logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

5 Manfaat Blogging untuk Mahasiswa

Blog adalah akronim dari Web Log, dalam bahasa Indonesia mungkin bisa kita sebut sebagai catatan online. Diantara derasnya arus social media, blog tidak pernah tenggelam dalam dunia internet. Bahkan, saat ini semakin banyak orang yang terpaut pada blog. Mengapa demikian? Karena semakin banyak orang yang merasakan manfaat dari memiliki sebuah blog, tidak terkecuali mahasiswa. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan seorang mahasiswa dari blog yang dimilikinya, secara ringkas, berikut ini adalah beberapa diantara manfaat tersebut.

1. Belajar Menulis

Sejarah dimulai saat manusia mengenal tulisan, menulis adalah pengikat ingatan, menulis adalah cara manusia menuangkan gagasannya dalam bentuk nyata, menulis adalah tugas akhir bagi seorang mahasiswa. Menulis adalah sesuatu yang tidak terhindarkan untuk seorang mahasiswa, karena itu, belajarlah menulis sejak awal. Blog dapat menjadi salah satu sarana untuk belajar menulis, belajar menuangkan gagasan dalam bentuk nyata. Mungkin akan sangat berat untuk memulai menulis, tapi saat anda mulai menikmatinya, anda akan ketagihan. Seiring waktu, dengan seringnya menulis, kemampuan anda untuk menulis akan meningkat.

2. Mendukung pembelajaran di Kampus

Di Institut Pertanian Bogor, dosen-dosen difasilitasi oleh kampus untuk memiliki blog dengan tujuan untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa. Dosen dapat memuat bahan-bahan kuliahnya di blog tersebut, bisa juga menjadi sarana komunikasi antara mahasiswa dengan dosen. Bagaimana dengan mahasiswanya? Seperti halnya dosen, mahasiswa dapat menjadikan blog sebagai tempat penyimpanan tugas-tugas kuliahnya yang telah selesai. Materi kuliah bisa lebih melekat kuat di ingatan jika kita mencoba menulis ulang materi tersebut dengan bahasa kita sendiri. Dengan menuliskannya di blog, tidak perlu khawatir bahan atau tulisan tersebut hilang tercecer.

3. Berbagi Ilmu dan Informasi

Kecuali di proteksi atau dibatasi, apa yang tertulis di dalam blog bisa dibaca oleh semua orang yang bisa mengakses internet. Informasi atau ilmu, baik dari perkuliahan maupun dari pemikiran sendiri yang kita tulis bisa saja bermanfaat untuk orang lain. Memberikan sesuatu yang membuat untuk orang lain akan menjadi catatan kebaikan untuk diri kita. Pembaca tulisan anda juga bisa mengenal dan mengatahui gagasan yang anda sampaikan, bahkan itu juga bisa menjadi semacam portfolio yang  bisa jadi akan berguna untuk masa depan anda di dunia kerja.

4. Mencari Uang

Mencari uang dari internet pada saat ini sangat booming di berbagai tempat di dunia. Hampir seluruh bagian dunia telah terhubung dengan jaringan internet, karena itu peluang untuk  mencari uang dari internet semakin terbuka lebar. Blog adalah salah satu cara untuk mendulang uang dari internet. Ada banyak cara memanfaatkan blog untuk mencari uang, beberapa contohnya adalah jualan online, program iklan seperti Google Adsense, Infolink, dan sebagainya. Yang terpenting adalah kita bisa membuat tulisan atau artikel yang bermanfaat untuk orang banyak, selanjutnya kita bisa mendulang uang dari blog yang kita buat.

5. Aktualisasi Diri

Blog dapat membantu seorang mahasiswa menemukan jati diri, mengembangkan kemampuan-kemampuan diri, menjadi mandiri, dan berbagai hal terkait kematangan pribadi. Dengan terus berpikir tentang realita, mengumpulkan informasi dan menuangkan gagasan dari pemikirannya sendiri, dapat menjadi dasar untuk seorang mahasiswa dalam menemukan siapa dirinya, dan apa yang akan dilakukannya. Blogging dapat membantu mahasiswa untuk mengekspresikan dirinya secara lebih merdeka (dalam batas yang menghormati orang lain).

Masih banyak manfaat lain dari kegiatan blogging untuk seorang mahasiswa yang belum tertulis disini. Bagaimana menurut anda? Apa lagi manfaat blogging yang bisa di dapatkan seorang mahasiswa?
Selanjutnya, apakah anda tertarik untuk blogging? Jika iya, maka mulailah ng-blog, tulis gagasan-gagasan anda tentang dunia yang lebih baik, sebarkan pengetahuan anda agar lebih banyak orang yang bisa mendapatkan manfaatnya.
Bingung bagaimana memulai blog pribadi anda? Baca Langkah-langkah membuat blog.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 comments

alhamdulillah, saya dulu sudah sejak SMA ngeblog :) meskipun sekarang masih tahap belajar, tapi ada manfaatnya juga.

Salam,
www.etalasebisnis.com

Balas

semoga makin sukses dengan blognya mas... :)

Balas

Rumasa abdi teu gaduh hirup oge teu acan puguh, rumaos teu bisa ngaos tapi hayang gera nojos

Obat Jantung Bocor Pada Anak Yang Sangat Manjur

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger