logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pertimbangan Memilih Topik Penelitian Tugas Akhir

Penelitian tugas akhir berupa skripsi, tesis atau disertasi adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam pendidikan perguruan tinggi. Tugas akhir adalah sebuah bentuk evaluasi akhir dari proses pendidikan yang telah di jalani oleh seorang mahasiswa. Penelitian juga dapat menjadi sebuah bentuk tanggung jawab keilmuan kepada khalayak ramai. Tugas akhir adalah kewajiban yang tidak dapat ditawar-tawar oleh mahasiswa, karena itu pengerjaannya harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Bisa jadi juga skripsi atau tesis tersebut bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Tesis
Tugas Akhir Mahasiswa
Sebelum mengerjakan tugas akhir, tentu saja kita harus menentukan topik penelitiannya yang juga harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Pertimbangan dalam penentuan topik penelitian ini sangat penting agar penelitian dapat berjalan lancar, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu teman-teman pertimbangkan saat akan memilih topik penelitian tugas akhir:

Tingkat Kesulitan

Sesuaikan tingkat kesulitan penelitian teman-teman dengan jenjang pendidikan yang sedang ditempuh. Jika sedang dalam program sarjana, pilih topik penelitian skripsi yang sesuai untuk sarjana, demikian pula tesis untuk program magister. Tingkat kesulitan ini bisa ditanyakan kepada dosen pembimbing atau membaca literatur dari jurnal-jurnal penelitian berhubungan. Tingkat kesulitan ini akan berhubungan dengan banyak pertimbangan-pertimbangan selanjutnya. Memilih topik penelitian yang terlalu sulit bisa jadi membuat stress, yang terburuk, tidak selesai, Naudzubillah.
Baca juga: 
5 Cara Cara Mengatasi Stress Mahasiswa
9 Masalah Mahasiswa dan Alternatif Solusinya

Durasi Waktu Pengerjaan

Durasi waktu pengerjaan penelitian sangat bervariasi, mulai dari satu atau dua bulan hingga tahunan (belum termasuk durasi penulisan karya tulis). Durasi waktu ini biasanya ditentukan oleh tingkat kesulitan penelitian dan akan menentukan biaya penelitian. Perlu diingat pula bahwa selama penelitian, kita juga tetap membayar biaya SPP, karena itu semakin cepat kita selesai akan semakin baik.

Dosen Pembimbing

Sebisa mungkin pilih topik penelitian skripsi atau tesis yang menjadi spesialisasi dosen-dosen di jurusan anda dan hindari mengambil topik penelitian yang tidak ada dosen di jurusan rekan-rekan yang menguasainya. Dosen yang menguasai bidang yang menjadi tema penelitian kita bisa sangat membantu dan mempercepat penyelesaian penelitian kita. Tapi cek juga, apakah dosen tersebut adalah dosen yang luar biasa atau biasa diluar. Jangan sampai rekan-rekan kesulitan untuk konsultasi karena dosennya jarang ke kampus.

Ketersediaan Literatur

Pada saat ini terdapat dua sumber literatur, yaitu sumber online dan offline. Sumber online tentu saja adalah dari internet, sedangkan offline adalah dari buku-buku. Saat ini jauh lebih mudah untuk mencari literatur dengan adanya internet karena banyak sekali jurnal dan e-book yang bertebaran di internet. Tapi bukan berarti bahwa literatur yang rekan-rekan cari pasti ada. Terkadang ada literatur yang memang sulit dicari, kadang juga literatur itu berbayar dengan nilai yang lumayan. Karena itu usahakan untuk mencari dan membaca sebanyak mungkin literatur pendukung penelitian sebelum menentukan tema mana yang akan dipilih.
Baca juga:
10 Tips Meningkatkan Kecepatan Membaca
Manajemen Referensi Karya Tulis dengan Mendeley

Fasilitas, Alat dan Bahan

Kondisi setiap perguruan tinggi di Indonesia berbeda-beda, termasuk dalam hal fasilitas. Saat akan menentukan topik penelitian yang akan diambil, coba untuk memeriksa apakah fasilitas di kampus teman-teman memadai? Apakah alat dan bahan tersedia di kampus teman-teman? Jika tidak ada dan tidak memadai, coba untuk melihat di kampus lain yang dekat dengan kampus teman-teman. Point ini akan sangat menentukan biaya yang akan dikeluarkan, jika terlalu mahal, sebaiknya cari lagi topik lain yang lebih visible.

Biaya Penelitian

Hanya sedikit mahasiswa yang tidak berhitung untuk biaya-biaya kuliahnya, kebanyakan harus sangat cermat dalam hal pengeluaran untuk kuliah yang salah satunya Tugas Akhir berupa skripsi atau tesis. Jika sudah punya beberapa alternatif topik penelitian, coba buat estimasi berapa biaya yang dibutuhkan untuk penelitian tersebut. Sesuaikan dengan kantong teman-teman, jangan sampai penelitian berhenti di tengah jalan karena kekurangan biaya. Usahakan mencari alternatif sumber biaya penelitian jika dana pribadi tidak memungkinkan, misalnya dari beasiswa penelitian, program kreatifitas mahasiswa dan lain sebagainya.
Baca juga:
Kerja Part Time yang Sesuai untuk Mahasiswa
Kuliah Sambil Kerja, Mencoba Mandiri

Itulah beberapa hal yang perlu teman-teman pertimbangkan saat akan memilih tema penelitian. Semoga teman-teman bisa mengerjakan tugas akhirnya dengan sebaik mungkin dan bisa bermanfaat untuk orang banyak. Aamiin.
Baca juga:
Faktor-faktor Penghambat Mahasiswa Lambat Selesai Kuliah
Sindrom Tugas Akhir Mahasiswa
Tips Menemukan Topik Penelitian yang Kuat
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

jadi ingat dulu serunya bikin skripsi, kerjanya sekitar 4 bulan, lama ya?

Balas

empat bulan nggak lama menurut saya mbak, saya aja hampir dua tahun.... :D

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger