logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bagaimana Cara Menjadi Guru

Seorang guru adalah tenaga pendidik yang bekerja mendidik siswa sekolah mulai dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama (SMP), hinga Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada tingkat sekolah dasar, seorang guru biasanya bertanggung jawab untuk semua mata pelajaran kecuali mata pelajaran khusus yaitu Agama, Seni dan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Pada tingkat SMP dan SMA, setiap guru memiliki spesifikasi bidang masing-masing, misalnya Fisika, Kimia, Bahasa Inggris dan lain sebagaianya. Ada juga spesifikasi pelajaran yang bersifat lintas level, yaitu seni, agama dan olah raga. Seorang guru bertanggung jawab untuk merencanakan pembelajaran, menilai atau mengevaluasi tingkat penerimaan pelajaran oleh siswa, dan bersama-sama siswa dan orang tua untuk menganalisis masalah atau potensi yang dimiliki seorang siswa.

Kualifikasi Seorang Guru

Untuk menjadi seorang guru pada saat ini paling tidak harus memiliki ijazah sarjana (S1). Untuk menjadi guru tingkat taman kanak-kanak atau PAUD, anda dapat mengambil jurusan kuliah PAUD. Untuk menjadi guru SD, anda dapat memilih jurusan Pendidikan Guru SD. Sedangkan guru SMP dan SMA, biasanya terdapat jurusan-jurusan sesuai bidang pelajaran yang anda minati. Misalnya anda ingin menjadi guru Biologi, makan anda dapat mengambil jurusan Pendidikan Biologi, demikian pula dengan jurusan-jurusan lainnya.

Berapa gaji seorang guru?

Gaji pokok seorang guru sekitar 1,5 juta untuk guru baru golongan II/b, untuk golongan paling tinggi IV/a sekitar 4 empat sampai 5 juta. Jika lulusa sertifikasi, guru akan mendapatkan tambahan gaji 100% sehingga gajinya meningkat dua kali lipat. Untuk yang menanggung anak, seorang guru juga akan mendapatkan tunangan anak.

Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan sebagai guru?

Kebanyakan guru berstatus sebagai pegawai negeri sipil, karena itu anda dapat menunggu adanya pembukaan atau penerimaan formasi CPNS guru. Alternatif lainnya adalah anda dapat mengajukan lamaran ke sekolah-sekolah swasta yang membutuhkan guru. Memiliki banyak teman atau kenalan akan sangat berguna bagi anda untuk menemukan peluang-peluang menjadi guru di sekolah-sekolah swasta.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

Balas

Saya merasa kalau jadi guru sertifikasi atau guru tetap sekolah juga udah senang. Dan selalu berusaha menjadi guru berprestasi. Makasih mas ulasannya.

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger