logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kuliah Sambil Kerja, Mencoba Mandiri

Kuliah Sambil Kerja
mahasiswa; kuliah; sambil; kerja; kampus
Peluang kerja diluar kampus
Kuliah sambil kerja merupakan salah satu usaha sebagian mahasiswa untuk tetap  dapat mengenyam dunia pendidikan tinggi. Sebenarnya ada jalan lain yang bisa ditempuh untuk membiayai kuliah, misalnya beasiswa, namun tidak semua mahasiswa juga yang bisa mendapatkan beasiswa kuliah. Sedikit informasi untuk teman-teman yang kesulitan dengan biaya kuliah. Jika kuliah sambil kerja adalah pilihan kalian yang paling mungkin, dan kalian ingin cepat selesai maka pilihlah jurusan yang paling sesuai.

Jurusan yang Memungkinkan Kuliah Sambil Kerja
Jurusan yang paling memungkinkan untuk kuliah sambil kerja adalah jurusan-jurusan di bidang IPS, kenapa demikian? Hal ini disebabkan jurusan-jurusan di bidang IPS relatif lebih sedikit praktikum dibandingkan bidang IPA. Misalnya jurusan Biologi, di jurusan Biologi, sistem kredit semester umumnya tiap mata kuliah memiliki 3 SKS (sistem kredit semester). Tiga SKS ini terdiri dari 2 Kuliah di kelas yang sama dengan 2x50 menit, dan 1 sks praktikum yang sama dengan 3 jam di laboratorium. Sehingga total waktu kita di kampus hampir 5 jam, hal ini kurang sedikit atau lebih sedikit dari waktu yang dihabiskan oleh jurusan-jurusan lain di bidang IPA dalam seminggunya. Namun jika kerja berhubungan dengan pendidikan, misalnya les privat atau lembaga bimbingan belajar, pengajar dari jurusan eksakta seperti MIPA justru lebih banyak dibutuhkan. Bahkan untuk les privat bidang eksakta menawarkan pendapatan yang lebih besar.

Sangat berbeda dengan bidang IPA, IPS jarang praktikum, dan kalau praktikum biasanya adalah adalah praktikum literatur atau hitung-menghitung seperti di jurusan akuntasi. Tapi ada juga jurusan IPA yang mungkin cukup mudah bagi mahasiswanya untuk bekerja sambilan diluar kampus, contohnya adalah jurusan teknik elektro, informatika dan pendidikan bahasa inggris.

Mahasiswa di jurusan teknik elektro misalnya bisa mendapat-elektronik yang rusak mulai dari radio hingga laptop, jurusan informatika misalnya dapat  berjualan secara online, jasa-jasa yang berkaitan komputer, dsb. Jurusan bahasa inggris, kerja sambilan yang paling sesuai adalah mengajar les bahasa inggris, mengingat kebutuhan akan bahasa inggris pada saat ini, tidak sedikit orang tua yang memberikan les tambahan ke pada anaknya agar anaknya lebih pandai dalam berbahasa bahasa internasional ini.

Peluang Kerja di Unit Kegiatan Mahasiswa
Mahasiswa juga bisa mencari peluan pekerjaan dari kenalan-kenalan di kampus, misalnya dengan mengikuti berbagai jenis unit kegiatan mahasiswa yang terdapat di kampus seperti misalnya ukm kepencintaalaman (MAPALA), kepramukaan, korps sukarela (KSR. UKM mapala misalnya bisa jadi sumber pelauang untuk bekerja dengan kegiatan yang berhubungan dengan wisata, outbound, atau aktifitas yang ekstrim seperti membersihkan gedung tinggi. Di kepramukaan mahasiswa bisa menjadi pembina pramuka di sekolah-sekolah dari dasar hingga sekolah tingkat atas.

Kesimpulannya, mahasiswa dari semua jurusan bisa kuliah sambil kerja, tapi kembali lagi masalah waktu dan tentu saja kemampuan kita dan lowongan yang tersedia. Tapi tetap ingat, kuliah nomor 1.
Terimakasih sudah membaca, mudah-mudahan bermanfaat.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 comments

sukses selalu ya mas...
salam kenal n sekalian izin follow

Balas

yah memang ada baiknya kuliah sambil kerja...jadi kalau udah kelar kuliahnya bisa mempunyai pengalaman kerja gan...lainnya biar bisa ngerasa prihati dan merasakan bagaimana susahnya orang tua kita menyekolahkan kita, agar kita juga perhatian dengan kuliah karena pemahaman itu tadi gan...ok yang semangat kerjanya....

Balas

terimakasih, sukses juga buat mbak Putri, salam kenal juga... :D

Balas

iya mbah, jadinya kita tidak hanya tahu dengan jerih payah orang tua, tapi juga bisa turut merasakannya... :D tapi kuliah tetap nomor satu, pengalaman saya pribadi, kuliahnya jadi keteteran...
makasih udah singgah mbah... semangat... :D

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Jurusan Kuliah Proudly powered by Blogger