logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

5 Cara Mengatasi Stress Mahasiswa

Stress dapat menyerang siapa saja, tapi siapa saja juga bisa menghadapinya asal tahu caranya. Tentunya cara menghadapi stress yang sesuai dengan dirinya, karena masing-masing orang punya karakter masing-masing, termasuk dalam hal menghadapi stress. Untuk mahasiswa, berikut ini adalah beberapa alternatif cara mengatasi stress mahasiswa, anda mungkin bisa memilih salah satu untuk dilakukan, bisa juga anda melakukan semuanya.

Olahraga

Berdasarkan penelitian para ahli, olahraga terbukti dapat menurunkan tingkat stress. Anda dapat melakukan olah raga seperti lari, berjalan-jalan di lokasi terbuka, atau bermain olah raga yang anda senangi.

Kurangi Kesibukan

Beberapa orang mengalami stress karena terlalu banyak tanggung jawab yang diambilnya. Dalam perkuliahan, sebelum anda menentukan mata kuliah yang akan diambil, pikirkan dengan matang-matang, apakah anda dapat menjalani semuanya dengan baik. Meski anda bisa mengambil 24 sks, mungkin ada baiknya anda mengambil 21. Atau tentang kegiatan ekstra, jangan terlalu banyak mengikuti kegiatan mahasiswa. Cukup satu atau dua.

Meditasi

Meditasi bisa sangat membantu untuk mengurangi stress. Untuk muslim, shalat adalah sebuah meditasi yang sangat efektir jika anda melakukannya dengan penih keikhlasan. Selain shalat, coba bermeditasi pada pagi hari saat baru bangun, dan menjelang tidur.

Renegosiasi deadline tugas

Jika memungkinkan, coba diskusikan deadline tugas yang mungkin menumpuk pada satu waktu, memang seharusnya semua tugas tidak dikerjakan pada satu waktu. Tapi tidak ada salahnya mencoba.

Istirahat

Gunakan waktu istirahat untuk istirahat, jangan diisi lagi dengan curi-curi kerja. Istirahat yang cukup akan membantu kita untuk dapat berkonsentrasi dan bekerja lebih efektif. Tetapkan waktu istirahat anda secara teratur.

Cara diatas adalah saran untuk menanggulangi stress, yang terbaik adalah jika anda bisa mencegah stress mendatangi anda.
Baca juga:
9 Masalah Mahasiswa dan Solusinya
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger