logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Untuk Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa memang sangat menarik bagi banyak orang, apalagi beasiswa kuliah di luar negeri. Bagaimana tidak, biaya hidup bisa ditanggung, spp ditanggung, buku dan biaya penelitian ditanggung, bisa jalan-jalan dan lain sebagainya. Namun beasiswa keluar negeri bukanlah sedekah yang bisa anda minta kepada donor, tapi harus anda perjuangkan dengan banyak persiapan.
Namun beasiswa keluar negeri bukanlah sedekah yang bisa anda minta kepada donor, tapi harus anda perjuangkan dengan banyak persiapan.
Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu disiapkan untuk untuk mendapatkan beasiswa luar negeri.

1. Selalu Update Informasi Beasiswa

Ada banyak saluran informasi untuk mengatahui pengumuman beasiswa. Dengan mengetahui pengumuman beasiswa di awal, kamu bisa mempersiapkan persyaratannya lebih awal.
Salah satu cara yang paling mudah adalah follow akun twitter yang berisi info-info tentang beasiswa atau perguruan tinggi.
Follow InfoJurusanKuliah
Follow BeasiswaIndo

2. Rajin itu Harus

Rajin adala keharusan, rajin-rajinlah membaca pengumuman dengan teliti, rajin-rajin mencari info, rajin bertanya atau konsultasi dengan yang lebih berpengalaman, dan yang penting, jangan malas mengurusi berkas persyaratan beasiswa.


3. Temukan mentor

Setiap beasiswa mempunya persyaratan dan karakternya sendiri, karena itu kenali karakter setiap beasiswa dengan bertanya pada yang sudah berpengalaman. Banyak juga blog para lulusan penerima beasiswa, anda bisa bertanya langsung dengan orangnya via blognya. Salah satu contohnya adalah erasmusmundus.wordpress.com. Temukan juga informasi mengenai orang yang akan anda jadikan calon pembimbing di study anda, hal ini juga bisa ditanyakan kepada mentor yang anda kenal.

4. Kuasai bahasa asing

Kemampuan berbahasa asing mutlak harus dimiliki jika kamu ingin mendapatkan beasiswa, dalam maupun luar negeri. Jika anda merasa kurang sekali, maka mulailah berlatih sekarang juga. Terus asah kemampuan bahasa asing sambil menunggu pengumuman pembukaan beasiswa. Selain bahasa Inggris, kuasai juga bahasa asing negara tujuan anda jika negara tersebut tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa resminya.

5. Latih Kemampuan Menulis

Bahasa asing memang sangat penting, tapi bukan hanya secara lisan. Tulisan jauh lebih penting, karena latih kemampuan menulis anda. Setiap aplikasi beasiswa biasanya meminta kita untuk menyampaikan apa yang yang menjadi motivasi anda dan kenapa anda pantas mendapatkan beasiswa tersebut.

6. Latih kemampuan komunikasi

Komunikasi tidak hanya soal bahasa, tapi juga tentang kepercayaan diri serta sikap. Kemampuan komunikasi sangat menentukan saat fase wawancara. Komunikasi yang baik akan membuat pewawancara tertarik dan tidak menyepelekan anda.

7. Banyak-banyak sedekah

Hal ini rasanya sudah banyak dialami oleh para penerima beasiswa yang menceritakan pengalamannya di blog mereka. Sedekah akan membuka banyak jalan menuju beasiswa.

8. Berdoa

Jangan pernah lupa untuk berdoa, apapun yang anda rencanakan dan lakukan, tidak akan menjadi apa-apa tanpa izin-Nya. Jangan lupa juga meminta doa kepada orang tua, terutama ibu. Sekali lagi, terutama ibu.

Itulah beberapa tips sederhana dari kami tentang bagaimana mempersiapkan diri untuk mendapatkan beasiswa luar negeri. Semoga bisa  membantu dan bermanfaat.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger