logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ini Cara Bagaimana Mahasiswa Pintar Belajar

Kecerdasan dan kepintaran bukan bawaan lahir, itu adalah buah dari perjuangan. Jadi, siapun bisa menjadi pintar dan cerdas. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara kita menjadi pelajar yang pintar dan cerdas? Satu cara yang sederhana adalah mempelajari bagaimana mahasiswa cerdas dan pintar belajar. Disini kita akan membahas hal tersebut.



Ada dua hal pokok yang bisa kita lihat pada mahasiswa-mahasiswa dengan nilai-nilai tertinggi. Dua hal tersebut adalah:

1. Mereka tidak belajar untuk mengingat, 

Mahasiswa cerdas sebaliknya mereka belajar untuk mengerti. Belajar memahami membuat ingatan yang kuat karena Anda telah mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang topik tertentu.

Berikut adalah cara sederhana bagaimana mereka dapat melakukan itu.

Pada akhir setiap sesi studi, mereka melakukan refleksi di mana mereka memeriksa pemahaman mereka tentang setiap topik dan menentukan apa yang perlu mereka pelajari selanjutnya berdasarkan apa yang sudah mereka pahami. Pada gilirannya akan memberi mereka arahan yang lebih jelas tentang apa yang harus mereka lakukan dalam sesi belajar berikutnya.

Jadi dengan melakukan refleksi, mereka secara alami akan mengingat hal-hal yang mereka pelajari dengan sangat mudah serta tahu persis apa yang perlu mereka pelajari dalam sesi studi berikutnya. Oleh karena itu, mereka dapat tetap mendapat informasi aktif tentang kemajuan mereka dalam studi mereka.

2. Mereka semua menetapkan waktu-waktu 

Mereka semua menetapkan waktu-waktu tertentu kapan mereka harus belajar untuk ujian atau mengerjakan pekerjaan rumah / tugas. Berikut ini contoh yang dapat Anda lakukan

  1. Tetapkan satu jam setiap hari kerja (idealnya satu jam sebelum Anda pergi tidur) untuk mereview apa yang telah Anda pelajari di kelas untuk hari itu.
  2. Review bisa termasuk menulis beberapa catatan singkat tentang apa yang Anda ketahui dan apa yang masih perlu Anda pelajari dari pelajaran hari itu.
  3. Dalam 5 menit terakhir dari sesi revisi satu jam itu, Anda melakukan refleksi atas apa yang telah Anda pelajari dalam semua pelajaran Anda hari ini. Makna ini membuat ringkasan dari apa yang telah Anda pelajari hari ini dan apa yang masih perlu Anda pelajari atau tidak yakin atau mencari bantuan dari guru pada hari berikutnya.
  4. Dengan melakukan refleksi, Anda mendapatkan ide yang jelas tentang apa yang Anda ketahui dan tidak tahu yang kemudian memberi Anda arahan tentang apa yang perlu Anda pelajari di sekolah. Ini secara alami akan memberi Anda perasaan memiliki tujuan di sekolah dan membuat Anda tetap terlibat di kelas. Dengan demikian, Anda secara alami akan memiliki motivasi untuk terus belajar dan belajar.

Selama akhir pekan, alokasikan sesi belajar 2 atau 3 jam, dengan istirahat 15 menit di antaranya, pada setiap akhir pekan untuk sesi studi. Waktu paling ideal untuk melakukan ini adalah di pagi hari ketika Anda baru saja sarapan.

Dalam 15 menit terakhir setiap sesi belajar, Anda juga melakukan refleksi tentang apa yang telah Anda pelajari dan apa yang masih perlu Anda tingkatkan. Ini kemudian akan memberi Anda arahan tentang apa yang masih perlu Anda pelajari di kelas untuk minggu berikutnya.

Metode belajar mahasiswa cerdas ini seharusnya memungkinkan Anda untuk belajar secara efisien dan masih punya waktu untuk bersenang-senang dan juga tidur nyenyak.

Jangan belajar terus menerus selama lebih dari 3 jam karena Anda akan bosan dan kehilangan fokus.

Apakah Anda melihat apa yang perlu Anda ubah dalam kebiasaan belajar Anda saat ini?
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger