logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Prospek Lapangan Kerja Jurusan Teknologi Hasil Hutan





Teknologi Hasil Hutan

Hutan adalah salah satu isu paling menyedihkan di Indonesia, saat ini tidak banyak hutan yang tersisa di Indonesia. Sebagian besar wilayah hutan di Indonesia telah di konversi menjadi pemukiman, lahan pertanian dan perkebunan. Kondisi demikian menjadikan jurusan kehutanan dianggap tidak memiliki masa depan yang jelas. Jika kita ingin berpikir positif, masala-masalah tersebut adalah peluang bagi banyak generasi muda untuk mencari solusi kreatif dan efektif untuk melestarikan hutan. Teknologi Hasil Hutan (THH) adalah salah satu subbidang dari kehutanan yang dapat menjadi salah satu solusi atas masalah kehutanan di Indonesia.

Pengembangan teknologi hasil hutan diharapkan dapat memberikan solusi atas pengelolaa hasil hutan yang lebih baik secara ekonomi dan lingkungan. Pengembangan tersebu dapat dilakukan melalui pengembangan teknologi-teknologi baru yang dapat mengolah hasil hutan kayu dan non kayu menjadi produk yang lebih bernilai tinggi.

Seorang ahli teknologi hasil hutan diharuskan mampu memahami konsep-konsep pemanfaatan hasil hutan secara efisien dan berwawasan lingkungan dan mampu meneerapkan konsep tersebut dalam praktek pemanfaatan hasil hutan baik kayu maupun non-kayu.
Teknologi hasil hutan merupakan pekerjaan yang beragam yang memerlukan penerapan berbagai kombinasi pengetahuan ilmiah, keterampilan, dan kemampuan berasal dari ilmu biologi, fisik, dan matematika dan teknik.

Perkuliahan

Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Hutan akan mempelajari berbagai umum seperti Bahasa Indonesia, Agama dan Kewarganegaraan. Untuk bidang eksakta akan dipelajari bidang eksakta dasar seperti biologi, kimia, fisika, dan matematika kualifikasi serta penerapan bidang-bidang tersebut.

Berkaitan dengan bidang kehutanan, mahasiswa akan mempelajari teknologi dan pemanfaatan kayu, dan rekayasa teknologi dan pemanfaatan kayu.
Berhubungan dengan tumbuhan, mahasiswa jurusan Teknologi Hasil Hutan akan mempelajari botani yang menekankan pada aspek dasar dari ilmu tumbuhan seperti anatomi kayu, morfologi kayu, dan sifat-sifat dasar kayu.

Mahasiswa THH juga akan mempelajari teknik rekayasa dasar, atau yang diarahkan pada mekanika bahan, atau properti dan pemanfaatan bahan. Program pada serangga hutan, hutan patologi, statika, kinematika, atau mekanika bahan.

Mahasiswa tingkat lanjut dapat memilih bidang peminatan seperti pengolahan hasil hutan, pengelolaan sumber daya hutan berasaskan kelestarian dan wawasan lingkungan, pemecahan masalah kehutanan dengan pendekatan ilmiah, identifikasi sifat-sifat dasar jasil hutan untuk berbagai penggunaan. Mahasiswa teknologi hasil hutan juga dapat memilih peminatan pengolahan hasil hutan kayu dan non-kayu secara mekanis dan kimia untuk peningkatan efisiensi proses dan nilai tambah, keteknikan kayu untuk bahan bangunan dan penggunaan lain, peningkatan mutu produk hasil hutan, serta analisis institusi dan kebijakan pemanfaatan potensi hutan.

Prospek Lapangan Kerja

Pegawai Negeri Sipil
Lulusan jurusan teknologi hasil hutan dapat bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) diberbagai institusi pemerintahan yang berhubungan dengan kehutanan, yaitu kementrian kehutanan, kementrian pertanian, kementrian keuangan dan kementrian pendidikan.

BUMN dan Swasta
Pemerintah  memiliki BUMN yang bergerak di bidang kehutanan seperti Perhutani dan Inhutani juga membutuhkan lulusan THH. Di sektor swasta lulusan jurusan teknologi hasil hutan dapat bekerja di perusahaa-perusahaan HPH, HPHTI, industri pengolahan kayu yang meliputi industri kayu lapis, industri pulp and paper (kertas), industri papa partikel, papan serat, industri pemotongan kayu, industri moulding dan komponen bahan bangunan, meubel dan furniture, wood working, industri pengeringan kayu, pengawetan kayu.

Pendidik
Sarjana teknologi hasil hutan juga dapat menjadi dosen di perguruan tinggi atau peneliti di lembaga penelitian pemerintah. Lulusan THH bisa masuk ke dalam bidang perbankan karena kemampuannya dalam bidang eksakta.

Bidang lain yang relatif banyak digeluti lulusan jurusan kehutanan adalah aktifis lsm, konsultan, wartawan atau wiraswasta mandiri.

Demikianlah sedikit gambaran tentang perkuliahan dan prospek lapangan kerja jurusan teknologi hasil hutan Fakultas Kehutanan, semoga bisa memberi sedikit pencerahan buat rekan-rekan yang sedang bingung menentukan pilihan jurusan kuliah.
Baca juga:
Prospek Kerja Lulusan Fakultas Kehutanan
Prospek Kerja Lulusan Jurusan Manajemen Hutan

Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger