logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Peluang Kerja Menantang Bidang Kesehatan Jiwa

Pekerjaan dalam bidang kesehatan mental sangat menantang, tetapi sangat layak untuk diperjuangkan. Jika Anda tertarik bekerja dengan orang banyak dan anda ingin berkarier dengan sesuatu yang benar-benar bisa membuat perbedaan di dunia, kesehatan mental bisa menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Anda.


Smiley, expression of emotion. Image by Gino Crescoli
Ada banyak karier dalam bidang kesehatan jiwa yang berbeda di luar sana, tetapi ada beberapa hal yang sama yang bisa kita temua dalam semua bidang tersebut, misalnya: semua pekerjaan tersebut membutuhkan belas kasih, empati, dan keterampilan mendengarkan yang luar biasa. Dalam panduan ini, kita akan melihat lima pekerjaan dalam bidang kesehatan jiwa, tugas dan tanggung jawab mereka, keterampilan yang diperlukan, dan cara mendapatkan peran tersebut.

1. Perawat kesehatan jiwa

Peran dan tanggung jawab:
Sebagai salah satu pekerjaan utama dalam kesehatan mental, perawat kesehatan jiwa membantu orang dengan berbagai penyakit mental - misalnya membantu seseorang dengan masalah stres dan kecemasan, atau masalah yang lebih serius seperti gangguan kepribadian dan kecanduan narkoba.

Perawat kesehatan mental akan berkata, "Saya menikmati pekerjaan saya karena tidak ada hari yang sama.”
Mereka mengelola beban kasus mereka sendiri, melakukan penilaian pasien baru, meninjau rencana perawatan serta mengunjungi generasi muda di rumah dan di sekolah. Bagian penting dari pekerjaan perawat kesehatan jiwa adalah bekerja dengan orang tua pasien, pengasuh dan guru dan lembaga lain seperti pekerja sosial. Peran mereka adalah kunci untuk menghubungkan semua elemen kehidupan pasien bersama sehingga mereka dapat menerima perawatan dan dukungan sebaik mungkin.

Keterampilan dan sifat yang dibutuhkan:
  • Mampu bekerja dalam tim dengan baik.
  • Tenang dalam situasi yang sulit atau menantang.
  • Mampu mendapatkan kepercayaan orang dan membuat orang lain nyaman.
  • Dapat berpikir cepat.
  • Mengerti bahasa tubuh.
  • Percaya diri dan berani.
Cara menjadi perawat kesehatan jiwa:
Kamu bisa menjadi perawat kesehatan jiwa dengan mengambil kuliah di jurusan keperawatan kesehatan jiwa. Kamu bisa mengambil kuliah ini di Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dll. Setelah menyelesaikan kuliah, kamu mungkin harus mengambil sertifikat profesi dari lembaga yang berkompeten.

2. Psikiater

Peran dan tanggung jawab:
Salah satu pekerjaan paling terkenal di bidang kesehatan jiwa, seorang psikiater adalah seorang dokter yang merawat orang-orang dengan masalah dan penyakit kesehatan jiwa. Mereka menilai, mendiagnosis, dan merawat pasien, mereka bisa bekerja dalam tim profesional perawatan kesehatan dan sosial. Mereka membantu orang dengan berbagai masalah, termasuk skizofrenia, depresi, kecanduan narkoba, gangguan makan, dan fobia. Psikiater juga dapat membantu orang mengatasi kesulitan dalam hidup mereka, seperti perceraian atau masalah keluarga. Psikiater juga bisa memberikan konseling, meresepkan obat dan menyarankan cara-cara praktis bagi pasien untuk tetap bahagia dan sehat.

Keterampilan dan sifat yang dibutuhkan:
Ketertarikan yang serius terhadap bagaimana orang berpikir dan merasakan.
  • Keterampilan yang hebat dalam berhubungan dengan orang lain, termasuk mendengarkan dan berkomunikasi.
  • Minat dalam sains dan kedokteran.
  • Penasaran, dengan hal-hal yang berbau investigasi.
  • Keterampilan penelitian.
  • Termotivasi dan berkomitmen.
Cara menjadi psikiatris:
Seorang Psikiater memiliki latar belakang pendidikan dokter umum, yang kemudian mengambil spesialisasi dengan menempuh jenjang Program Pendidikan Dokter Spesialis dalam ilmu kedokteran jiwa atau psikiatri selama 8 semester.
Jadi, bisa disimpulkan bahwa psikiater adalah dokter spesialis kejiwaan. Mereka memiliki gelar Sp.KJ (Spesialis Kedokteran Jiwa), yang memiliki keterampilan klinis untuk mendiagnosis, memberikan pengobatan, perawatan dan pencegahan pada masalah kesehatan mental.

3. Pekerja Sosial

Peran dan tanggung jawab:
Pekerja sosial membantu orang-orang dan keluarga-keluarga untuk hidup lebih bahagia, lebih memuaskan. Mereka mendorong orang (biasanya disebut klien atau kadang-kadang 'pengguna layanan') untuk hidup mandiri; melindungi mereka dari bahaya atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang; dan membantu mereka menemukan solusi untuk masalah yang mereka hadapi dalam hidup.

Banyak pekerja sosial dipekerjakan di bidang kesehatan mental, bekerja dengan orang-orang yang memiliki penyakit mental, atau masalah narkoba dan alkohol. Mereka mungkin bekerja di kantor, rumah sakit, klinik kesehatan atau pusat perumahan.

Seorang Pekerja sosial bernama Jess mengatakan: “Pekerja sosial biasanya melihat banyak orang, selalu dengan tujuan mencoba membantu mereka membuat perubahan kearah positif. Saya menemukan penyakit mental seorang subjek yang menarik karena dapat hadir dalam berbagai cara dan namun tidak cukup dipahami dengan baik.

Lebih lanjut Jess mengatakan "Dengan bekerja di bidang ini, saya dapat mendidik pengguna layanan, keluarga mereka dan orang lain tentang dampak buruknya kesehatan mental, serta stigma yang dihadapi banyak orang setiap hari karenanya."

Keterampilan dan sifat yang dibutuhkan:
  • Keahlian komunikasi yang sangat baik.
  • Mendengarkan secara aktif.
  • Mampu mengembangkan hubungan profesional dengan klien, keluarga dan profesional lainnya.
  • Peduli pada orang lain, dan mampu menunjukkan empati.
  • Mampu bekerja di bawah dan dalam situasi yang penuh tekanan.
  • Terorganisir
  • Mampu menemukan solusi untuk masalah.
  • Tertarik untuk bekerja dengan orang-orang dari banyak latar belakang yang berbeda.
  • Pandai memanfaatkan waktu Anda sebaik mungkin.
Cara menjadi pekerja sosial kesehatan jiwa:
Untuk menjadi pekerja sosial, Anda membutuhkan gelar dalam pekerjaan sosial yang kami setujui oleh Dewan Profesi Kesehatan dan Perawatan. Kursus biasanya memakan waktu tiga tahun. Persyaratan masuk bervariasi - Anda biasanya membutuhkan setidaknya lima GCSE di tingkat C atau di atas, dan dua tingkat A.

Pengalaman kerja itu penting. "Suatu kali saya memutuskan untuk melatih sebagai pekerja sosial," tambah Jess, "Saya menghabiskan satu tahun atau lebih menjadi sukarelawan sebagai sahabat amal lokal dan sebagai penasihat telepon krisis pemerkosaan untuk membantu mengembangkan beberapa keterampilan orang yang saya pikir saya perlu (yaitu mendengarkan secara aktif, bekerja dengan situasi emotif, bekerja dengan orang-orang yang terisolasi dan rentan dll).

4. Konselor

Peran dan tanggung jawab:
Konselor berbicara melalui masalah dan perasaan pasien, mendengarkan jawaban mereka terhadap berbagai pertanyaan. Mereka kemudian memberikan serangkaian "strategi koping" untuk membantu pasien merasa lebih baik. Mereka mungkin menangani masalah seperti kecanduan, kesedihan, masalah hubungan atau perceraian, trauma, kecemasan, stres atau depresi.

Keterampilan dan sifat yang dibutuhkan:
  • Kemampuan untuk berbicara dengan orang-orang dari semua lapisan dan golongan masyarakat.
  • Empati dan kasih sayang.
  • Kesabaran dan pandangan yang toleran dan tidak menghakimi.
  • Ketahanan emosional.
Seorang konselor jiwa bernama Laura mengatakan, “Memiliki ketertarikan yang membantu Anda mengatasi hal-hal yang mungkin Anda dengar bisa bermanfaat dan merupakan salah satu pertanyaan yang saya tanyakan saat wawancara. Saya secara teratur pergi ke gym yang saya sadari bisa membantu saya beristirahat  setelah bekerja. ”
Cara menjadi konselor:
Konselor yang baik terdaftar di badan-badan seperti British Association of Counselors and Psychiatrists (BACP) atau National Counseling Society (NCS). Untuk mendaftar ke BACP atau NCS, Anda memerlukan diploma level 4 dalam bidang seperti konseling dan psikiatri. Kualifikasi yang lebih tinggi, seperti gelar, juga tersedia. Anda harus bekerja menuju kualifikasi Anda dengan sebuah perguruan tinggi atau universitas yang disetujui oleh badan yang ingin Anda daftarkan.

5. Psikolog pendidikan

Tugas dan tanggung jawab:
Salah satu pekerjaan kesehatan mental yang difokuskan pada kaum muda, psikolog pendidikan menggunakan pendekatan psikologis untuk membantu anak-anak yang berjuang pada tahap awal perkembangan atau pendidikan mereka karena masalah psikologis, sosial atau emosional, atau karena masalah lainnya.
Keterampilan dan sifat yang dibutuhkan:
  • Kemampuan untuk berurusan secara sensitif dengan anak-anak dan remaja.
  • Keterampilan berpikir analitis dan kritis.
  • Motivasi diri dan dorongan.
  • Percaya diri dan mampu berkomunikasi secara persuasif.
  • Keterampilan manajemen proyek.
Cara menjadi psikolog pendidikan:
Pekerjaan psikologi membutuhkan gelar dalam bidang psikologi.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger