logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kenapa Kamu Cocok untuk Belajar (Kuliah) di Juruan Biologi

Ilmuan Biologi dan Mikroskop (Pixabay.com)
Biologi adalah bidang ilmu yang sangat luas, mencakup semua ilmu tentang makhluk hidup dimuka bumi dan relasinya dengan lingkungan. Bagi orang yang senang mempelajari makhluk hidup, belajar di jurusan kuliah merupakan sebuah pilihan yang tepat. Tapi apakah itu cukup? Disini kita akan membahas beberapa hal yang bisa  menjelaskan kenapa kamu cocok untuk kuliah di jurusan kuliah biologi.

Jurusan Biologi untuk yang Senang memelajari dan berinteraksi dengan berbagai jenis makhluk hidup

Mulai dari virus yang ultra kecil, hingga paus sepanjang belasan meter, dari dasar laut terdalam tempat monster-monster ikan yang kurang dikenal hingga puncak-puncak gunung tertinggi tempat burung-burung bersarang, dari dinginnya antartika habitat penguin hingga panasnya sahara rumah bagi kadal-kadal gurun, semua termasuk dalam kajian ilmu biologi. Ilmu Biologi menawarkan informasi yang melimpah untuk memuaskan hasrat keingintahuan kamu tentang berbagai makhluk hidup.
Mengenal berbagai jenis makhluk hidup akan menumbuhkan cinta kepada mereka, yang berarti mencintai lingkungan kita. Selanjutnya, akan tumbuh kesadaran pada kita bahwa kita perlu menjaga kelestariannya, karena kita adalah bagian dari kesatuan alam.

Jurusan Biologi untuk yang senang Bertualang di alam bebas

Memelajari berbagai jenis makhluk hidup tentu menuntut kita untuk berinteraksi dengan mereka, mengunjungi mereka di habitat aslinya adalah pilihan terbaik, karena itu anak biologi sering keluar dari kelas untuk belajar. Jika kamu senang berpetualang, jurusan biologi tidak akan mengecewakan kamu. Naik gunung untuk memelajari berbagai jenis satwa dan tumbuhan adalah hal biasa bagi mahasiswa jurusan biologi, menyelam di lautan untuk mengamati ikan dan terumbu karang adalah salah satu pilihan yang sangat menarik. Bahkan di kawasan perkotaan, mahasiswa jurusan biologi masih bisa mempelajari makhluk hidup seperti berbagai jenis burung dan serangga.

Jurusan Biologi untuk yang Prihatin dengan kondisi lingkungan

Suhu permukaan bumi setiap tahun semakin meningkat, mengancam kelestarian berbagai jenis flora dan fauna di permukaan bumi. Tidak dapat dipungkiri, sebagian kita akan merasa prihatin dengan kondisi ini. Jika kamu adalah salah satu dari orang-orang yang peduli dengan lingkungan, jurusan biologi memang untuk kamu. Di jurusan biologi kamu dapat mengasaha sensitifitasmu terhadap kondisi lingkungan dan memahaminya, selanjutnya, menyusun rencana aksi yang mungkin bisa diterapkan untuk menyelesaikan berbagai masalah lingkungan yang mengancam kelestarian makhluk hidup. Dengan kemampuan ini, tidak mengherankan jika relatif banyak mahasiswa jurusan biologi yang bekerja di lembaga penelitian dan atau lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pelestarian alam dan lingkungan hidup.

Jurusan Biologi Mengenalkan kita pada Gaya Hidup Sehat

Salah satu bahasan menarik dalam bidang biologi adalah tentang nutrisi. Meskipun tidak sedalam jurusan kuliah ilmu nutrisi, di jurusan biologi mahasiswa juga memelajari tentang nutrisi yang terdapat pada hewan dan tumbuhan dan bagaimana fungsinya terhadap tubuh kita. Bahkan dipelajari juga bagaimana proses pengolahan bahan makanan tersebut hingga menjadi nutrisi yang bisa dimanfaatkan tubuh. Pengetahuan dan pemahaman atas proses-proses ini akan sangat membantu kita dalam menjaga pola makan yang sehat.
Jurusan Biologi juga dapat memberikan pengetahuan mengenai manfaat buah dan sayuran yang berhubungan dengan pencegahan dan penyembuhan penyakit tertentu. Dengan begitu, kita akan terbiasa hidup sehat tanpa harus bergantung kepada obat-obatan.
Mikroorganisme juga merupakan salah satu bahasan dalam jurusan biologi, dalam hubungannya dengan kesehatan, mahasiswa biologi akan mempelajari tentang jenis mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh manusia. Selanjutnya kita akan mengetahui cara menghindarinya agar tidak terserang penyakit yang disebabkan mikroorganisme tersebut.

Itulah gambaran tentang alasan kenapa kamu harus kuliah di jurusan biologi, tentu alasan diatas sangat sedikit sekali dibandingkan dengan kenyataannya. Semoga info diatas bermanfaat untuk teman-teman.
Salam.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger