logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

7 Customer Service Skills yang Perlu Anda Bangun

Ingat terakhir kali Anda pergi ke restoran dan memiliki pengalaman yang sangat mengesankan sehingga Anda segera memeriksanya di TripAdvisor? Tidak? Bagaimana dengan pengalaman buruk di kafe, pelayannya memamerkan wajah jutek dan kelakuannya kasar? Kami yakin Anda lebih mengingat pengalaman buruk itu.

Itu karena customer service skills yang hebat sangat penting. Membantu pelanggan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan cara yang ramah dan efisien adalah bagian penting dari banyak bisnis. Apakah itu pramuniaga toko di toko pakaian yang membantu menemukan ukuran Anda, atau teller di bank yang membantu Anda dengan rekening Anda.

Customer Service adalah tentang menjaga kepercayaan. Gambar oleh Deans Icons

Faktanya, menjaga pelanggan sebenarnya adalah keterampilan yang sangat penting dalam semua jenis pekerjaan - mulai dari karier hukum hingga pekerjaan akuntan, peran media sosial hingga profesi pariwisata. Pada dasarnya dalam karir apa pun di mana Anda akan bekerja secara langsung dengan klien atau pelanggan, Anda harus mengembangkan kemampuan yang satu ini.

Jadi dalam panduan ini, kita akan melihat 7 keterampilan layanan pelanggan yang paling penting, dan bagaimana Anda dapat mulai mengembangkannya sekarang.

1. Komunikasi

Mampu menjelaskan produk dan sistem dengan jelas dan hati-hati kepada pelanggan Anda mungkin adalah keterampilan layanan pelanggan nomor  1 yang paling penting. Baik Anda berinteraksi dengan pelanggan secara tatap muka, di telepon, atau bahkan melalui email atau messenger, Anda perlu berbicara dengan jelas, nyaring, dan dengan nada suara yang positif.

Bagian dari berkomunikasi dengan baik dengan orang lain adalah bersikap asertif. Anda harus berkomunikasi dengan cara yang langsung dan percaya diri, yang menunjukkan Anda mengendalikan situasi, tetapi tidak agresif.

Cobalah ketrampilan komunikasi Anda yang tegas dan jelas pada saat Anda harus melakukan presentasi di sekolah. Jelaskan informasi secara langsung dan percaya diri.

Baca juga: Prospek Jurusan Ilmu Komunikasi

2. Mendengarkan

Kemampuan mendengarkan terasa sangat jelas dalam hal pelanggan, bukan? Tetapi benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan orang lain lebih sulit daripada yang Anda pikirkan. Katakanlah pelanggan menelepon dengan keluhan. Anda dapat secara aktif mendengarkan apa yang mereka katakan dengan mengajukan pertanyaan dan mengklarifikasi poin mereka.

Jika Anda berhadapan secara langsung, gunakan bahasa tubuh yang positif dengan melakukan kontak mata dan mengangguk ketika mereka berbicara. Ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar mengikuti apa yang dikatakan pelanggan dan bahwa Anda peduli.

Latih keterampilan mendengarkan aktif Anda di lain waktu saat Anda berada di kelas. Dengarkan dengan sungguh-sungguh apa yang dikatakan guru Anda, ajukan pertanyaan, dan periksa faktanya.

Bagian dari bersabar juga tetap ceria dan positif - bahkan ketika Anda mungkin merasa sedikit jengkel dengan pelanggan!

Baca juga: 10 Alasan Memilih Jurusan Psikologi

3. Kesabaran

Seperti yang dikatakan orang yang secara teratur bekerja dengan pelanggan, kesabaran sangat penting! Pelanggan terkadang akan frustrasi atau kecewa, jadi Anda harus meluangkan waktu untuk memahami apa masalahnya.

4. Tetap tenang

Berbagai hal bisa memicu stres dan berantakan ketika Anda bekerja dengan pelanggan. Anda mungkin berurusan dengan pelanggan yang marah sementara atasan Anda menekan Anda untuk menyelesaikan masalah. Mampu bekerja di bawah tekanan adalah keterampilan layanan pelanggan yang penting. Memang tidak selalu mudah, tetapi jangan khawatir: itu adalah sesuatu yang dapat Anda praktikkan.
Lain kali ketika segala sesuatunya menimpa Anda di kuliah atau di tempat kerja, cobalah menarik napas dalam-dalam dan kemudian buatlah daftar semua tugas yang Anda miliki, sesuai urutan kepentingannya. Kerjakan dengan tenang melalui mereka, periksa saat Anda pergi.

5. Berpikir cepat

Bayangkan Anda seorang resepsionis di sebuah klinik praktek dokter hewan, dan pemilik hewan peliharaan memerlukan obat khusus untuk anak kucing mereka yang tidak Anda miliki di klinik anda. Bagaimana Anda memecahkan masalah? Berpikir dengan cepat dan beradaptasi dengan situasi yang tidak terduga adalah keterampilan yang sangat penting.

Baca juga: Latihan Berpikir Kreatif di Luar Kotak

6. Negosiasi

Pernahkah Anda mendengar ungkapan, "pelanggan selalu benar"? Ya, itu hanya sebagian benar. Terkadang pekerjaan seorang profesional layanan pelanggan adalah menemukan keseimbangan antara kebutuhan pelanggan dan kebutuhan perusahaan. Dan agar itu terjadi, Anda perlu tahu cara bernegosiasi. Berlatihlah menemukan jalan tengah dan kompromi lain kali saat Anda bermain olahraga tim atau memperdebatkan masalah.

Baca juga: Cara Menegosiasikan Gaji

7. Sense of Humor

Bisa tertawa dengan pelanggan dan kolega adalah bagian penting dari customer service. Salah satu keterampilan yang berguna untuk berurusan dengan pelanggan adalah rasa humor, ini sangat jelas! Anda akan dapat mengelola situasi stres dengan lebih mudah, bergaul dengan pelanggan - dan bahkan membuat mereka tertawa! Membuat mereka senang akan mengikat mereka dengan perusahaan anda.

Berapa banyak keterampilan layanan pelanggan yang sudah Anda miliki?
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger