logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pendidikan Tinggi Lanjutan (S1, S2, S3)

pendidikan tinggi lanjutan dengan program s1 - s2 - s3

Umumnya sarjana di Indonesia akan langsung mencari kerja agar bisa langsung menghasilkan pendapatan sendiri. Bagaimana dengan teman-teman? Pernahkah terpikir untuk melanjutkan study dan menjadi lebih ahli dalam suatu bidang? Misalnya mengikuti kursus atau mengambil program pascasarjana/S2/master/magister? Berikut ini adalah semua yang perlu kamu tahu tentang pendidikan tinggi lanjutan.

Mungkin tampak aneh bagi sebagian orang, tetapi dengan perkembangan berbagai macam profesi dan kebutuhan dunia kerja, melanjutkan pendidikan untuk menjadi lebih expert dalam suatu bidang menjadi hal yang sangat masuk akal. Disini kita akan membicarakan program pendidikan yang kita sebut saja sebagai pendidikan tinggi lanjutan, yaitu program-program pendidikan baik formal maupun kursus.

Sampai disini mungkin mulai banyak yang bertanya, apa yang dimaksud pendidikan tinggi lanjutan?
Disini kita akan mencoba menjawab:
  • Apa itu pendidikan lanjutan?
  • Apa saja kursus pendidikan lanjutan yang bisa  lakukan?
  • Apa itu pendidikan tinggi?
  • Apa kualifikasi pendidikan tinggi?
  • Apa itu pendidikan lanjutan?

Pendidikan Lanjutan

Baik. Mari kita mulai dengan apa yang dimaksud pendidikan lanjutan? Pada dasarnya itulah istilah yang diberikan untuk pendidikan setelah SMA yang bukan merupakan gelar sarjana atau pascasarjana. Itulah yang Teman-teman pelajari setelah usia 16 tahun, tapi biasanya tidak di universitas.

Apa saja kursus pendidikan lanjutan yang bisa teman-teman lakukan?

Ada sejumlah besar kursus pendidikan lanjutan yang bisa  lakukan. Misalnya mengikuti kursus menjahit, kursus desain pakaian, kursus reparasi mesin, kursus memasak, kursus desain grafis dan lainnya. Kursus-kursus seperti ini bisa  ambil di lembaga-lembaga pendidikan milik pemerintah seperti Balai Latihan Kerja dan Industri (BLKI) atau swasta yang bisa  temukan di kota masing-masing. dapat mengikuti kursus tingkat 2 dan 3 untuk mengambil spesialisasi dalam pekerjaan teknis tertentu, kursus ini bisa dalam bentuk kursus paruh waktu atau cukup singkat.

Apa itu pendidikan tinggi?

Secara umum, pendidikan tinggi adalah istilah yang digunakan saat kita berbicara tentang pendidikan di universitas atau perguruan tinggi. Teman-teman biasanya harus berusia 18 atau lebih untuk menempuh pendidikan tinggi.

Apa kualifikasi pendidikan tinggi?

Di sini kita akan menjalani semua kualifikasi pendidikan tinggi yang terbuka untuk Teman-teman. Mereka masuk dalam dua kategori: sarjana dan pascasarjana.

Apa kualifikasi pendidikan tinggi di tingkat sarjana?

Kualifikasi yang paling umum adalah untuk pendidikan tinggi sarjana:

Sarjana

Gelar sarjana mungkin merupakan kualifikasi pendidikan tinggi yang paling umum kita dengar. Mereka juga dikenal sebagai gelar sarjana, diluar negeri umumnya disebut sebagai undergraduate.
 Gelar sarjana biasanya memakan waktu tiga atau empat tahun untuk menyelesaikannya, dan fokusnya biasanya memberi kan lteman-temansan akademis dalam topik apa pun yang sedang Teman-teman pelajari. Bergantung pada kursus, Teman-teman akan belajar ceramah dan seminar - serta beberapa pengalaman praktis.

Ada ribuan jurusan kuliah di dunia ini - pada dasarnya jurusan ini adalah jurusan apapun yang Teman-teman bisa bayangkan, mulai dari pembuatan kopi hingga pengoperasian kapal pesiar (inilah 15 program gelar universitas yang tidak biasa yang tidak Teman-teman ketahui ada).
Catatan penting! Universitas bukanlah satu-satunya jalan untuk mendapatkan pekerjaan impian teman-teman.

Pendidikan Profesi 

Pendidikan profesi  saat ini semakin telah menjadi persyaratan yang umum di berbagai profesi.
Pendidikan profesi bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik dengan keahlian khusus sesuai dengan profesi yang dijalaninya. Umumnya Pendidikan profesi diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi. Setelah selesai menjalani pendidikan profesinya, lulusan pendidikan ini akan mendapatkan gelar tambahan di belakang namanya. Beberapa contoh pendidikan koperasi ini misalnya Akuntan (Ak.), Konsultan Pajak (B.K.P), Apoteker (Apt.), Dokter (dr.), Dokter gigi (drg.), Dokter hewan (drh.), Perawat (Ners), Psikolog (Psi.), Fisioterapi (Physio.).

Sertifikasi profesi

Sertifikasi Kerja adalah pemberian sertifikasi kompetensi kepada seseorang yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang mengacu kepada standar kompetensi kerja nasional Indonesia/dan atau internasional. Dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/atau keahlian serta sikap kerja. Penilai dari sertifikasi ini umumnya adalah asosiasi-asosiasi profesi yang ada di Indonesia.

Sertifikasi profesi misalnya Sertifikasi Profesi Kesehatan dan Keselamatan Kerja Konstruksi (LSP K3K) dari Asosiasi Ahli K3 Konstruksi (A2K4) dan Sertifikasi Arsitek Lanskap dari Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI).

Apa kualifikasi pendidikan tinggi di tingkat pascasarjana?

Kursus ini biasanya dilakukan setelah kita menyelesaikan program dan mendapatkan gelar sarjana. Pendidikan ini terdiri dari:

Pendidikan S2 dengan Gelar Master

Mengambil gelar master Teman-teman akan melakukan penelitian lebih mendalam dalam bidang yang diambil. Proses pendidikan master akan lebih banyak dilakukan dengan belajar mandiri dan diskusi-diskusi . Orang-orang yang menyelesaikan pendidikan S2 dengan gelar master akan lebih diakui kapasitasnya dalam bidang yang dia geluti. Umumnya pendidikan S2/master/magister membutuhkan waktu selama 2-4 tahun.

Diploma Pascasarjana

Pendidikan ini setingkat dibawah gelar Master, dan kualifikasi juga mandiri. Jadi jika Teman-teman tidak ingin mendapatkan gelar Master penuh, Teman-teman bisa melakukan kualifikasi yang lebih pendek ini. Namun diploma pascasarjana umumnya terdapat di lembaga pendidikan di luar negeri.

Doktor (PhD)

Doktor dianggap sebagai tingkat akademis  tertinggi dalam dunia pendidikan. Dalam pendidikan ini mahasiswa mengerjakan inisiatif yang mereka banguun sendiri dalam bentuk penelitian mandiri, sebagian universitas juga memasukkan kuliah kelas.  Butuh waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan gelar Doktor, antara 4 sampai 7 tahun.
Baca juga: Jurusan Kuliah 10 Orang Terkaya di Dunia
Kredit gambar: www.pixabay.com
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger