logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

5 Alasan Kuliah di Jurusan Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Mungkin tidak perlu belajar Pendidikan untuk menjadi seorang guru, tetapi berikut adalah lima alasan kenapa kuliah di keguruan dan ilmu pendidikan dapat membantu Anda membangun karier yang sukses:

1. Mata pelajaran lintas disiplin

Jika Anda merasa sangat sulit untuk memilih mata pelajaran mana yang paling Anda sukai di sekolah, jurusan pendidikan mungkin merupakan yang sangat cocok untuk anda. Anda dapat mengambil spesialisasi dalam berbagai bidang seperti pendidikan dasar atau pendidikan orang dewasa.

Khusus pendidikan dasar, biasanya anda ditutuntut untuk menguasai berbagai bidang ilmu secara umu, mulai dari Matematika hingga kesenian. Anda bisa saja bergumul dengan hitungan-hitungan dasar pada pagi hari, lalu mengajarkan bagaimana memainkan seruling di siang hari.

Baca juga: 6 Alasan Kuliah di Jurusan Seni dan Desain

guru pendidikan

Image by Steve Riot from Pixabay

2. Mata kuliah yang beragam

Kemampuan utama yang akan dimiliki mahasiswa jurusan keguruan dan ilmu pendidikan adalah kemampuan untuk mengajar. Namun, tentu saja dibutuhkan penguasaan yang baik terhadap pengetahuan akan diajarkan. Pengetahuan ini sangat beragam, karena itu akan banyak bentuk pembelajaran yang akan dipelajari.

Baca juga: Jurusan Kuliah Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan

Mahasiswa jurusan pendidikan akan mengalami aktifitas kuliah biasa, seminar dan banyak pekerjaan praktis lainnya, terutama microteaching – pada bagian akhir masa perkuliahan mahasiswa diharuskan untuk magang di sekolah-sekolah yang biasa dikenal sebagai Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)

3. Kuliah pascasarjana

Ada kuliah yang harus diselesaikan jika siswa ingin menjadi guru yang berkualitas. Setelah studi sarjana, anda dapat melanjutkan kuliah di sekolah pascasarjana. Mengambil kuliah pascasarjana pendidikan dapat mempercepat perkembangan karir anda. Dengan modal gelar master, anda mungkin akan lebih mudah untuk memegang jabatan kepala sekolah.

Baca juga: 5 Alasan Kuliah di Jurusan Bisnis dan Manajemen

 4. Peluang kerja

Kebanyakan orang berpikir bahwa kuliah di jurusan keguruan dan ilmu pendidikan selalu berarti Anda harus menjadi seorang guru. Meskipun ada profesi lain yang bisa anda ambil setelah selesai kuliah, menjadi guru seharusnya menjadi pilihan utama. Jika tidak, sebaiknya jangan masuk jurusan ini. Oke, mungkin itu terlalu frontal, tapi begitulah seharusnya.

Namun perlu anda ingat, Indonesia sebenarnya masih sangat kekurangan guru, jadi jangan khawatir dengan peluang yang ditawarkan jurusan keguruan.

Sedikit informasi, selain menjadi guru, lulusan keguruan dan ilmu pendidikan juga bisa menjadi perancang kurikulum, psikolog pendidikan, dan petugas pendidikan di museum atau layanan masyarakat lainnya.

5. Penghargaan

Jika dalam pekerjaan, Anda mengajar orang secara langsung, Anda akan melihat bagaimana Anda membuat perbedaan bagi orang lain. Bekerja di bidang pendidikan juga membantu merintis masa depan dunia - Anda akan menginspirasi generasi muda yang akan terus membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Banyak guru mengatakan bahwa aspek terbaik dari pekerjaan mereka adalah melihat seorang anak berhasil berjuang melewati sebuah tantangan dan memahami sesuatu yang diajarka kepada mereka.

Baca juga: Cara menjadi Guru
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger