logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pentingnya Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa

Penguasaan Bahasa Inggris sangat penting bagi seorang mahasiswa, namun sayang masih banyak juga yang belum menyadari perlunya penguasaan Bahasa Inggris yang baik bagi seorang mahasiswa. Bukan berarti nilai bahasa Inggris saya tinggi sekali, tapi saya juga baru mulai lagi untuk belajar meningkatkan kemampuan B. Ingris. Juga bukan karena menganggap bahasa Inggris lebih tinggi dari bahasa manapun, masalahnya tidak bisa dipungkiri bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak di gunakan di seluruh dunia. Selanjutnya apa pentingnya penguasaan bahasa Inggris bagi seorang mahasiswa, dibawah ini mungkin adalah sebagiannya:

Untuk seorang mahasiswa, bahasa Inggris merupakan salah satu prasyarat untuk memperoleh gelar sarjana. Tentu kita semua sudah mengalami test TOEFL, untuk mahasiswa sekarang kalau tidak salah TOEFL-nya harus 400. Kalau dibawah 400, harus mengulang hingga nilainya diatas 400. Amat disayangkan bukan kalau seorang mahasiswa harus menunda sidang skripsinya karena nilai TOEFL-nya tidak cukup.

Saat ini kemampuan berbahasa Inggris juga sering dijadikan salah satu syarat untuk melamar pekerjaan. Bahkan mungkin boleh dikatakan hampir semua pekerjaan profesional mensyaratkan penguasaan bahasa Inggris yang baik. Apalagi perusahaan internasional yang gajinya internasional juga. Kalaupun tidak disyaratkan mampu berbahasa Inggris, sarjana yang menguasai bahasa Inggris biasanya akan lebih diutamakan untuk suatu pekerjaan.

Seorang sarjana yang mutlak harus mengusai Bahasa Inggris adalah sarjana yang berencana untuk meneruskan pendidikannya hingga S-2 atau S-3. Kalau untuk lulus S-1 harus punya TOEFL 400, untuk mengambil S-2 kita harus punya TOEFL 480-500. Pendidikan S-2 atau S-3 biasanya diambil oleh dosen atau calon dosen, sebagai seorang dosen atau dosen tentu saja kita harus menguasai bahasa Inggris, dosen tidak boleh kalah berbahasa Inggris dengan mahasiswanya.

Mengusai bahasa Inggris juga salah satu syarat mutlak untuk memperoleh beasiswa pascasarjana (S-2 dan S-3). Saat ini banyak sekali tawaran beasiswa pascasarjana untuk sarjana-sarjana di Indonesia, baik untuk kuliah di dalam negeri maupun di luar negeri. Semua beasiswa tersebut (hampir semuanya) mensyaratkan penguasaan bahasa Inggris, siapa yang tidak mau kuliah gratis? di luar negeri lagi. Jadi bisa kuliah, jalan-jalan, sekaligus menambah pengalaman dan teman.

Itulah sedikit manfaat dari belajar bahasa asing, dalam hal ini bahasa Inggris. Kita dapat memilih bahasa apa yang ingin kita kuasai, tidak selalu bahasa Inggris. Selain menambah khasanah pengetahuan dan kesempatan untuk meraih kerja yang lebih baik atau pendidikan yang lebih tinggi, kemampuan bahasa asing juga dapat meningkatkan kecerdasan kita (menurut banyak penelitian).
Semoga artikel ini bermanfaat ya, kalau ada kritik dan saran silahkan berbagi di kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih. SEMANGAT!!!
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam mempelajari bahasa Inggris. Bagi Anda yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya, silakan kunjungi website kami di http://rumahbahasauniversal.com/

Balas

wah informasinya bermanfaat sekali, saya akan coba tips dari anda..
saya juga belajar TOEFL dari sini

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger