logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Ilmu Tanah

Jurusan Ilmu Tanah
Jurusan Ilmu Tanah terdiri dari dua konsentrasi keilmuan, yaitu bidang ilmu kebumian (Geologi dan Geografi) dan bidang ilmu pertanian. Dewasa ini jurusan kuliah ilmu tanah lebih umum berada di bawah fakultas Pertanian, seperti di UGM dan IPB. Mata kuliah yang terdapat di jurusan Ilmu Tanah biasanya terdiri dari dari Sistem Informasi Geografis (SIG), geologi dan  morgologi tanah, mineralogi, klimatologi, pengelolaan air dan lainnya.

Perkuliahan
Beberapa ilmu yang akan dikuasai mahasiswa jurusan ilmu tanah yaitu ilmu geografi (sistem informasi geografis/SIG, perencanaan dan pengembangan wilayah, ilmu tanah regional), ilmu lingkungan (ekologi, kualitas tanah, analisis tanah-air-tanaman, konservasi tanah-air), ilmu pertambangan (reklamasi lahan tambang), ilmu geologi (agrogeologi, mineralogi tanah), Aagrobisnis (manajemen agrobisnis, kewirausahaan), teknik hidrologi (agrohidrologi, pengelolaan air, daerah Aliran Sungai), agraria (ilmu ukur tanah dan kartografi, UU pertanahan)

Prospek Lapangan Kerja
Penguasaan akan ilmu-ilmu yang didapat waktu kuliah memungkinkan lulusan jurusan ilmu tanah memiliki peluang kerja yang luas, beberapa peluang kerja bagi lulusan jurusan Ilmu Tanah antara lain:

Dosen dan Pendidik
Jika bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, lulusan jurusan tanah juga bisa menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi. Jika tidak  melanjutkan pendidikan ke magister, lulusan jurusan ilmu tanah juga bisa bekerja sebagai guru di sekolah-sekolah pertanian.\

Pegawai negeri sipil
Beberap institusi pemerintah yang memerlukan lulusan jurusan tanah misalnya Departemen Pertanian, Kehutanan, Perkebunan, BPN(Badan Pertanahan Nasional), badan-badan lingkungan hidup, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Bakosurtanal, dan berbagai lembaga penelitian pemerintah. Bisa juga masuk ke Departemen Sumber daya Mineral dan Energi.

Perusahaan Swasta dan BUMN
Lulusan jurusan Ilmu Tanah dapat bekerja di berbagai perusahaan swasta seperti perusahaan perkebunan (PT. Perkebunan Nusantara, Sinar Mas, Astra Agro dll), perusahaan pertambangan (Unacol, dll), dan perusahaan Hutan Tanaman Industri. Biasanya lulusan jurusan tanah yang dibutuhkan di perusahaan swasta diutamakan yang menguasai Sistem Informasi Geografis, jika tidak menguasai, bisa juga yang bersangkutan di ikutkan pelatihannya.

Perbankan
Dengan kemampuan dalam analisis dan bidang eksakta, lulusan ilmu tanah bisa bekerja di dunia perbankan.

Selain bidang-bidang diatas,  lulusan jurusan tanah juga bisa bekerja di bidang konsultan lahan, berbagai LSM, atau asuransi serta perusahaan-perusahaan swasta lainnya.

Jadi, banyak sekalikan peluang kerja atau prospek kerja lulusan jurusan kuliah ilmu tanah. Jika memang Anda tertarik dengan ilmu tanah, ikuti passion Anda. Jika ingin memilih dimana ingin kuliah mengambil jurusan ini, beberapa universitas atau perguruan tinggi yang mengadakan jurusan ini adalah IPB (dengan nama Manajemen Sumberdaya Lahan), UNS, UGM, UB, Unsyiah, Unand, dan Universitas Lambung Mangkurat.

Semoga bermanfaat, selalu bersemangat untuk membangun masa depan. Salam mahasiswa.

Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger