logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

8 Tips untuk Menjadikan Rapat Lebih Efektif

Rapat bukan hanya kesempatan untuk menunjukkan kemampuan kita dihadapan orang-orang, terutama misalnya di tempat kita magang.  Rapat sebenarnya bagian yang sangat penting dari kehidupan kerja di sebagian besar perusahaan. Dan apa pun karir yang Anda minati, Anda setidaknya mungkin harus menghadiri rapat pembagian tugas ketika Anda mulai bekerja.
tips kuliah

Namun kadangkala sulit bagi kita untuk menjalani sebuah rapat, apalagi memimpinnya. Terkadang peserta rapat menggerutu karena mereka berpikir bahwa mereka membuang-buang waktu karena rapat yang mereka ikuti tidak memiliki struktur yang cukup jelas dan terarah. Jadi dalam panduan ini, kami akan memberi Anda 8 kiat untuk rapat yang sukses. Kami akan membahas apa yang membuat pertemuan yang baik, topik rapat yang bagus, dan banyak lagi!

'8 kiat hebat untuk rapat kerja pertama Anda'

1. Tetapkan beberapa sasaran

Sasaran atau tujuan sangat penting dalam sebuah rapat. Apakah Anda berpikir tentang cara menjalankan rapat atau apakah Anda berpartisipasi sebagai anggota staf. Buat daftar sasaran yang ingin Anda capai pada saat pertemuan selesai.
  • Apakah Anda memiliki pertanyaan untuk tim Anda? 
  • Apakah Anda ingin berbagi beberapa ide dengan mereka? 
  • Apa yang Anda lakukan pada proyek terbaru Anda? 
Semua ini menghasilkan topik-topik pertemuan yang baik. Saat pertemuan berlangsung, pastikan untuk memeriksa daftar Anda dari waktu ke waktu. Pada akhir pertemuan tim, Anda harus memeriksa semua item pada daftar tujuan Anda.

2. Kuasai dasar-dasarnya

Kedengarannya jelas, tetapi pastikan Anda memiliki daftar semua keperluan yang akan digunakan dalam rapat Anda. Di mana tepatnya itu ditahan? Ruang apa? Apakah Anda memiliki detail kontak jika ada sesuatu yang salah? Buat daftar bahan dan sumber daya yang mungkin Anda butuhkan untuk rapat - setidaknya Anda membutuhkan buku catatan dan pena, serta salinan "agenda" pertemuan - yaitu daftar semua topik yang akan untuk didiskusikan.

3. Terlibat

Apa pun peran yang Anda miliki di perusahaan Anda, penting bahwa Anda memberikan kontribusi untuk setiap pertemuan, meskipun hanya berbagi ide singkat atau sederhana atau menyuarakan pendapat tentang pekerjaan orang lain. Topik-topik pertemuan yang baik harus mendorong diskusi. Ini akan menunjukkan kepada atasan anda tentang antusiasme Anda, dan Anda dapat mengambil inisiatif.

4. Langsung ke intinya

Ketika Anda berkontribusi dalam pertemuan dengan menghadirkan ide atau memperbarui tim Anda tentang apa yang sedang Anda kerjakan, pastikan Anda mengekspresikan diri Anda seefisien dan se-ringkas mungkin. Fokuskan pada apa yang ingin Anda sampaikan dan jelaskan dalam beberapa kalimat yang jelas. Jika Anda berpikir seseorang mungkin menyela sebelum Anda selesai, Anda dapat memulai dengan mengatakan "Saya memiliki tiga poin untuk dibuat di sini ..." dan kemudian undang anggota tim Anda untuk mengajukan pertanyaan setelahnya. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun keterampilan komunikasi Anda, salah satu keterampilan utama yang dicari para pengusaha!

5. Berlatih

Mungkin kedengaran mudah diucapkan daripada dilakukan untuk berbicara dalam rapat, namun berlatih bisa membuat Anda lebih baik dalam mengendalikan suasana saat anda biacara. Namun, latihan praktek akan benar-benar menjadi penyempurna - terutama jika Anda seorang introvert atau sedikit pemalu. Tingkatkan rasa percaya diri Anda dengan berlatih bersama teman atau keluarga. Pastikan untuk menyuarakan pendapat Anda atau memulai perdebatan tentang topik yang Anda minati. Anda akan menemukan bahwa setiap latihan akan menjadikan anda lebih mudah setiap kali melakukannya - dan Anda dapat menempatkan keterampilan dan kepercayaan diri ini untuk digunakan dengan baik di rapat kerja berikutnya.

6. Perhatikan bahasa tubuh Anda

Ketika Anda berbicara di pertemuan kerja Anda, luangkan satu atau dua menit untuk memperhaitkan bahasa tubuh Anda. Jika Anda membungkuk, membungkuk atau berbicara terlalu pelan, orang-orang tidak akan benar-benar fokus pada apa yang Anda katakan atau anggap serius. Anda mungkin melakukan beberapa postur atau gerak tubuh ini tanpa menyadarinya, jadi sebaiknya Anda memperhatikan bahasa tubuh Anda. Beberapa tips untuk bahasa tubuh yang positif selama pertemuan adalah:
  • Duduk tegak.
  • Jaga tangan Anda di atas meja ketika Anda berbicara (ini secara sadar mengirim pesan bahwa orang dapat mempercayai apa yang Anda katakan).
  • Tersenyum.
  • Lakukan kontak mata dengan semua orang di ruangan, jika memungkinkan.

7. Pastikan Anda tetap pada topik

Baik Anda yang mengatur rapat atau tidak, salah satu kiat terpenting untuk rapat yang sukses adalah tetap fokus. Terlalu sering, staf akan berakhir mengoceh dan menyimpang dari pokok permasalahan yang dibahas. Di situlah beberapa waktu serius terbuang sia-sia! Pertemuan tim yang baik berarti Anda dan tim Anda fokus pada topik atau proyek yang ada tanpa terganggu oleh ide atau poin lain. Anda dapat melakukan ini dengan secara sopan membawa percakapan kembali ke topik yang ada.

8. Buat catatan

Mendengarkan secara aktif sangat penting selama pertemuan - dan mencatat dengan baik adalah satu cara untuk memastikan Anda benar-benar mendengar semua hal yang dikatakan rekan kerja Anda. Mencatat selama pertemuan tim yang baik juga merupakan cara utama untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang lain. Dengan melakukan ini, Anda juga akan mendapatkan daftar tugas atau poin untuk ditindaklanjuti.
Sumber: https://successatschool.org
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger