logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

7 Hal yang Sebaiknya diketahui Para Pencari Kerja tentang Diri Sendiri

mencari lapangan kerja
Image by Geralt/Pixabay.com
Mencari pekerjaan baru seringkali menjadi proses yang panjang, dan membuat anda frustasi. Namun, sebenarnya Anda bisa saja memperoleh kesempatan sukses yang lebih besar jika Anda menyisihkan waktu di awal untuk memahami diri sendiri, tujuan Anda dan nilai Anda. Berikut adalah tujuh hal yang layak menjelaskan dalam pikiran Anda di awal:

1. Tujuan karir Anda

Apakah Anda mencari pekerjaan atau karir? Pendekatan Anda akan berbeda tergantung pada apakah Anda telah menjadi putus asa dan akan mengambil pekerjaan apa pun untuk sebagai sumber pendapatan; atau jika Anda berada di tengah-tengah perubahan karir; atau jika Anda masih muda dan jalan anda masih panjang; atau jika Anda bekerja hanya untuk tetap sibuk.

2. Karir jangka panjang?

Jika Anda tidak berharap pekerjaan Anda yang berikutnya akan menjadi yang terakhir untuk waktu yang lama, atau jika Anda melihatnya sebagai batu loncatan untuk sesuatu yang lain di masa depan, Anda perlu mempertimbangkan bahwa apa yang Anda kerjakan sekarang akan berada di bagian atas resume Anda selama pencarian kerja berikutnya.

Tanyakan pada diri Anda apakah peran tertentu, tanggung jawab dan prestasi yang anda harapkan  sekarang dapat dapat memenuhi harapan atau membuat terkesan manajer perekrutan anda berikutnya. Jika tidak, sebaiknya cari pekerjaan lain.

3. Nilai Anda

Nilai yang Anda tawarkan kepada calon atasan anda akan bergantung pada banyak faktor, baik dalam dan luar kendali Anda. Anda tidak dapat, misalnya, mengubah ketersediaan   dan permintaan untuk orang-orang dengan latar belakang dan keahlian yang sama dengan anda.

Namun, Anda dapat menambah nilai Anda sendiri dengan menunjukkan prestasi yang unik khususnya di bidang Anda, nilai lebih yang bisa anda berikan untuk posisi kerja anda berikutnya, status yang tinggi di kalangan profesional dan sebagainya.

Ingat bahwa nilai Anda tidak didasarkan pada apa yang Anda butuhkan untuk hidup atau apa yang ingin anda dapatkan. Hal ini tergantung pada nilai Anda secara keseluruhan di pasar yang kompetitif dengan individu lain yang sama terampil dengan anda yang mencari posisi yang sama di wilayah yang sama dengan Anda.

4. Skill yang anda miliki. 

Skill adalah kemampuan yang Anda memanfaatkan untuk menyelesaikan sesuatu. Skill bisa dalam bentuk apa saja dari kemampuan Anda untuk menggunakan bahasa pemrograman tertentu hingga kemampuan Anda untuk membujuk pelanggan bahwa produk atau layanan yang anda berikan adalah solusi terbaik untuk masalah mereka. Penting untuk dapat membedakan antara keterampilan Anda, tanggung jawab, tindakan dan prestasi. Sudah sangat umum pada saat ini untuk memberikan daftar top 10 hingga 15 keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Daftar ini bisa ditempatkan di dekat bagian atas resume, biasanya dalam dua atau tiga kolom.

5. Apa yang benar-benar dapat dapat anda capai

Sangat penting untuk dapat membayangkan diri Anda dalam pekerjaan yang baru sebelum Anda mencoba untuk meyakinkan orang yang akan mempekerjakan anda bahwa Anda adalah kandidat terbaik untuk posisi itu. Saat Anda melakukannya, Anda bisa memasukkan tentang sesuatu yang dapat Anda capai dalam 30 hari pertama, 60 atau 90 hari dalam posisi di surat lamaran Anda dan membahasnya secara lebih rinci dalam sebuah wawancara.

Calon atasan anda akan kagum ketika Anda datang ke sebuah wawancara dengan presentasi PowerPoint yang menunjukkan pemahaman Anda tentang peran, apa yang akan Anda lakukan di dalamnya dan target Anda sendiri untuk sukses.

Namun, jangan palsu menaikkan harapan hanya untuk mendapatkan pekerjaan. Jika tidak, berarti anda berencana untuk mendapatkan pekerjaan tersebut untuk waktu yang singkat.

6. kekurangan Anda

Mungkin Anda dapat melakukan pekerjaan itu, tetapi karena kurangnya pengalaman, anda mungkin akan mengerjakannya lebih lama daripada seseorang yang merupakan sudah berpengalaman.

Karyawan yang benar-benar solid dan dihargai terus berupaya untuk mengubah kelemahan menjadi kekuatan. Ketika Anda ditanya tentang bidang yang menjadi kelemahan Anda, Anda harus mampu mengakui kelemahan tersebut dan, pada saat yang sama, mengajukan rencana untuk bagaimana Anda akan menguasai daerah-daerah kompetensi profesional.

7. Prestasi masa lalu Anda

Prestasi adalah hasil akhir dari upaya yang diberikan. Mereka bukan tindakan yang Anda ambil, melainkan apa yang terjadi karena Anda prestasi tersebut akan melekat pada anda. Kemungkinan akan anda calon lain yang menjadi saingan anda yang memiliki prestasi yang sama seperti Anda tetapi telah mencapai hasil yang berbeda secara kualitatif atau kuantitatif. Ketika Anda berbicara tentang prestasi Anda, Anda harus menunjukkan kemampuan yang unik untuk mengubah keterampilan Anda menjadi hasil yang bernilai. Dan, pada akhirnya, setiap bos mencari dan menyewa orang-orang yang dapat menawarkan potensi nilai tertinggi untuk perusahaan mereka.

Ketika Anda telah memahami dengan jelas tentang kemampuan Anda, apa yang Anda lakukan dan apa yang telah Anda capai, Anda akan dapat memposisikan diri sebagai orang yang bernilai dan menunjukkan bagaimana prestasi masa lalu Anda bisa menjadi dasar untuk kesuksesan masa depan di pekerjaan anda yang beru.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger