logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

10 Jenis Pekerjaan Desain Profesional di Masa Depan

Seiring berkembangnya zaman, kini kebutuhan masyarakat dan pasar berubah. Saat ini beragam kebutuhan masyarakat bisa didapatkan di Internet dalam bentuk digital.
Semua ini tentunya mengubah banyak bentuk bisnis. Mereka yang terbiasa menjual barang dan jasa di dunia nyata, kini harus siap menjual dan memasarkannya di tempat lain seperti Internet.

Padahal, menjual di Internet tidak sama dengan menjual sesuatu di dunia nyata secara konvensional. Ada tips dan trik yang harus dipelajari oleh pebisnis untuk berhasil melakukan pemasaran di Internet.
Salah satu caranya adalah dengan menggunakan desain yang menarik. Ini karena Internet dan dunia digital sangat memungkinkan kita untuk memasarkan sesuatu dengan sangat desain yang menarik.

Pengguna Internet sangatlah mudah dicuri perhatiannya dengan sebuah gambar yang menarik. Dan yang bisa mewujudkan itu semua adalah desainer, yang membuat sebuah bisnis menjadi lebih melekat di kepala para pengguna.



Dunia desain seiring berkembangnya Internet pun semakin besar. Bahkan, dahulu yang cakupan desain di masa konvensional hanya berupa desain majalah, poster, iklan barus, dan spanduk, kini lebih banyak lagi macamnya.

Karenanya, prospek bisnis desain profesional akan lebih menjanjikan lagi di masa depan. Kerja dalam bidang desain profesional sendiri memiliki banyak jenisnya.
Berikut adalah daftar bisnis desain yang akan berkembang seiring waktu di masa depan.

1. Web Designer

Seorang web designer kini semakin banya dicari. Bagaimana tidak, setiap bisnis kini memiliki website untuk memasarkan bisnis mereka. Dan, website yang baik adalah yang memiliki desain menarik dan juga bisa mudah untuk dimengerti oleh banyak orang.
Mereka akan membuat sebuah antarmuka web dan juga halaman website untuk Internet. Apakah berupa template blog, atau hanya sebuah website sederhana, bahkan berupa website profesional desain, sampai website mobile, itu semua membutuhkan seorang desainer grafis.
Seorang desainer website yang baik akan memiliki banyak pengetahuan tentang peralatan desain dan teknologi dan juga memiliki pengalaman mengembangkan sebuah website.

2. Graphic Designer

Seorang grafis desainer bisa dibilang merupakan pemain lama dalam dunia desain. Grafis desainer adalah mereka yang membuat visual, gambar, dan beragam elemen visual menarik lainnya untuk menyampaikan sebuah ide.
Jenis produk yang dihasilkan oleh desainer grafis di antaranya adalah logo, brosur, leaflet, kartu nama, undangan, kemasan, dan beragam hal lainnya. Kini, desainer grafis juga bisa membuat beragam hal lain dalam bentuk digital seperti poster digital, sampai dengan banner digital.
Mereka menggunakan warna, gambar, bentuk, dan bahkan kata-kata untuk menciptakan sebuah desain grafis yang menarik untuk digunakan di bermacam tempat.

3. Animation Designer

Seperti namanya, seorang desainer animasi menciptakan animasi. Kita tentunya sudah pernah menonton film animasi seperti Toy Story atau Aladdin. Itu adalah beberapa contoh dari animasi, selain juga adanya video game yang juga merupakan bentuk lain dari desain animasi.
Animator bertugas untuk membawa karakter gambar yang diam menjadi lebih hidup dengan spesial efek dan juga beragam teknologi lainnya.
Beberapa skill yang dicar untuk seorang desainer animasi di antaranya adalah Maya, After Effects, Flash, Photoshop, Blender, Cinema 4D, 3ds Max.

4. Interior Designer

Desainer interior adalah mereka yang mendesain beragam aspek dari sebuah rumah, kantor, atau bangunan lainnya. Biasanya, disesuaikan dengan kebutuhan, kebiasaan, dan juga keinginan dari pemilik dan penghuni ruangan tersebut.
Memang, desain interior tidak ada hubungannya dendain desain grafis. Tapi tetap saja pekerjaan ini membutuhkan kreativitas. Seorang desainer interior harus bisa menganalis kebiasaan orang sehingga ruangan menjadi lebih nyaman untuk digunakan.
Jangan keliru akan interior desainer dan dekorator. Seorang dekorator terkadang mendekor, tapi mereka tidak bisa membuat desain baru.

5. Motion Graphic Designer

Motion Graphic Designer bertugas untuk membawa gerakan pada gambar diam, ilustrasi, teks, dan juga animasi.
Beragam video, animasi grafis, presentasi animasi, storyboard, demo produk, dan bahkan sequence judul film adalah pekerjaan dari motion graphic designer.
Motion graphics designer memang seringkali dibandingkan atau tertukar dengan animator, padahal mereka merupakan dua pekerjaan yang berbeda. Motion graphics adalah tipe dari animasi, atau merupakan salah satu jenis animasi.

6. Product Designer

Tentu saja setiap barang yang dijual, ada orang yang mendesainnya. Seorang desainer produk biasanya sangat berbeda dari segala jenis pekerjaan desain yang disebutkan sebelumnya. Tapi, desainer produk memiliki satu garis yang sama dengan desainer lain yaitu, kreativitas.
Desainer produk bertanggung jawab untuk menciptakan desain dengan beragam bentuk fisik dari produk yang akan dipasarkan. Apapun itu. Mulai dari alat elektronik seperti laptop, komputer, TV. Mobil atau motor. Bahkan sampai ke perlengkapan rumahan.
Biasanya, desainer produk akan menggambar desainnya dengan menggunakan aplikasi seperti AutoCAD dan SolidWorks. Mereka membuatnya untuk menggambarkan bentuk 3 dimensi dari desain produk mereka.

7. Fashion Designer

Desainer fashion adalah seseorang yang membuat desain untuk pakaian. Mulai dari baju, topi, tas, sepatu, celana, dan perlengkapan fashion lainnya. Mereka mencoba untuk mendesain pakaian yang bisa menarik dan tidak ketinggalan zaman. Seringkali mereka bahkan menciptakan tren.
Mereka mendesain bentuk, ukuran, bahkan hingga material untuk membuat ide sebuah produk.
Walaupun tidak terlalu terpaku akan dunia digital, tapi kini fungsinya semakin diperlukan. Karena tidak banyak orang yang bisa mendesain fashion untuk digunakan di dunia nyata, tapi tetap menarik untuk dipasarkan secara digital melalui Internet.
Karenanya, kini peran fashion designer semakin melebar dan juga semakin penting.

8. UI/UX Designer

Seorang desainer UI/UX akan menciptakan tampilan (interface) untuk aplikasi mobile dan juga program software. User interface sendiri merupakan bagian dari sebuah aplikasi atau software bagaimana tampilannya berinteraksi dengan fitur dan fungsi dari sebuah aplikasi.
Desainer UI berbeda dari desainer grafis yang hanya mendesain grafis dan gambar saja. Mereka biasanya akan mendesain juga bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan gambar atau desain digital mereka.
Sementara itu, Desainer UX bertanggung jawab untuk menciptakan pengalaman bagi pengguna dengan meningkatkan desain dan penggunaan untuk interaksi antara pengguna dan juga produk.

9. Illustrator

Illustrator kini semakin banyak dicari di dunia desain. Bagaimana tidak, kebutuhan akan illustrator terus bertambah. Mereka bertugas untuk membuat ilustrasi untuk desain di berbagai media. Mulai dari poster, hingga video.
Mereka jelas membuat gambar-gambar baru yang ilustratif dan mudah diterima oleh mereka yang melihatnya.

10. Typografer

Darimana lagi kita bisa mendapatkan font yang unik dan lain dari lainnya? Ya, typografer-lah yang membuat beragam jenis font untuk digunakan banyak orang. Kini, semakin banyak perusahaan yang mencari seorang typografer. Ini guna memiliki sebuah jenis tulisan yang nyaman dibaca oleh banyak orang. Terutama bagian logo mereka.
Contohnya adalah Apple, yang memiliki investasi pada desain dengan tinggi. Font pada Apple sendiri sangatlah unik dari yang lainnya. Merek-merek lain juga memiliki logo dengan font yang sangat khas. Coca Cola, Pepsi, Samsung, dan beragam merek lainnya juga memiliki hal ini.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger