logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Terbukti Secara Ilmiah! Ini Tips Belajar yang Paling Efektif

Mungkin banyak orang mengatakan kita bisa belajar dengan lebih baik sambil mendengarkan musik klasik atau membuat catatan yang lebih berwarna-warni menggunakan stabilo... tapi apakah tips tersebut benar-benar berhasil? Dengan banyaknya tips belajar yang beredar, sulit bagi kita untuk mengetahui mana tips yang benar-benar efektif.


Tapi jangan khawatir! Sudah ada ilmuan yang melakuan penelitian untuk menemukan jawabannya. Selama beberapa dekade, para ilmuwan telah meneliti apa metode yang terbaik untuk belajar. Melalui eksperimen dengan siswa dalam kehidupan nyata, para ilmuan tersebut dapat mencari tahu metode terbaik yang bisa kita lakukan untuk belajar.

Jadi, untuk menghormati karya hebat mereka, mari kita ambil manfaat dari cara belajar terbaik yang sudah dibuktikan oleh para ilmuan tersebut. Berikut ini adalah daftar 8 tips belajar tersebut.

1. Mengunyah Permen Karet

Sebuah penelitian yang dilakukan di Cardiff Univeristy menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan kemampuan kita untuk berkonsentrasi dalam waktu lebih lama. Orang yang mengunyah permen karet berkinerja lebih baik dan lebih akurat pada tugas yang lebih panjang daripada mereka yang tidak mengunyah. Jadi silahkan coba tips ini saat kamu mengerjakan tugas kuliah atau sedang merevisi makalah atau tugas akhir? Tapi jangan menerapkan tips ini saat ujian, kecuali kalau kamu mendapat izin dari pengawas.

2. Ubah Font Catatan

Membaca catatan sendiri bisa menjadi hambatan. Terutama ketika kamu menyadari bahwa kamu belum mengingat dan memahami apa pun dari catatan tersebut. Tapi jangan khawatir! Penelitian menunjukkan bahwa font yang lebih sulit dibaca dapat membantu otak Anda menyimpan informasi dengan lebih mudah. Dalam satu eksperimen yang melibatkan 222 siswa sekolah, para siswa yang belajar menggunakan font seperti komik tidak lebih baik daripada mereka yang tidak menggunakan font tersebut. Para ilmuwan berpikir itu mungkin karena font tersebut membuat kita benar-benar berpikir tentang info daripada hanya membacanya.

3. Jangan gunakan penanda

Mungkin tips yang satu ini kedengaran tidak biasa dan bertentangan dengan apa yang kita percayai, Tetapi para ilmuwan telah menemukan bahwa cara itu mungkin tidak membantu kita untuk mengingat banyak hal. Alih-alih untuk teknik memorisasi, gunakan penyorotan sebagai cara untuk menemukan info yang perlu Anda dengan cepat.

4. Ganti Ruang Belajar

Coba temukan tempat lain (tidak biasa) untuk belajar, Jangan hanya belajar di kamar atau atau di perpustakaan! Temukanlah tempat yang benar-benar dapat membantu kamu mengingat apa yang kamu pelajari dengan lebih baik. Dalam satu penelitian yang melibatkan dua mahasiswa yang menghafal daftar kata di dua tempat berbeda menunjukkan bahwa mempelajari materi yang sama di tempat yang berbeda akan menghasilkan kenangan otak yang berbeda terhadap hal yang sama. Yang membuatnya lebih mudah diingat!

5. Uji diri sendiri

Mungkin kamu sudah tahu tips belajar yang satu ini. Tapi apakah tips ini benar-benar berfungsi! Membuat test belajar sederhana untuk diri sendiri yang dilakukan sepanjang semester dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan yang lebih baik pada ujian sesungguhnya. Lakukan ini secara berulang-ulang! Penelitian menunjukkan bahwa jika kamu mengulangi tes yang sama selama beberapa minggu, akan lebih mudah mengingat informasi tersebut.

6. Go Old School

Trend pada saat ini, lebih banyak orang yang tergantung pada penggunaan tablet atau laptop untuk mencatat. Tapi kamu tidak harus mengikutinya, jangan buang buku catatan tulisan tangan anda. Menulis catatan dengan tulisan tangan dapat membantu otak kita untuk memahami konsep yang kompleks. Sementara komputer bisa Anda gunakan untuk informasi sederhana, tulisan tangan dapat membantu kamu untuk mengingat pertanyaan-pertanyaan yang lebih besar seperti.

7. Tetap Terhidrasi

Bahkan dehidrasi ringan bisa menurunkan kemampuan kita untuk melakukan tugas-tugas sederhana dan mengingat. Jangan berpikir minum satu gelas air sebelum berangkat kuliah sudah cukup! Air adalah cara terbaik untuk menjaga kadar cairan tubuh. Mungkin kamu perlu meminu dua gelas besar air putih, dan bawa setidaknya satu botor air sedang ke kampus. Janga kuatir kamu akan lebih sering buang air kecil lebih sering, karena itu menyehatkan. Kamu tentu tidak mau mengalami susah buang air kecil.

8. Dengarkan Beberapa Lagu

Kamu mungkin pernah mendengar nasehat lama orang tua, bahwa musik klasik dapat membantu kita untuk berkonsentrasi lebih baik. Bisa kita katakan sebagian dari nasehat itu benar. Musik dapat membantu kita untuk fokus. Tapi kabar baiknya, tips itu hanya berfungsi untuk musik yang kamu sukai! Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik favorit mereka dapat berkonsentrasi lebih lama daripada mereka yang tidak.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger