logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Mudah Meningkatkan Semangat Belajar

Selamat! Anda baru saja mengambil langkah pertama dalam mempelajari cara memotivasi diri sendiri untuk belajar. Kami tahu betapa sulitnya mengetikkan kalimat itu di Google, tapi untungnya, upaya itu membawa anda ke sini.



Sebelumnya, Kita semua mungkin sudah berkali-kali mencoba untuk memotivasi diri untuk belajar, namun kenyataannya tidak pernah semudah ini. Menemukan motivasi untuk belajar ketika Anda sedang tidak dalam mood itu sulit. Ada sejuta dan satu hal yang Anda lebih suka lakukan dengan waktu luang yang Anda miliki, tetapi Anda tahu bahwa Anda memiliki tugas yang harus diselesaikan dan waktu ujian Anda terus mendekat.

Jadi apa yang harus kamu lakukan?

Sebagai permulaan, Anda bisa mulai dengan menyelesaikan membaca artikel ini dan kemudian, ambil buku teks dan pena Anda dan berhenti mencari-cari alasan, karena setelah membaca ini, Anda akan memiliki semua motivasi belajar yang Anda perlukan untuk memulai. .

Break down Materi Belajar Anda

Oke, buka buku Anda, ambil pena stabilo Anda dan mulai membaca. Kedengarannya sederhana, bukan? Ya, hanya itu yang diperlukan untuk mulai belajar. Yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke kerangka berpikir yang benar. Daripada memikirkan belajar Anda sebagai keseluruhan tugas, anggap itu sebagai serangkaian tugas kecil yang ketika selesai, akan memungkinkan Anda untuk menghabiskan waktu Anda sesuka hati.

'Rahasia untuk mengawali adalah memulai'.

Saat Anda mulai menyelesaikan semua tugas yang lebih kecil di daftar Anda, Anda akan mulai merasa seperti Anda membuat kemajuan, yang tidak hanya membuat waktu berlalu lebih cepat, tetapi membantu Anda menyimpan informasi dengan lebih baik.

Saat Anda mulai menandai semua tugas itu, motivasi Anda untuk belajar akan meningkat secara bertahap ketika garis finish mulai semakin dekat dan semakin dekat ... semakin dekat hingga Anda selesai. Dan ada banyak teknik belajar yang dapat memudahkan Anda.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Kemampuan Otak

Metode Egg Timer 

Ini adalah salah satu cara favorit kami untuk mendapatkan motivasi karena ini adalah salah satu cara yang paling efektif. Setelah Anda memiliki semua bahan belajar Anda siap untuk memulai, tentukan sendiri periode waktu tertentu yang akan Anda gunakan untuk belajar tanpa berhenti. Kami menyarankan Anda mengatur periode dua puluh menit karena penelitian telah menunjukkan bahwa rata-rata orang dewasa dapat mempertahankan tingkat konsentrasi mereka selama maksimal dua puluh menit.
‘Jangan lakukan besok apa yang dapat Anda lakukan hari ini. Penundaan adalah pencuri waktu '.
Selanjutnya, Anda perlu menggunakan pengatur waktu Anda (stopwatch atau ponsel) dan atur waktunya selama dua puluh menit untuk belajar.

Anda akan kagum dengan berapa banyak yang bisa Anda raih ketika Anda benar-benar fokus pada satu hal untuk jangka waktu tertentu. Jika metode ini bekerja untuk Anda, maka ambil jeda 5 - 10 menit antara setiap periode dua puluh menit dan sebelum Anda menyadarinya, Anda akan mendedikasikan satu jam penuh untuk belajar.

Baca juga: 10 Tips Membaca Lebih Cepat

Fokus, Hilangkan semua Gangguan yang Mungkin

Gangguan terhadap fokus dalam belajar bisa datang dari dalam diri sendiri dan dari lingkungan. Gangguan dari diri sendiri bisa datang dalam bentuk pikiran-pikiran tentang tugas lain yang harus diselesaikan. Selanjutnya kita menjadi tergoda untuk melakukan beberapa hal dalam satu waktu. Belajar bukanlah hal yang bisa dilakukan secara multitasking, walaupun mungkin ada beberapa orang yang bisa melakukannya. Apapun alasannya, hindari melakukan multitasking.

Untuk menghindari gangguan fokus karena tugas lain, anda bisa membuat daftar tugas (task list) yang harus dilakukan. Daftar tersebut setidaknya bisa menampung pikiran-pikiran yang berkecamuk di otak dan menggerogoti semangat belajar anda. Daftar tersebut juga dapat membuat otak merasa lebih tenang. Otak yang lebih tenang akan lebih efektif mengerjakan tugas2 anda.

Ketika anda bersiap untuk belajar, lingkungan Anda sama pentingnya dengan pola pikir Anda. Anda mungkin memiliki niat untuk mendapatkan waktu belajar, tetapi jika Anda dikelilingi oleh rumah yang penuh dengan gangguan, Anda tidak akan membuat kemajuan dengan cepat.

Terkait dengan gangguan fokus dari faktor lingkungan. Kami sarankan untuk mencari sebuah ruangan di rumah, di perpustakaan, kafe atau di sekolah yang terhindar dari berbagai keributan yang bisa mengganggu. Jika Anda di rumah, cabut TV dan radio. Jika Anda di sekolah, tinggalkan ponsel Anda di tas Anda dan jangan melihatnya. Jika Anda berada di kafe atau perpustakaan, pilih tempat duduk yang menghadap jauh dari orang, jadi Anda tidak akan tergoda untuk mulai menonton orang ketika perhatian Anda menurun.

Baca juga: 10 Tips Meningkatkan Efektifitas Belajar

Pahami Gaya Belajar Anda

Cobalah untuk memahami gaya belajar Anda dengan lebih baik. Apa yang akan memudahkan Anda untuk memahami bahan yang anda pelajari? Kita semua rentan terhadap pengalaman yang kurang menyenangkan dan adalah hal yang wajar jika kita cenderung menghindari tugas yang kurang nyaman.

Jadi cobalah membuat pengalaman belajar Anda semenarik mungkin, coba ingat-ingat pengalaman belajar anda sebelumnya, adakah yang membuatnya menjadi sangat menyenangkan sehingga anda ingin terus belajar?

Baca juga: 10 Hobi yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan

Jangan Membandingkan diri Sendiri Dengan Orang Lain

Setiap orang punya jalannya masing-masing, jangan sekali-kali membandingkan jalan anda dengan orang lain. Umumnya akan lebih banyak kekecewaan yang datang.

Membandingkan diri sendiri umumnya akan memberikan anda dua kemungkinan, yang pertama anda bisa menjadi orang yang sombong karena memandang rendah orang lain, yang kedua adalah anda menjadi rendah diri karena merasa tidak bisa sehebat orang lain. Keduanya bukanlah hal yang bagus. Fokuslah kepada diri sendiri, anda hanya perlu memastikan apa yang anda lakukan hari ini untuk belajar lebih baik dari hari kemarin.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Stress Mahasiswa

Komunikasikan kepada orang lain

Mengomunikasikannya bukan berarti jadi anda membandingkan diri sendiri dengan orang lain. membantu Anda untuk melihat sudut pandang lain. Tetapi lebih kepada melihat masalah motivasi dari sudut pandang lain atau mencari alternatif berbeda untuk memacu semangat belajar atau untuk mendapatkan metode belajar baru yang mungkin lebih cocok untuk anda. Komunikasi/ eksternalisasi dapat membantu Anda berkomitmen dengan tujuan yang telah anda tetapkan.

Baca juga: Prospek Jurusan Ilmu Komunikasi

Tetapkan Reward untuk Diri Sendiri

Salah satu motivator terbesar untuk belajar (atau melakukan apa pun) adalah hadiah. Sebelum Anda duduk untuk belajar, putuskan bagaimana Anda akan memberikan penghargaan kepada diri sendiri setelah selesai melakukannya. Mungkin Anda akan memanjakan diri Anda dengan menonton satu episode acara Netflix favorit Anda, atau mungkin Anda akan mengatur jadwal untuk bertemu teman-teman Anda.
‘Setahun dari sekarang, Anda pasti berharap sudah memulainya hari ini’.
Apa pun hadiah yang Anda pilih, pastikan hadiahnya cukup besar untuk memotivasi Anda agar bisa segera mulai belajar. Untuk memberi diri Anda dorongan motivasi ekstra, tutup mata Anda dan visualisasikan diri Anda menikmati hadiah Anda, bawa diri Anda ke dalam momen itu dan bayangkan betapa nyamannya perasaan Anda setelah Anda selesai belajar.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan motivasi belajar anda. Sebagai penutup, renungkanlah nasihat dari Imam Syafii,
Jika tak sanggup menahan lelahnya belajar
Bersiaplah menahan perihnya kebodohan - Imam Syafii 
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger