logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil memiliki prospek kerja dalam proyek-proyek pembangunan
Proyek Pekerjaan Teknik Sipil
Jurusan Kuliah Teknik Sipil
Teknik Sipil merupakan jurusan kuliah yang membahas tentang teknologi perancangan, pembangunan, pemeliharaan, dan renovasi bangunan dan atau fasilitas umum. Dalam berbagai aktifitas keteknikan sipil, para pelakunya juga harus memperhatikan fungsi dari fasilitas yang dibangunnya untuk masyarakat. Beberapa bentuk karya bidang teknik sipil misalnya rumah sakit, gedung sekolah, jalan raya, jembatan, bendungan, dan lain sebagainya.

Mungkin masih ada diantara kita yang masih bingung apa yang membedakan jurusan kuliah arsitektur dengan jurusan kuliah teknik sipil. Perbedaannya adalah jurusan kuliah arsitektur berfokus pada bagaimana merancang bentuk bangunan yang indah dengan memperhatikan efisiensi dan efektifitas penggunaannya. Sedangkan jurusan kuliah teknik sipil biasanya akan menjadi pelaksana atau eksekutor dari rancangan yang telah dibuat oleh seorang arsitek.
Prospek Kerja Jurusan Teknik Arsitektur
Dalam eksekusi pembangunan tersebut, seorang ahli teknik sipil harus menguasai teknik manajemen kerja serta memastikan penggunanan sumber daya dalam proses perancangan (bisa dilakukan bersama arsitek) pembangunan dilakukan secara efisien dan efektif. Ilmu sipil juga membahas tentang perawatan, pemeliharaan dan perbaikan yang menunjang daya tahan suatu bangunan.

Perkuliahan

Masa semester-semester awal, mahasiswa jurusan kuliah teknik sipil akan menerima beberapa mata kuliah umum seperti matematika dan kalkulus, fisika (dasar), Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Pancasila dan kewarganegaraan atau etika, Kimia (dasar), geografi dan agama.
Prospek Kerja jurusan Teknik Kimia
Selanjutnya mahasiswa akan mempelajari tentang konsep-konsep fisika yang lebih mendalam seperti konsep keseimbangan gaya-gaya yang salah satunya mempelajari konsep aksi reaksi. Dalam perkuliahan yang banyak melibatkan konsep fisika, akan banyak sekali rumus-rumus dan perhitungan dan logika-logika fisika, karena itu jurusan kuliah ini sangat disarankan untuk anda yang senang dengan ilmu hitungan dan logika.

Selain membutuhkan kemampuan perhitungan yang kuat, seorang profesional teknik sipil harus memiliki pengetahuan tentang perhitungan material. Ilmu tentang material ini merupakan satu cabang ilmu tersendiri yang mempelajari jenis-jenis bahan, sifat-sifat bahan, dan penggunaan bahan tersebut dalam bangunan-bangunan sipil.

Jurusan kuliah teknik sipil di berbagai universitas di Indonesia memiliki jenis-jenis mata kuliah yang berbeda tergantung kebijakan masing-masing, namun sebagai gambaran berikut adalah beberapa jenis matakuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan kuliah teknik sipil: Mekanika teknik / statistika, Gambar bangunan, Teknologi bahan bangunan, Rencana anggaran biaya bangunan, Pelabuhan, Bandara, Struktur Jembatan, Struktur beton
Struktur baja, Struktur Kayu, Hidrologi, Hidrolika, Ilmu Ukur Tanah, Mekanika Tanah, Jalan Kereta Api, Jalan Raya, Terowongan, Irigasi bangunan air, Hukum yang berkaitan dengan pekerjaan Konstruksi, Sistem transportasi, Rekayasa pondasi, manajemen proyek. Berbagai Aplikasi komputer dalam bidang teknik sipil. ( Autocad , SAP 2000, eTABS , Staad pro , microsoft office dll ).
Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota
Dalam ilmu teknik sipil terdapat beragam cabang ilmu lain, beberapa diantaranya adalah ilmu struktur, teknik transportasi, teknik hidrologi, geoteknik, dan manajemen konstruksi.
  • Ilmu struktur membahas tentang cara membangun dengan aman dan sesuai kaidah-kaidah dalam teknik sipil.
  • Teknik transportasi membahas rekayasa transportasi perkotaan, bagian-bagian jalan, dan proses pembuatan jalan.
  • Teknik hidrologi membahas perilaku air, jaringan irigasi, bangunan-bangunan air seperti bendungan.
  • Geoteknik membahas sifat-sifat tanah, jenis-jenis pondasi dan rekayasa pondasi.
  • Ilmu manajemen konstruksi membahas berbagai hal tentang pelaksanaan proyek, anggaran biaya proyek, dan pelaksanaan waktu proyek.

Prospek Lapangan Kerja

Indonesia termasuk negara berkembang yang masih terus membangun infrastrukturnya, berbagai program pembangunan infrastruktur seperti fasilitas umum berupa jalan, jembatan dan sebagainya merupakan prospek lapangan kerja yang masih sangat luas. Namun, tentu saja prospek jurusan ini tidak hanya terbatas pada proyek-proyek tersebut. Berikut ini adalah gambaran beberapa prospek lapangan kerja Jurusan Kuliah Teknik Sipil.

Pegawai Negeri Sipil, 
Institusi pemerintahan yang paling membutuhkan lulusan jurusan kuliah Teknik Sipil adalah kementrian Pekerjaan Umum (PU), yaitu kementrian yang mengurusi berbagai hal terkait pembangunan fasilitas dan infrastruktur negara. Selain kementrian PU, lulusan jurusan teknik sipil juga dapat bekerja untuk pemerintah di badang-badan pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional, Badan Perencanaan Daerah, PMU-Bina Marga, Departemen ESDM, Dinas-dinas Tata Kota & Pertamanan di Tiap kota.

Badan Usaha Milik Negara, 
Prospek kerja jurusan Tehnik Sipil di BUMN misalnya di Hutama Karya (Jalan dan Jembatan), Waskita Karya (Bangunan Gedung), Cipta Karya (Perencanaan) dll.

Konsultan dan/atau Kontraktor Konstruksi Bangunan, 
Pembangunan konstruksi yang marak mengakibatkan lowongan kerja Konsultan dan/atau kontraktor konstruksi bangunan mempunyai banyak pilihan. Mulai dari menjadi drafter, struktural engineer,site engineer, estimator, dsb.

Bidang Umum, 
Lulusan jurusan kuliah Teknik Sipil juga bisa bekerja di BUMN bidang lain seperti Telkom dan PLN, jenis tugas yang dikerjakan sarjana teknik sipil untuk perusahaan ini misalnya untuk prasarana seperti tower telekomunikasi, bendungan untuk pembangkit listrik dan lain sebagainya.  Sarjana teknik sipil juga dapat bekerja di bank atau badan keuangan, bentuk kerja lulusan teknik sipil di bank atau badan keungan misalnya menganalisis visibilitas proyek yang akan dikerjakan dengan peminjaman uang, misalnya untuk membangun prasarana seperti jembatan, gedung dan lain-lain. Lulusan teknik sipil juga bisa memegang posisi manajemen di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Lulusan tekni sipil juga memiliki peluang dalam bidang Industri Energi, Pertambangan dan Pengolahan.

Demikianlah sedikit pemaparan kami tentang perkuliahan dan prospek kerja Jurusan Kuliah Teknik Sipil yang sangat luas. Semogara uraian diatas dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang kebingungan menentukan jurusan yang akan diambil saat akan kuliah nanti.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 comments

terima kasih atas infonya...

Balas

Untuk siswa2 SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan Bagaimana?

Balas

Teknik sipil memiliki prospek kerja yang bagus.

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger