logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mudah Tidur Malam - Ini Tipsnya!

 Mudah tidur bagi sebagian orang mungkin hanya menjadi cita-cita yang sulit untuk dicapai. Padahal, keterlambatan istirahat di waktu malam ini, jika terjadi dalam jangka panjang, dapat berdampak buruk pada kesehatan. Agar tidur malam lebih mudah, berikut ini beberapa tips mudah dan sederhana yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Image by Hatice EROL from Pixabay

1. Perhatikan aktivitas di siang dan sore hari

Kurang gerak dapat menyebabkan sirkulasi tubuh kurang lancar, tubuh yang kurang bergerak selanjutnya menjadi tidak mudah tidur. Karena itu usahakan melakukan aktivitas yang melibatkan gerak, bisa di pagi maupun di sore hari. Jika tidak sempat berolah raga, jalan kaki selama beraktifitas harian akan cukup membantu fisik kita. Namun akan sangat baik jika kamu menyempatkan diri berolahraga minimal sekitar 30 menit setiap harinya.

Baca juga: Jadikan Pagi Anda Luar Biasa

2. Konsumsi makanan dan minuman tertentu

Tidak mudah untuk tidur dapat disebabkan oleh kekurangan magnesium. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba untk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya magnesium seperti susu, coklat, buah alpukat, ceri, semangka, oatmeal, pisang, kacang hijau, beras merah, yogurt, susu kedelai, bayam, kangkung, dsb. 

Kamu bisa mengonsumsi makanan dan minuman ini setelah makan malam atau setidaknya 1 jam sebelum tidur. Tapi jangan sampai lupa untuk menyikat gigi setelahnya untuk mencegah gigi berlubang.

3. Mandi air hangat

Sebuah studi menemukan bahwa mandi air hangat sekitar 90 menit sebelum tidur dapat membantu kita untuk lebih cepat tidur. Hal ini berhubungan dengan berkurangnya ketegangan otot dan melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh lebih rileks atau santai. Suhu tubuh yang menurun segera setelah selesai mandi air hangat memberikan sinyal kepada tubuh tentang waktu tidur yang telah tiba sehingga kita mengalami perasaan ngantuk.

Baca juga: Cara Agar Segar Seharian di Kampus

4. Pijat tubuh kamu

Pijat dapat membantu tubuh lebih rileks. Jika tidak sempat melakukan pijat seluruh tubuh, lakukanlah pijat wajah yang dapat dilakukan secara mandiri. Cara paling sederhana adalah dengan mengusap dan menekan lembut area alis dan area antara alis (magic button). Otot wajah yang lebih rileks akan membuat tubuh lebih santai dan lebih mudah untuk beristirahat.

5. Hindari kebisingan

Tidur di tempat yang berisik dapat menyebabkan sulit tidur. Karena itu, matikan berbagai peralatan yang menyebabkan kebisingan. Jika rumah berada di dekat jalan raya yang ramai suara pejalan kaki atau bunyi kendaraan, gunakan penutup telinga. 

Kamu juga bisa menyalakan alunan musik klasik dengan volume rendah atau dengarkan ambient noise atau background noise yang menenangkan (seperti bunyi rintik hujan atau suara air yang mengalir) dengan headset. Suara musik klasik dengan volum rendah tersebut dapat mengurangi perhatian kita pada suara bising.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Stress Mahasiswa

6. Atur suhu ruangan

Suhu ruang yang ideal untuk memudahkan tidur bagi kebanyakan orang adalah sekitar 18 derajat Celcius. Meski demikian ada juga yang lebih merasa nyaman dengan suhu kamar yang lebih hangat, karena itu cobalah bereksperimen untuk mengetahui preferensi suhu yang Anda sukai. Atur suhu sesuai kondisi Anda.

AC sangat memudahkan dalam mengatur suhu ruangan. Jika menggunakan kipas angin, jangan arahkan langsung ke tubuh Anda. Jika tidak ada AC maupun kipas angin, cobalah basahi anggota tubuh Anda (wajah, kaki, dan tangan) agar lebih sejuk.

7. Atur cahaya di dalam ruangan

Cahaya yang redup membantu memudahkan tidur. Gunakan lampu tidur atau masker mata saat akan tidur. Bisa juga dengan mengganti bola lampu meja dengan lampu led merah (atau lampu led yang bisa diubah/diatur warnanya).

8. Gunakan aroma terapi

Bebauan yang menenangkan seperti aroma lavender dan jasmine dapat membantu menenangkan syaraf yang tegang. Gunakan wewangian ini sebagai pengharum ruangan atau sebagai tambahan pada minyak pijat. Beberapa orang lebih senang menyemprotkannya langsung ke bantal. Selain itu, meminum teh chamomile juga baik karena memiliki efek menenangkan yang serupa.

9. Mengatur Nafas

Mengatur nafas terbukti dapat merelaksasi tubuh. Orang yang rutin melakukan yoga dan meditasi biasanya jarang mengalami insomnia. Jika sulit tidur melanda cobalah mengatur nafas sambil berbaring dalam posisi nyaman dengan ritme sebagai berikut: tarik nafas selama 4 detik - tahan nafas 7 detik - lepaskan 4 detik. Ulangi 4 kali. Efek relaksasi akan lebih terasa jika sebelumnya melakukan aktivitas fisik yang melelahkan.

Baca juga: Cara Agar Survive di Semester Pertama Kuliah

10. Berkedip cepat

Pada sebagian orang, mengedipkan mata dengan cepat selama 30 detik sampai 1 menit dapat memancing rasa kantuk. Mungkin ini disebabkan karena otot mata yang lelah setelah berkedip. Menurut beberapa cerita pengalaman orang yang mencobanya, trik ini cukup berhasil walaupun terdengar kurang dapat dipercaya. Tapi, tidak ada salahnya mencoba.

11. Wind down

Wind down adalah istilah yang kurang lebih berarti menurunkan ketegangan secara bertahap. Dalam hal ini, wind down yang dimaksud adalah memberi masa transisi dari kondisi yang tegang (beraktivitas) ke kondisi rileks (tidur). Cara efektif melakukan wind down menuju tidur adalah dengan mematikan atau menon-aktifkan gadget yang digunakan. 

Jauhkan smartphone dari tangan. Ini penting karena blue light dapat menyebabkan otak mengira masih terang dan membuat tegang sehingga anda tidak mudah tidur. Jika terpaksa memegang smartphone, setel ke mode filter cahaya biru (blue light filter mode) atau mode baca. Jika smartphone tidak memiliki mode tersebut, atur kecerahan layar secara manual dengan cara menaikkan level warm dan menurunkan level lightness.

12. Jangan banyak bergerak

Prinsip ini baru dapat diterapkan ketika Anda sudah berbaring di tempat tidur. Jika sudah merasa nyaman dengan posisi tidur, tetaplah berbaring dengan posisi tersebut dan usahakan tidak banyak bergerak setelahnya. Agar ini bisa diterapkan dengan baik, ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan alas tempat tidur dan bantal dengan menggantinya minimal 2 pekan sekali. 

Untuk memastikan kebersihan sebelum tidur, biasakan menepis alas tilam terlebih dahulu sesaat sebelum berbaring. Singkirkan barang-barang yang mungkin terselip di antara bantal dan selimut dan jangan lupa menepuk bantal agar nyaman digunakan.

13. Membangun rutinitas malam sebelum tidur

Rutinitas malam yang teratur secara tidak sadar dapat menstimulasi otak untuk melepaskan sinyal biologis agar tubuh beristirahat. Oleh karena itu biasakan melakukan hal-hal rutin setiap malam sebelum tidur, misalnya dengan mengenakan piyama, memakai bebauan yang sama, meredupkan lampu, menyikat gigi, membersihkan wajah, pipis, menyiapkan pakaian untuk besok, menulis jurnal, doodling, menyetel lagu, wind down, dsb (disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing). 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu dilakukan Mahasiswa Sebelum Tidur

Rutinitas persiapan tidur juga termasuk tidak melakukan aktivitas di tempat tidur pada siang hari agar tubuh tidak bingung. Tempat tidur adalah tempat untuk tidur, jadi jika ingin mudah tidur, mulailah mengurangi kebiasaan menonton video atau mengetik di tempat tidur.

Istirahat yang cukup di malam hari diharapkan dapat menjaga kesehatan di masa tua, menciptakan good mood dan meningkatkan produktivitas sepanjang hari. Selain 13 cara tersebut di atas, apakah kamu memiliki hal lain yang membuat mudah tidur di malam hari? Jika ada, share di kolom komentar ya.

Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger