logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Prospek Lapangan Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi

Dalam beberapa dasawarsa ini, media komunikasi khususnya media komunikasi massa seperti TV, radio, koran, majalah, tabloid mengalami perkembangan yang sangat signifikan, hal ini diikuti pula dengan perkembangan bidang lain seperti advertising, broadcasting dan jurnalistik. Bidang-bidang tersebut merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ilmu komunikasi.

Perkuliahan

Ilmu Komunikasi di perguruan tinggi biasanya dipelajari di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Beberapa pengecualian, di IPB terdapat jurusan Prodi Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, sedangkan di Universitas Padjadjaran Ilmu Komunikasi sudah menjadi fakultas sendiri.  Di beberapa peruguruan tinggi negeri, jurusan ini termasuk jurusan dengan angka peminat tertinggi.
Apa yang dipelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi ini?
Pada semester-semester awal, mata kuliah yang didapat oleh mahasiswa biasanya adalah ilmu-ilmu pengantar seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Pengantar Ilmu Politik, dan Ilmu-ilmu sosial seperti  sosiologi, antropologi, dan filsafat. Di sini kita juga belajar tentang ilmu penulisan, jadi yang merasa kurang pandai dalam menulis tidak perlu khawatir karena semua mahasiswa akan bersama-sama belajar.

Pada semester yang lebih tinggi, mahasiwa akan mengambil beberapa konsentrasi bidang. Khusus di Universitas Gadjah Mada, dibagi menjadi dua konsentrasi, yaitu Strategis dan Media. Bidang strategis mengarah ke bidang public relation (humas) dan periklanan. Sedangkan media mengarah ke bidang media publik seperti tv, radio (broadcasting), jurnalistik, film. Di Universitas Indonesia, peminatan dibagi kedalam lima konsentrasi, yaitu public relation (humas), komunikasi media, jurnalistik, penyiaran, dan periklanan. Tapi secara garis besar yang dipelajari sama.

Pada semester-semester selanjutnya, mata kuliah yang diambil semakin menantang, misalnya sinematografi, filmologi, public speaking, radio, dsb.

Sistem perkuliahan di Jurusan Ilmu Komunikasi lebih banyak melibatkan analisis, penggunaan logika, keterampilan komunikasi, wawasan umum, dan materi biasanya disampaikan dalam bentuk diskusi-diskusi.

Lulusan jurusan Ilmu Komunikasi akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Politik ( S.I.P.).

Prospek Lapangan Kerja

Peluang kerja lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi sangat luas, beberapa peluang kerja tersebut misalnya public relations, jurnalis, advertising, dsb yang berhubungan dengan media massa.

- Konsentrasi Manajemen Media/Manajemen Komunikasi
Pada bidang konsentrasi ini sarjana Ilmu Komunikasi dapat bekerja sebagai Pengelola media komersial dan komunitas, Manajer Produksi dan Komunikasi Pemasaran Media, Konsultan Manajemen Media Komersial dan Media Komunitas, Komunikasi Negosiasi, Komunikasi Pemasaran, Retorika dan Presentasi

- Konsentrasi Public Relations
Konsentrasi Hubungan Masyarakat merupakan salah satu konsentrasi ilmu komunikasi yang banyak dibutuhkan dalam berbagai instansi pemerintahan dan perusahaan, yakni dalam memberi informasi kepada masyarakat terhadap kegiatan instansi atau perusahaan tersebut. Konsentrasi  Humas membekali para peminatnya dengan kemampuan keprotokolan, pemasaran jasa, media, komunikasi grafis kehumasan, praktek humas, dan lain sebagainya.
Dalam konsentrasi ini sarjana IK dapat bekerja sebagai Public Relation Officer, di Instansi pemerintahan, perusahaan swasta, media massa dan institusi/organisasi profesional, Media Relation Officer atau juru bicara instansi, pemerintah,perusahaan swasta, media massa dan
institusi/organisasi profesional, Analisis media/perencana media (Media Planner).

- Konsentrasi Jurnalistik
Konsentrasi Jurnalistik banyak membahas mengenai kegiatan pertelevisian dan media massa lainnya. Mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan reportase, manajemen dan penyajian berita, manajemen media massa, teknik pencarian dan pengolahan berita, produksi siaran radio, fotografi, dan lain sebagainya. Dalam konsentrasi ini lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja sebagai Wartawan surat kabar, majalah, tabloid, radio, televisi, dan media online, Editor berita surat kabar, majalah, tabloid, televisi, radio dan media online, Presenter, Kameramen, Script Writer program di televisi, radio dan agen promosi kehumasan.
Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Kuliah Jurnalistik

- Konsentrasi Broadcasting
Pada Konsentrasi ini lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja sebagai Penyiar radio/televisi, Konsultan multimedia, Selebritis: Sutradara, pembuat film, artis.

Kesimpulannya, bidang ilmu komunikasi merupakan bidang yang sangat menarik, terutama bagi orang-orang yang senang untuk berinteraksi dengan orang lain. Lapangan pekerjaan lulusan jurusan ilmu komunikasi juga sangat luas, sehingga dengan usaha untuk belajar dengan keras tidak akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger