logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jurusan Kuliah Ilmu Lingkungan


Bagaimana manusia mempengaruhi suhu bumi secara global? Apa efek dari perubahan iklim yang benar-benar terjadi di sepanjang garis pantai kita? Apa yang menyebabkan gunung berapi? Sumber energi alternatif apa yang harus kita gunakan?

Jika pertanyaan ini membuat kawan-kawan penasaran, kawan-kawan mungkin perlu mempertimbangkan untuk mempelajari ilmu lingkungan. Ingin tahu apa yang bisa kawan-kawan kerjakan dengan gelar studi ilmu lingkungan? Nah, ada banyak pekerjaan ilmu lingkungan, mulai dari mempelajari kehidupan laut hingga merancang teknologi ramah lingkungan.
Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan
Menjadi seorang ilmuan lingkungan adalah karir yang menantang dan bisa bisa memberikan kepuasan dengan membuat perbedaan nyata bagikelestarian alam dan lingkungan tempat kita hidup.
Jadi dalam artikel ini, kita akan mencoba untuk mengupas tentang:
  • Apa yang kita pelajari dalam ilmu lingkungan?
  • Keterampilan apa yang akan kita dapatkan?
  • Pekerjaan apa yang bisa kita jalani dengan gelar dalam bidang ilmu lingkungan?
  • Bagaimana menjadi ilmuwan lingkungan?
'Jika Kawan-kawan peduli dengan planet ini, ilmu lingkungan dapat membuka banyak peluang karir yang keren'

Apa yang dapat kita pelajari dalam ilmu lingkungan?

Secara garis besar, mahasiswa jurusaan kuliah ilmu lingkungan akan belajar tentang susunan biologis dan kimia dari alam, dan dampaknya terhadap manusia.
Kuliah ilmu lingkungan meliputi biologi, geologi, geofisika, konservasi, vulkanologi, ilmu iklim, meteorologi, oseanografi dan ekologi.

Keterampilan apa yang bisa kita dapatkan?

Kerja lapangan adalah bagian utama dalam kuliah ilmu lingkungan, dengan aktifitas di lapangan kita akan mendapatkan keterampilan praktis dan keterampilan observasional serta penelitian. Anda akan tahu bagaimana menganalisis dan menafsirkan data.
Kita akan mendapatkan banyak hardskill dan softskill, misalnya komunikasi lisan dan tertulis, manajemen proyek dan kerja sama tim. Kita juga dapat mengembangkan kreativitas untuk menghasilkan model penelitian yang berbeda serta meningkatkan kemampuan presentasi saat menyampaikan hasil penemuan kita.

Prospek Lapangan Kerja Jurusan Kuliah Ilmu Lingkungan

Kesempatan kerja lulusan ilmu lingkungan cenderung bagus tapi gaji awal Anda tidak akan tinggi. Ada berbagai organisasi yang ingin mempekerjakan lulusan ilmu lingkungan, termasuk:
  • Pemerintah, utamanya di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Badan Lingkungan Hidup.
  • Lembaga Penelitian
  • Kelompok kampanye lingkungan
  • Lembaga Swadaya Masyarakat
  • Perusahaan energi
  • Perusahaan Perkebunan
  • Perusahaan Pertambangan

Profesi utama ilmu lingkungan.

Ilmuwan lingkungan

Salah satu pekerjaan utama ilmuan lingkungan, adalah mempelajari dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan. Mereka melakukan penelitian dan interpretasi data - dengan tujuan akhir untuk mencegah dan memecahkan masalah lingkungan. Misalnya mereka bisa mencari cara untuk mengurangi polusi udara dan efek negatifnya.
Termasuk dalam tugas mereka mungkin adalah melakukan tes laboratorium terhadap sampel air, udara dan tanah, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada manajemen senior dan rekan lainnya.
Menjadi seorang ilmuwan lingkungan, berarti harus memiliki kemampuan yang sangat baik dalam memecahkan masalah dan menjadi pengamat tajam dengan pandangan kritis.
Anda akan membutuhkan gelar di bidang ilmu lingkungan, teknik lingkungan atau bioscience lingkungan.

Konsultan lingkungan

Konsultan lingkungan memberikan nasihat kepada berbagai lembaga mengenai isu lingkungan yang berbeda. Sebagian besar konsultan lingkungan bekerja untuk "perusahaan konsultan" - yang pada gilirannya dipekerjakan oleh perusahaan, organisasi atau pemerintah daerah yang berbeda. Pekerjaan ini lebih umum kita kenal sebagai Konsultan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), konsultan AMDAL membantu pelaksana proyek pembangunan (fasilitas umum, pabrik, perkebunan, dsb) untuk menganalisis potensi dampak lingkungan yang mungkin terjadi akibat pembangunan tersebut.
Baca juga: Prospek Lapangan Kerja Jurusan Teknik Sipil

Pengelola lingkungan

Manajer lingkungan (kadang disebut manajer keberlanjutan) dipekerjakan oleh berbagai perusahaan dan organisasi untuk memastikan perusahaan mereka beroperasi secara ramah lingkungan. Mereka memastikan perusahaan berjalan sesuai peraturan (yaitu undang-undang lingkungan) dan menghasilkan strategi untuk memperbaiki tempat-tempat yang terpengaruh aktifitas perusahaan mereka. Dalam bidang ini, seorang ahli lingkungan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan keterampilan kepemimpinan yang baik. Kemampuan beradaptasi juga sangat penting.

Demikianlah sedikit gambaran tentang jurusan kuliah ilmu lingkungan. Apakah penjelasan diatas dapat membantu kawan-kawan? Jika ada masukan atau pengalaman tentang jurusan ilmu lingkungan, silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah.
Kredit gambar: www.pixabay.com
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

Setuju banget, saudara saya pun juga ada yang mengambil jurusan teknik lingkungandi ITS. Memang permasalahan lingkungan menjadi hal yang penting, shingga banyak perusahaan atau industri yang membutuhkan lulusan lingkungan agar perusahaannya tidak melanggar peraturan dan merusak lingkungan.

Balas

kondisi lingkungan yang semakin membuat manusia kurang nyaman, menyadarkan kita bahwa kelestarian lingkungan sangat penting, nah, hal inilah yang menjadikan jurusan ilmu lingkungan akan sangat dibutuhkan saat ini dan dimasa datang...

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger