logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Perbedaan Jurusan Kimia Murni dan Teknik Kimia

Beda Jurusan Kimia Murni dan Teknik Kimia

Meskipun mungkin ada overlap antara Jurusan Kimia dan Jurusan Teknik Kimia, kuliah yang yang akan Anda ambil dan pekerjaan akan relatif sangat berbeda. Berikut adalah apa yang akan di pelajari oleh mahasiswa jurusan kimia dan jurusan teknik kimia.

Perbedaan besar antara kimia dan teknik kimia berhubungan dengan originalitas dan skala. Kimia kebanyakan berurusan dengan pencarian material baru atau pemrosesan, sedangkan teknik kimia memanfaatkan material yang baru didapatkan tersebut dan prosesnya untuk ditingkatkan skalanya atau menemukan cara yang lebih efisien.

Kimia

Lulusan jurusan Kimia biasanya  mendapatkan gelar Sarjana Sains. Banyak dari lulusan kimia tersebut mengejar gelar yang lebih tinggi (master atau doktor) dalam bidang yang lebih spesifik. Kuliah di Jurusan Kimia, biasanya mahasiswa mengambil mata kuliah semua cabang kimia mayor, fisika umum, matematika (kalkulus dan mungkin persamaan differensial), dan mungkin juga mengambil sains komputer atau pemrograman (sangat tergantung perguruan tinggi bersangkutan), mata kuliah terkait biologi biasanya berhubungan dengan Bioteknologi. Bahkan mungkin mengambil mata kuliah dengan core humanities.

Sarjana Kimia bekerja dalam laboratorium. Terkait Lapangan Kerja Jurusan Kimialulusan jurusan kimia murni mungkin bekerja untuk bagian Research and Development (R&D) atau melakukan analisis sample. Master Kimia biasanya melakukan pekerjaan yang sama, dan mungkin mereka bisa menjadi supervisor penelitian. Doktor Kimia melakukan atau menjadi pengarah penelitian atau mereka mungkin mejadi pengajar kimia pada program sarjana atau master. Kebanyakan lulusan kimia mengejar titel yang lebih tinggi dan mungkin magang di perusahaan sebelum bergabung. Biasanya agak sulit mendapatkan posisi kerja yang bagus jika hanya dengan titel sarjana daripada dengan pelatihan yang  spesifik dan pengalaman yang dikumpulkan selama kuliah master.

Teknik Kimia

Kebanyakan pekerja teknik kimia bekerja dengan titel sarjana teknik kimia. Master cukup populer, sedangkan doktoral cukup jarang jika dibandingkan dengan Kimia Murni. Seorang sarjanan teknik kimia biasanya harus mengikuti test untuk mendapatkan lisensi profesional, mereka mungkin akan melanjutkan untuk menjadi teknisi kimia profesional.

Kuliah yang diambil mahasiswa teknik kimia biasanya  adalah kuliah yang hampir sama dengan jurusan kimia murni, ditambah dengan kuliah teknik dan matematika. Kuliah matematika tambahan dapat mencakup namun tidak terbatas pada persamaan diferensial, aljabar linear, dan statistik. Sedangkan kuliah teknik yang umum adalah dinamika fluida, transfer massa, desain reaktor, termodinamika, dan desain proses. Teknik kimia mungkin lebih sedikit mengambil kuliah inti, tapi tetap mengambil pendukung seperti etika, ekonomi, dan kelas bisnis.

Lulusan teknik kimia biasanya bekerja dalam tim R&D, teknik pemrosesan tanaman, project teknik, atau manajemen. Pekerjaan lulusan teknik kimia pada level sarjana atau mater biasanya, walaupun master mungkin akan lebih banyak di bidang manajemen. Kebanyakan mereka memulai perusahaan baru.

Sumber: chemistry.about.com
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger