebabkan karena masyarakat menganggap jurusan ini hanya berhubungan dengan angka yang di dunia nyata hanya dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Tidak diaplikasikan secara luas dalam kehidupan nyata kita sehari-hari. Namun pada kenyataannya, semua kehidupan kita sebenarnya berhubungan dengan angka.

Mulai dari belanja kita sehari-hari sampai ke pembuatan robot yang paling canggih, semua berhubungan dengan angka dalam matematika. Saat kita membeli sebuah barang, harga barang itu sebenarnya merupakan hasil dari sebuah mekanisme tawar menawar angka antara ketersediaan barang dan permintaannya. Saat seorang broker saham memberi nasehat kepada investornya untuk membeli saham, seharusnya dia menggunakan prediksi secara matematika. Saat saya mengetikkan huruf-huruf dalam artikel ini, ada serangkaian kode matematika yang tercatat dalam komputer ini. Seorang programer komputer tentu tau bahwa huruf-huruf "ini" sebenarnya adalah kode-kode algoritma yang dipelajari dalam matematika. Kode-kode ini pula yang digunakan saat seorang ahli teknik kendali membuat sebuah robot. Jadi, tentu saja matematika memiliki prospek kerja yang luas.

Berikut ini adalah sedikit gambaran tentang prospek lapangan kerja yang mungkin untuk di jajaki oleh seorang mahasiswa jurusan MIPA Matematika setelah lulus kuliah nanti.

Statistik dan Industri Keuangan

Dalam bidang industri keuangan, lulusan jurusan matematika dapat berperan penting, bagian dari industri ini misalnya perbankan, bursa efek, dan asuransi. Berbekal kemampuan analisis dan pemodelan matematika, seorang ahli matematika dapat melihat trend yang ada di dunia keuangan. Dengan kemampuan ini, mereka dapat memprediksi kondisi yang akan terjadi di masa yang akan datang dengan lebih baik. Selain itu lulusan matematika juga dapat berperan dalam masalah pemodelan, simulasi, analisis resiko, dan kontrol kualitas dalam industri keuangan, dan konsultan statistik dan aktuaria.

Instansi Pemerintahan

Instansi pemerintah yang paling membutuhkan lulusan matematika adalah Biro Pusat Statisktik, lulusan matematika atau yang lebih spesifik jurusan statistik sangat dibutuhkan untuk menganalisis data statistik. Selain BPS, lulusan matematika dapat bekerja di Perguruan Tinggi Negeri, Departemen Keuangan (kalau tidak salah gaji pegawainya paling tinggi diantara departemen lainnya), LIPI. Bank Indonesia sebagai bank sentral yang juga merupakan instansi pemerintah yang banyak membutuhkan lulusan matematika.

Bidang Teknologi Informasi

Teknologi informasi pada saat ini sepenuhnya berbasis pada matematika. Karena itu banyak lulusan matematika yang bekerja dalam bidang teknologi informasi. Kerja mereka dalam bidang yang benar-benar menanjak bisa dalam bidang produksi software ataupun dalam bidang jaringan komputer dan pembangunan website-website dalam jaringan internet. Pengetahuan tentang teori bilangan dalam matematika adalah salah satu modal utama untuk menjadi ahli dalam sistem keamanan teknologi informasi saat ini yang begitu cepat berkembang.

Jadi, banyak sekali lapangan kerja atau prospek kerja yang menjanjikan bagi jurusan matematika, tinggal bagaimana kita berusaha melakukan yang terbaik untuk mendapatkan yang terbaik. Semua jurusan memiliki prospek kerja yang baik jika kita serius dan mau bekerja keras.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger