logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Fokus Saat Belajar

tips, fokus, belajar, kuliah,
Fokus Belajar di tempat yang Kondusif
Mempertahankan fokus adalah kemampuan yang sangat penting untuk belajar, tidak perduli apakah anda seorang pelajar atau mahasiswa. Bahkan orang yang bekerja atau bos sekalipun juga membutuhkan fokus untuk mencapai sukses.

Dengan berbagai macam hiburan yang ada saat ini, sulit bagi sebagian orang untuk fokus. Apalagi dengan semakin meledaknya penggunaan gadget-gadget canggih pada saat ini, semakin sulit bagi kita untuk fokus. Untuk anda pelajar dan mahasiswa yang sedang kesulitan berfokus, beberapa tips ini mungkin dapat membantu.

Temukan atau buat tempat yang hanya untuk belajar
Hindarkan semua hal yang dapat mengalihkan perhatian anda, terutama alat elektronik seperti televisi dan gangguan orang lain.

Hilangkan distraksi suara dan kebisingan
Sebagian orang memilik masalah dengan suara-suara bising, jika anda termasuk kelompok ini, menjauhlah dari sumber-sumber kebisingan. Jika tidak bisa, tutup pintu kamar anda, jika tidak bisa juga, mungjin anda perlu mencari tempat lain. Sebagian orang lain ada juga yang malah lebih senang belajar dengan suara musik metal, temukan cara yang tepat untuk anda, apakah yang tenang atau metal.

Tutup semua program komputer kecuali yang berhubungan dengan tugas
Seringkali kita mencari alasan untuk tidak mengerjakan tugas dengan mengerjakan sesuatu yang lain. Jika anda sedang mengerjakan tugas menulis, hentikan dulu photoshopnya, atau movie maker atau lainnya.

Buat catatan kekhawatiran
Terkadang saat belajar, muncul dalam pikiran kita tentang tugas-tugas yang belum kita kerjakan. Kekhawatiran yang timbul akan mengganggu konsentrasi kita. Untuk menghindari itu, buatlah catatan daftar hal-hal tersebut. Anda akan merasa lebih tenang karena masalah tersebut sudah menemukan tempatnya. Sementara anda belajar, biarkan masalah itu di kertas catatan kekhawatiran, dan fokus anda pada tugas yang sedang dikerjakan.

Bagi waktu dengan kegiatan lain
Jangan mencampur satu kegiatan dengan kegiatan lain. Jangan buka facebook atau Google Plus saat sedang mengerjakan tugas. Saaat anda teralihkan, otak akan membutuhkan waktu (semacam pemanasan) lagi untuk kembali ke tugas. Menghindari hal lain saat belajar akan sangat efektif dan efisien, mencampur kegiatan akan sangat memakan waktu dan lebih memberatkan pikiran.
Lihatlah komputer saat terlalu banyak program yang dibuka. Jika Anda membuka blog ini saat belajar, maka segeralah tutup. Lanjutkan belajar.

Demikianlah tips tentang menjaga fokus saat belajar ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Selamat berakhir pekan.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

Kalo lagi belajar pasti tergiur buat buka laptop

Balas

belajarnya pakai komputer aja mas... tapi jangan buka fb... :) ngeblog masih mendingan, ada kebaikannya... paling tidak melatih kemampuan menulis...

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger