logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Peluang Kerja Lulusan Fakultas Kehutanan

Hutan yang semakin sempit saat ini membuat banyak orang berpikir bahwa prospek kerja bidang kehutanan kurang cerah. Lapangan kerja lulusan jurusan kehutanan dipandang sangat kurang sehingga jurusan kehutanan kurang diminati oleh pelajar-pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kenyataannya, hutan Indonesia masih ada, walaupun hampir seluruhnya berada di dalam kawasan konservasi dan hutan-hutan tanaman industri. Pada bagian-bagian hutan ini banyak lulusan jurusan kehutanan dapat mengarahkan masa depannya.

Pada umumnya terdapat empat jurusan kuliah pada fakultas kehutanan di berbagai universitas di Indonesia. Setiap jurusan tersebut memiliki lapangan kerja yang relatif sama,misalnya sebagai pegawai negeri sipil, di instansi pemerintahan seperti di lingkungan ;  Kementrian Kehutanan, Kementrian Pertanian, dan Kementrian Pendidikan. Dalam lingkungan kementrian pendidikan, lulusan fakultas kehutanan dapat bekerja sebagai dosen di perguruan tinggi, guru, maupun sebagai peneliti. Beberapa BUMN juga memerlukan tenaga dari lulusan kehutanan,misalnya perhutani.

Prospek Kerja
Secara perjurusan, prospek kerja lulusan kehutanan dapat di gambarkan sebagai  berikut:

Managemen Hutan

Pada sektor swasta, lulusan manajemen hutan dapat bekerja di bidang pemetaan hutan, hutan tanaman industri, biro konsultan kehutanan, lembaga penelitian, dan wirausaha perkayuan. Lulusan jurusan ini juga dapat bekerja di perusahaan-perusahaan perkebunan,  namun biasanya diperlukan perusahaan tersebut mengutamakan sarjan dengan skill spesifik, misalnya pemetaan.

Budidaya Hutan

Selain bekerja di pemerintahan, lulusan jurusan budidaya hutan dapat bekerja di sektor swasta, terutama bagian hulu dari industri kehutanan. Lulusan jurusan ini banyak di butuhkan di bagian penyediaan bibit-bibit tanaman hutan dalam industri kehutanan.

Teknologi Hasil Hutan

Lulusan jurusan teknologi hasil hutan memiliki lapangan kerja yang spesifik pada industri hilir kehutanan, seperti industri perkayuan. Selain industri kayu, lulusan jurusan ini dapat mengembangkan wirausaha di bidang hasil hutan non kayu, misalnya rotan. Dan mungkin beberapa universitas sudah mengembangkan pemanfaatan hasil hutan yang sebenarnya sangat beragam, tidak terbatas hanya pada kayu.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknologi Hasil Hutan

Konservasi Sumber Daya Hutan

Lulusan program ini bekerja di untuk perlindungan dan pemanfaatan hutan secara lestari. Di pemerintahan, lulusan jurusan konservasi hutan dapat bekerja di badan-badan konservasi hutan di kementrian kehutanan. Di luar pemerintahan, lulusan jurusan ini dibutuhkan oleh banyak lembaga, terutama lembaga swadaya masyarakat baik lokal, nasional, maupun internasional. Beberapa LSM internasional yang membutuhkan tenaga lulusan jurusan ini misalnya WWWF, CIFOR, Conservation Internasional, Wildlife Conservation Society.

Demikianlah sedikit informasi tentang prospek kerja lulusan jurusan kehutanan ini. Silahkan masukannya dan koreksinya.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger