logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Program Undergraduate dan Graduate Degrees

Menjelang lulus sma atau smk, adalah yang sangat wajar jika kamu kebingungan dengan bagaimana pendidikan kamu akan dilanjutkan, apakah masuk perguruan tinggi atau langsung kerja.

Kalau masuk perguruan tinggi, apakah program undergraduate degrees atau graduate degrees? Nah, ada yang bingung? Apa itu undergraduate dan graduate? Kalau ingin kuliah atau ingin tahu bagaimana kuliah di luar negeri, sebaiknya kamu tahu apa itu undergraduate dan graduate, ada juga postgraduate.

Mari kita bahas satu persatu, sebelumnya, perlu dipahami dulu, istilah undergraduate adalah istilah pendidikan yang digunakan di beberapa negara di luar negeri.

Jenis-jenis Undergraduate Degrees

Kebanyakan orang mungkin berpikir tentang  program kuliah empat tahun ketika mereka mendengar kata-kata "undergraduate," kalau di Indonesia, undergraduate mungkin sering diasosiasikan dengan program pendidikan sarjana.  Namun makna tersebut tidak benar-benar akurat.

Pada dasarnya undergraduate adalah kata yang program pendidikan perguruan tinggi yang setingkat atau dibawah sarjana, biasanya dibedakan dengan jumlah dan tingkat perkuliahan yang diperlukan untuk mencapai masing-masing gelar atau degrees. Gelar yang termasuk dalam kategori undergraduate degrees terdiri dari Associate Degree dan Bachelor's Degree.

Associate Degrees

Gelar associate biasanya dianggap sebagai langkah pendidikan berikutnya mengikuti ijazah sekolah menengah. Di Indonesia, Associate Degrees dapat kita samakan dengan program pendidikan diploma I atau II.
Biasanya program  Associate Degrees
Terdiri dari dua tahun studi penuh waktu pada level undergraduate, gelar associate dapat menawarkan peluang kerja yang lebih luas dan tingkat upah yang lebih tinggi daripada pekerjaan yang tersedia untuk tenaga kerja tanpa gelar, namun membutuhkan waktu pendidikan yang lebih pendek dari program sarjana empat tahun.

Kadangkala, sebagian atau seluruh kredit dari perkuliahan untuk gelar associate dapat digunakan jika kamu memilih untuk masuk ke program gelar sarjana, yang berarti itu akan lebih sedikit kewajiban SKS yang harus dipenuhi saat kuliah di program sarjana. Dengan demikian waktu yang dibutuhkan akan lebih pendek untuk menyelesaikannya.

Bachelor's Degree

Bachelor's Degree biasanya adalah apa yang dipikirkan orang ketika mereka berbicara tentang program pendidikan empat tahun, di Indonesia, program ini dikenal sebagai program pendidikan sarjana. Banyak mahasiswa sekarang yang menyelesaikan program ini lebih lama dari normalnya.

Program sarjana melibatkan studi yang lebih luas dan tinggi dalam bidang konsentrasi daripada yang diperlukan untuk mendapatkan gelar associate, dan memegang gelar sarjana memungkinkan pemegannya untuk memenuhi syarat guna mendapatkan posisi lebih dan mendapatkan gaji tahunan yang rata-rata lebih tinggi dari ijazah sekolah menengah atau sekolah tinggi. Penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat pengangguran lebih rendah di antara pemegang ijazah sarjana.

 Undergraduate Degree vs. a Graduate Degree?

Karena undergraduate degrees adalah tingkat pertama setelah pelajar menyelesaikan sekolah menengahnya, level pendidikan ini melibatkan campuran persyaratan pendidikan umum dan kursus khusus untuk program gelar tertentu. Mereka dirancang untuk memberikan dasar yang kuat dan luas untuk membangun pengetahuan dan pendidikan di masa mendatang, di samping mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengejar karir di bidang studi yang dipilih.

Graduate Degrees adalah setiap level pendidikan yang dapat ditempuh mahasiswa  setelah mendapatkan gelar sarjana mereka, termasuk dalam kategori ini misalnya program pendidikan master dan doctoral atau Ph.Ds.

Gelar Master

Gelar Master memberikan maha siswa kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan tambahan dan spesialisasi dalam bidang studi tertentu, dan mungkin diperlukan untuk posisi tingkat menengah ke atas di sejumlah industri atau perusahaan. Biasanya, program master membutuhkan setidaknya dua tahun untuk menyelesaikan - meskipun beberapa program profesional dapat diselesaikan lebih cepat - sementara yang lain dapat diselesaikan dalam jangka waktu yang lebih lama dengan menghadiri kelas paruh waktu.

Ph.D. (Doctoral Degrees)

Ph.D. atau Doctoral Degrees adalah gelar sarjana tertinggi (disebut sebagai "gelar terminal") yang dapat diperoleh di bidang studi mana pun. Gelar doktor memberikan spesialisasi tingkat lanjut di bidangnya dan dimaksudkan untuk menunjukkan tingkat keahlian yang signifikan dari pemegang gelar.

Ph.D. program biasanya membutuhkan waktu lebih lama daripada gelar master untuk diselesaikan, rata-rata antara dua hingga lima tahun.

Kamu dapat memilih langsung mencari pekerjaan dan memasuki dunia kerja setelah mendapatkan gelar sarjana sambil menghabiskan waktu untuk mencari tahu apakah kamu benar-benar perlu mengejar gelar yang lebih tinggi.

Program pascasarjana di berbagai perguruan tinggi juga melayani para profesional yang bekerja. Program ini menawarkan kesempatan untuk mengejar gelar yang lebih tinggi sambil tetap bekerja penuh waktu, program ini yang biasanya kita kenal sebagai program extensi di perguruan tinggi di Indonesia.

Apakah artikel ini membantu? Jika masih bingung, silahkan tanyakan dengan menulisnya di kolom komentar.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger