logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ide Bisnis Dengan Modal Kecil

Ide bisnis seperti ini seharusnya adalah ide bisnis yang bisa dimulai dengan kemampuan yang sudah anda miliki sebelumnya. Selain itu, ide bisnis tersebut sebaiknya melibatkan hal yang anda sukai. Menyukai aktifitas dari usaha tersebut akan membuat anda lebih betah dan nyaman mengerjakannya, sehingga usaha tersebut akan lebih sustain (tahan lama). Berikut ini adalah beberapa contoh bentuk usaha yang bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil.

Menjual pengetahuan/informasi/pelatihan

Generasi millenial saat ini dianugrahi dengan kemudahan mendapatkan informasi. Informasi ini dapat anda serap untuk menjadi pengetahuan. Pengetahuan tersebut, selanjutnya dapat anda jual. Pengetahuan ini dapat jual dalam skema konsultasi atau anda juga dapat memberikan pelatihan-pelatihan. Salah satu contoh pelatihan yang saat ini relatif banyak dicari orang adalah kemampuan menulis, fotograif dan videografi.

Anda juga bisa membuat e-book tentang berbagai hal yang anda kuasai. Buatlah suatu tulisan yang cukup mendalam dan komprehensif, kemudian tawarkan secara online.

Alternatif lainnya untuk memulai usaha dengan modal kecil adalah dengan mulai menulis di blog atau website. Ada banyak cara untuk mendapatkan uang melalui blog, anda bisa baca sebagiannya disini. Prinsip dasarnya adalah menjual pengetahuan, namun anda tidak mendapatkan uang langsung dari konsumen. Keuntungan didapatkan dari pihak-pihak yang memasang iklan di blog anda.

Baca juga: 5 Manfaat Blogging Bagi Mahasiswa



Modal untuk usaha ini adalah laptop atau komputer, yang sudah menjadi perlengkapan dasar untuk mahasiswa. Untuk jaringan internetnya, anda tentu bisa memanfaatkan wifi di kampus. Modal yang benar-benar harus anda beli sendiri mungkin hanya secangkir kopi dan beberapa cemilan untuk menemani anda menulis.

Pengetahuan yang anda miliki juga bisa dijual pengetahuan dalam bentuk video. Untuk yang satu ini, caranya adalah anda harus memiliki akun di Youtube. Isilah akun tersebut dengan berbagai video yang menurut anda menarik. Akan sangat baik jika video-video tersebut adalah hasil karya anda sendiri (biasanya disebut sebagai Youtuber). Video yang menarik akan banyak dikunjungi atau ditonton, selanjutnya anda dapat bergabung dengan program Youtube Adsense.

Berapa modal yang anda butuhkan? Secara sederhana, yang anda butuhkan mungkin hanya sebuah smartphone dan WIFI kampus. Cukup dengan smartphone biasa yang bisa merekam video, anda bisa memulai usaha ini. Yang penting adalah kreatifitas anda dalam menciptakan suatu tontonan yang menarik, apalagi kalau bermanfaat.

Baca juga: 69 Cara Mendaatkan Uang dari Internet

Menjadi influencer

Hari-hari ini, hampir semua orang memiliki sosial media. Setiap orang setiap harinya selalu mengakses sosial media, baik itu facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya. Banyak orang membuka sosial media untuk mengupload foto-foto selfinya. Sebagian lain membuka sosial media untuk mencari informasi atau berbelanja. Perilaku belanja online ini merupakan peluang usaha yang relatif menjanjikan jika anda mau bekerja keras.

Bagaimana caranya? Social media yang paling berpengaruh saat ini adalah Instagram. Anda bisa membuat suatu akun instagram, kemudian isi akun tersebut dengan berbagai foto berkualitas yang menarik dan mungkin akan disenangi banyak orang. Jika telah mencapai setidaknya 10ribu pengikut, anda bisa menawarkan kerjasama promosi ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan layanan promosi.

Membuka stand makanan kaki lima

Istilah pop-up disini bisa kita sebut sebagai pedagang kaki lima. Tidak perlu membuka stand sepanjang hari, tapi cukup pada event-event tertentu saat ada keramaian. Anda bisa berjualan es di hari minggu di tempat yang banyak orang berolah raga. Saat hari wisuda dikampus anda, anda bisa mendirikan stand untuk berjualan air minum.

Tidak hanya wisuda, saat ada keramaian di kampus, anda bisa meraup rupiah yang relatif banyak dalam waktu yang singkat. Seorang mahasiswa pernah bercerita bahwa berjualan minuman dengan modal 50 ribu, dia mendapatkan uang lebih dari 200ribu rupiah dalam tiga jam. Mungkin terdengar kecil, tapi untuk seorang mahasiswa jelata, uang tersebut terasa sangat berarti.

Baca juga: Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Selain apa yang disampaikan diatas, ada masih banyak cara-cara untuk memulai usaha mandiri dengan modal yang kecil. Hal terpenting yang perlu diingat adalah tidak ada usaha yang instan, semua yang kita inginkan harus kita kerja dengan sungguh-sungguh.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger