logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

7 Tanda Anda Bermental Kuat

Apa yang menjadikan orang kuat itu kuat? Dengan kata lain, bagaimana beberapa orang dapat melalui situasi yang begitu buruk dan masih menemukan cara untuk menemukan kemampuan yang diperlukan untuk berkembang dalam diri mereka sendiri?

Artikel ini adalah buah dari pengalaman bertahun-tahun dan akumulasi pengetahuan. Disini kita akan mengeksplorasi 7 tanda bahwa Anda adalah orang yang kuat secara mental dan bagaimana menjadi lebih kuat secara mental.

Tapi pertama-tama, mari selami manfaat sebenarnya dari menjadi kuat secara mental – mungkin ini akan mengejutkan Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Tapi itu belum semuanya, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa ketakutan dan kecemasan sebenarnya dapat meningkatkan sensasi rasa sakit!

Ini sangat berbahaya dalam kasus-kasus kondisi yang mengancam jiwa seperti kanker. Ini berarti bahwa pikiran kita memainkan peran besar dalam proses penyembuhan. Menjadi lemah secara mental dapat benar-benar membunuh Anda.

Tak perlu dikatakan, menjadi kuat secara mental juga penting selama masa-masa sulit. Kecenderungan orang untuk bunuh diri berasal dari fakta bahwa mereka tidak bisa menahan rasa sakit yang mereka alami secara emosional.

Image by Gordon Johnson from Pixabay

7 Tanda Anda Adalah Orang Yang Kuat Secara Mental

Di bawah ini adalah 7 tanda yang menunjukkan jika Anda orang yang kuat secara mental. Namun, jika Anda menemukan bahwa Anda tidak termasuk kuat- jangan khawatir. Kita juga akan berbagi dengan Anda bagaimana menjadi kuat secara mental nanti.

1 - Kapasitas Untuk Menahan Rasa Sakit Fisik

 Kemampuan Anda untuk menahan rasa sakit fisik adalah indikator yang baik untuk mengetahui apakah Anda orang yang kuat secara mental atau tidak.
Jika Anda aktif berolahraga, Anda harus tahu betapa sulitnya untuk mendorong diri sendiri untuk melakukan push-up ekstra atau berlari lebih jauh. Sebelum menjadi batasan fisik, batasannya adalah mental.
Berapa jauh Anda bisa mendorong diri sendiri sebelum menyerah? Siapa yang menyerah pertama - tubuh Anda atau pikiran Anda? Itulah perbedaan pertama antara orang yang kuat secara mental dan orang yang lemah mental.

2 - Jangan Pernah Menyerah Dalam Kesulitan

 Orang yang lemah mental menyerah ketika menjadi sulit. Orang-orang ini biasanya adalah orang-orang yang menyerah saat keadaan menjadi tidak nyaman - misalnya ketika belajar suatu keterampilan. Mereka biasanya mencoba-coba dan tidak pernah menguasainya.

Menguasai keterampilan - seperti bermain piano, menggambar, belajar bahasa baru, dll. - biasanya merupakan indikator yang baik bahwa Anda adalah orang yang tangguh karena Anda melewati kesulitan emosional, frustrasi karena tidak terampil tetapi masih tetap maju dan berusaha.

Tentu saja, ujian sebenarnya adalah ketika hidup melempar tantangan pada Anda. Apakah Anda menyerah dan merasa putus asa atau terus berjalan?

3 - Keyakinan akan Kemampuan Untuk Sukses

 Orang yang kuat memiliki kepercayaan pada kemampuan mereka untuk berhasil tidak peduli apa yang terjadi. Secara internal, mereka tahu bahwa bahkan jika tantangan terburuk muncul, mereka akan mengatasinya.

Keyakinan ini biasanya berasal dari pengalaman masa lalu yang sulit yang telah mereka taklukkan dengan sukses dan yang membuat mereka lebih tangguh.

4 - Kapasitas Untuk Menunda Gratifikasi Instan

 Kesabaran adalah faktor besar yang berkontribusi untuk menjadi kuat secara mental. Apakah Anda memiliki kapasitas mental untuk menunggu dan fokus pada jangka panjang atau apakah Anda tipe orang yang tidak sabar?

Yang benar adalah bahwa di dunia saat ini, kesabaran menjadi sangat sulit untuk dikembangkan. Internet telah membuat kita menerima apa pun yang mungkin kita inginkan hanya dalam beberapa menit.

Tetapi orang yang kuat secara mental akan mengatasi semua itu. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat menikmati kepuasan instan - tetapi Anda tidak kehilangan kemampuan untuk bersabar.

5 - Tetapkan Batas Yang Jelas Untuk Orang-Orang Di Sekitar

Meskipun mungkin tampak sebaliknya, bersikap terlalu toleran dan menahan rasa sakit yang ditimbulkan oleh orang lain tidak menunjukkan anda kuat secara mental. Membiarkan orang lain menginjak Anda adalah tanda kelemahan. (Ada garis tipis antara menjadi toleran dan menjadi lemah.)

Apakah Anda benar-benar dapat menetapkan batasan kepada orang-orang di sekitar Anda dan memberi tahu mereka bahwa ada hal-hal yang tidak akan Anda maafkan?

6 - Dapat Membuat Keputusan yang Sulit

Tidak ada yang suka membuat keputusan sulit. Lebih buruk dari itu, tidak ada yang suka bertanggung jawab atas keputusan yang salah. Namun terlepas dari ini, orang yang tangguh tidak ragu untuk membuat pilihan sulit dan tetap mengambil seluruh tanggung jawab karena kesalahan.

Mengalihkan tanggung jawab dan menyalahkan orang lain itu mudah; itulah yang dilakukan orang lemah. Tetapi menyalahkan diri sendiri membutuhkan kekuatan batin dan persepsi yang benar tentang kenyataan.

7 - Konsisten Dengan Kebiasaan

Mengembangkan kebiasaan adalah keterampilan yang jauh dari mudah untuk dikuasai. Apakah Anda dapat mendisiplinkan diri sendiri untuk melakukan apa pun yang terasa menyakitkan tetapi baik untuk Anda?

Jika ya, maka itu adalah indikator yang baik bahwa Anda adalah orang yang kuat secara mental!
Jika anda merasa indikator-indikator diatas masih belum atau anda ingin meningkatkan kekuatan mental anda saat ini, beberapa latihan Meningkatkan Kekuatan Mental mungkin bisa anda terapkan.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger