logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Belajar Lebih Baik dan Cepat dengan Menulis Tangan

Menulis menggunakan keyboard memang akan sangat menghemat banyak waktu berharga kita, tetapi menulis dengan tangan ternyata memiliki banyak manfaat. Para peneliti telah menunjukkan bahwa anak-anak yang tahu bagaimana menulis dengan tangan belajar membaca lebih cepat. Mereka juga lebih mampu mempertahankan informasi dan mendapatkan ide-ide baru.

Stanislas Dehaene, seorang psikolog di College de France di Paris, mengatakan kepada The New York Times, "Ketika kita menulis, sirkuit neural yang unik diaktifkan secara otomatis. Ada pengetahuan utama yang muncul dari gerakan pada saat menulis kata-kata, semacam pengetahuan singkat yang muncul dari simulasi mental pada otak Anda".

Sebuah studi yang dilakukan di Indiana University, di Amerika Serikat, melaporkan bahwa ketika anak-anak menulis dengan tangan tiga bidang otak menjadi aktif -gyrus fusiform kiri, gyrus frontal inferior dan korteks parietal posterior. Ini adalah wilayah yang sama yang ditetapkan dalam gerak ketika dewasa dalam membaca dan menulis. Anak-anak yang mengetik atau hanya membaca surat tidak menunjukkan aktivasi apapun di daerah-daerah tadi.

Karin James, yang terlibat dalam studi ini, mengatakan kepada The New York Times bahwa kekacauan yang terjadi dalam tulisan free-hand berada di balik ini. Ketika kita menulis dengan tangan, kita harus merencanakan dan melaksanakan tindakan yang harus memberikan hasil konkret dalam bentuk huruf atau kata.
"Ini adalah salah satu bentuk demonstrasi pertama dari otak yang berubah karena latihan," jelas James.

Penelitian lain yang membandingkan kinerja antara anak yang menulis dengan tangan atau mengetik telah menunjukkan bahwa anak-anak yang menulis dengan tangan menghasilkan lebih banyak kata-kata dan ide-ide asli daripada mereka yang menggunakan keyboard.

Tidak mengherankan jika peneliti juga menemukan bahwa anak-anak dengan tulisan tangan yang lebih baik juga memiliki aktivasi saraf yang lebih besar dalam memori kerja.

Dan jika Anda berpikir bahwa manfaat ini hanya untuk anak-anak, Anda salah.
Mencatat dengan tangan dapat membantu Anda belajar lebih cepat dan lebih baik-Anda harus mencobanya lain kali jika Anda memiliki ujian atau akan melakukan presentasi. Penelitian menunjukkan hal ini disebabkan fakta bahwa seseorang perlu untuk memproses dan membingkai ulang semua informasi sebelum menuliskannya.

"Kita tidak menulis dengan tangan secepat kita mengetik pada hari ini, tapi orang-orang yang mengetik cenderung hanya untuk menuliskan sebagian besar isi kuliah verbal," Pam Mueller, asisten mengajar di Princeton University, di Amerika Serikat, mengatakan kepada The Atlantic.
Setelah membaca ini kami akan mencoba untuk menulis dengan tangan lebih sering, bagaimana dengan Anda?
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger