logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ide Startups Terbaik Saat ini

Era 4.0 dipenuhi dengan jiwa-jiwa muda yang penuh dengan ide-ide luar biasa yang siap dieksekusi menjadi suatu usaha baru, atau saat ini lebih kenal sebagai startup. Namun, tidak semua ide tersebut dapat dieksekusi, kebanyakan menjadi sekedar ide dalam kepala atau gagal ditengah jalan. Kandasnya suatu ide usaha atau startup bisa jadi karena ide tersebut tidak cocok untuk eksekutornya.


Akan sangat baik jika ide startup yang ingin anda mulai berasal dari pemikiran anda sendiri, pemikiran yang terbentuk berdasarkan pengalaman dan kondisi lingkungan tempat anda tinggal. Disini, kita akan mencoba untuk membahas tujuh cara menemukan ide startup baru. Anda harus bertanya pada diri sendiri tujuh pertanyaan ini (tanpa urutan tertentu):

Apakah ada masalah yang bisa Anda pecahkan?

Lihatlah di sekitar Anda, ada banyak hal yang sebenarnya tidak masuk akal! Misalnya, ada banyak orang tua yang kesulitan untuk menemukan guru les privat untuk anaknya. Mungkin anda bisa membuat website atau blog yang bisa merangkul mahasiswa-mahasiswa yang sedang kesulitas dengan keuangannya untuk menjadi guru privat.

Anda bisa menyelesaikan masalah orang tua sementaramembantu mahasiswa mendapatkan uang. Dengan mengelola proses pembayaran antara kedua pihak, anda bisa mendapatkan sedikit keuntungan, namun dengan banyaknya orang yang terlibat akan lebih banyak uang yang anda dapatkan.

Apakah anda bisa menemukan cara untuk membedakan diri dari yang lain?

Jangan mencoba untuk membuat yang serupa Facebook, GoJek atau Tokopedia baru! Hampir tidak mungkin untuk mereplikasi usaha lain yang telah berdiri stabil dengan modal unicorn, sementara anda baru mulai. Temukan sesuatu yang mungkin hanya anda yang bisa membangunnya dengan keunikan yang sangat khas.

Apakah pelanggan target anda siap dengan ide anda?

Meluncurkan Uber sebelum orang mulai menggunakan smartphone secara besar-besaran akan menjadi sedikit lebih sulit.  Lihatlah dengan seksama kondisi lingkungan anda, apakah siap dengan terobosan yang anda bawa?

Bagaimana cara anda mendapat untung?

Anda harus mengetahui model bisnis Anda. Anda mungkin memiliki ide terbaik di dunia tetapi jika Anda akhirnya menciptakan pekerjaan untuk diri sendiri, Anda mungkin lebih baik melakukan sesuatu yang lain.

Apakah ide itu cukup memotivasi?

Apakah ide itu cukup memotivasi anda sehingga anda rela mencurahkan banyak waktu dan upaya anda pada awalnya dan akhirnya keluar dari semua hal lain saat startup anda mulai running?
Seringkali masalahnya bukan tentang ide tersebut ... tetapi lebih banyak tentang seberapa fokus dan komitmen Anda terhadap ide Anda saat Anda menjalankannya. Ini seperti keanggotaan gym yang Anda ikuti setiap awal tahun dan akhirnya tidak digunakan setelah beberapa minggu pertama karena Anda tiba-tiba “terlalu sibuk”. Tidak ada pil ajaib, untuk mendapatkan hasilnya, Anda harus membangun dan merawatnya hari demi hari!

Apa kekuatan dan kelemahan anda?

Sebelum Anda terjun langsung ke usaha baru, yang terbaik adalah mengenal diri sendiri dengan baik. Terutama jika Anda akan masuk ke dalam kemitraan bisnis! Hal Ini tidak hanya akan membantu Anda menemukan orang yang tepat untuk tim Anda untuk melengkapi kelemahan Anda tetapi juga dapat menghindari beberapa argumen jika Anda mengetahui siapa Anda sebagai pribadi.

Mengapa saya ingin memulai bisnis?

Hari ini StartUps begitu dipuja, tetapi itu tidak selalu tampak luar biasa seperti kelihatannya. Startup tidak pernah sesederhana kelihatannya dan Anda akan mengalami banyak kendala, Anda lebih tahu mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan karena Anda akan memiliki banyak pengorbanan yang sulit untuk dibuat dan keputusan untuk diambil sepanjang jalan!

Jika Anda tidak memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran dan mereka tidak selaras dengan nilai-nilai Anda, Anda membuang-buang waktu. Selain itu, Anda tidak harus memulai bisnis untuk menjadi wirausahawan ... Membeli bisnis yang sudah ada atau menjadi "intrapreneur" bisa sama bermanfaat dan tidak menakutkan daripada memulai dari awal!

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan jujur, bicarakan proyek Anda sebanyak mungkin dengan individu yang berbeda. Anda akan mendapatkan BANYAK wawasan dan ide yang tidak akan Anda miliki sebelumnya. Membicarakannya akan memungkinkan Anda melihat apa yang dipikirkan orang dan, yang paling penting, mereka memahami apa yang Anda rencanakan untuk ditawarkan sebagai produk atau layanan.

Biarkan pikiran dan mata Anda terbuka dan perhatikan kehidupan Anda sehari-hari. Saya yakin Anda telah mengeluh setidaknya satu kali terhadap sesuatu yang tidak masuk akal bagi Anda dalam minggu terakhir, Anda akan terkejut betapa banyak ide untuk bisnis baru yang akan Anda dapatkan!

Akhirnya, Ide akan tetap menjadi sekedar ide jika Anda belum mengambil tindakan untuk mengeksekusinya.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger