logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mencari Inspirasi Judul Tugas Akhir

Tugas Akhir Mahasiswa (Properti Delyanet Karmoni)
Setelah berjuang sekuat tenaga mengikuti perkuliahan selama paling tidak 2,5 tahun, mahasiswa harus berhadapan dengan level puncak dari petualangan kampus. Level puncak tersebut adalah Tugas Akhir. Bagian pertama dari Tugas Akhir adalah pencarian untuk sebuah judul. Jika Anda galau dalam pencarian ini, anda bukan yang pertama, anda bukan yang terakhir, dan anda tidak sendiri. Jadi jangan khawatir, ini hanya satu fase yang harus dilewati. Agar perjalanan pencarian ini tidak terlalu menahan laju semangat anda untuk selesai kuliah, silahkan simak beberapa tips berikut untuk mendapatkan judul penelitian yang sesuai dengan hati dan pikiran anda.

1. Ketahui apa yang menarik bagi diri anda

Sesuatu yang memang menarik untuk kita akan membuat kita lebih bersemangat untuk mengerakannya, karena itu temukan apa yang menarik bagi anda dalam bidang yang sedang anda geluti. Menyelesaikannya kelak juga akan memeberikan kepuasan yang besar bagi diri sendiri. Untuk mengatahuinya, ajukan beberapa pertanyaan berikut kepada diri sendiri:
  • Apa yang paling anda senangi saat masih kecil?
  • Apakah anda pemalu atau mudah bergaul?
  • Apa subjek yang benar-benar ingin anda pelajari?
  • Apa kemampuan yang benar-benar anda kuasai?
  • Apa yang orang katakan tentang kemampuan anda? (additional)

2. Observasi lingkungan sekitar

Jika anda sudah mengetahui apa yang menjadi minat utama anda, aktifkan semua panca indera, untuk menemukan sesuatu yang menarik. Lihat apa yang ada dan apa yang sedang terjadi dalam lingkungan anda, atau dalam kota anda. Jika bisa, temukan suatau masalah. Penelitian yang baik selalu berawalla masalah tersebut.

3. Baca sebanyak mungkin literatur dan penelitian tentang subjek anda

Banyak sekali sumber literatur yang bisa ditemui pada saat ini. Jika anda ingin mulai mencari literatur untuk referensi tugas akhir anda, maka anda bisa mencarinya di: perpustakaan kampus (universitas, fakultas, jurusan), perpustakaan kota, perpustakaan online, jurnal elektronik dll. Dunia penelitian pada saat ini lebih mengutamakan penggunaan jurnal sebagai bahan referensi, beberapa jurnal menyediakan versi online secara gratis, tapi terbatas. Anda bisa mencari jurnal online di Science Direct, Ebsco, Proquest, dll.

4. Diskusi dengan orang yang memiliki ketertarikan yang sama

Pertama, coba diskusikan gambaran awal penelitian anda dengan  beberapa teman sekelas. Diskusikan dengan juga dengan kakak tingkat yang melakukan penelitian dalam bidang yang sama dengan anda. Jika anda sudah memiliki gambaran yang agak besar dan jelas, anda perlu mempertimbangkan kembali tema tersebut, ada baiknya anda mengetahui Hal-hal yang perlu di pertimbangkan dalam memilih topik penelitian. Setelah itu baru coba temui dosen yang menguasai bidang yang menjadi penelitian anda.
Diskusi-diskusi dengan orang-orang tersebut dapat memperkaya pengetahuan dan membuka wawasan anda tentang topik yang akan diteliti. Anda juga bisa menambah relasi yang mungkin bisa memudahkan jalannya penelitian anda.

Jangan galau terlalu lama, jangan terlarut dalam pemikiran dan ketakutan. Lakukan sesuatu untuk mencari tema penelitian anda, segera ambil kertas dan pulpen, tuliskan apa yang ada di kepala anda, jika belum ada bayangan, keluarlah dari kamar anda. Kunjungi suatu tempat yang bisa mengundang inspirasi, atau kunjungi teman anda untuk berdiskusi tentang penelitian. Jangan bergosip tentang hal yang tidak penting, tapi sedikit-sedikit mungkin tidak masalah. Salam sukses.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger