logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Menemukan Topik Penelitian yang Kuat


Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan tugas akhir, jadi sangat penting untuk memilih topik yang dapat anda nikmati proses pengerjaannya. Namun menemukan topik yang demikian bukanlah hal yang sederhana! Untuk membuat sebuah penelitian yang sukses, anda harus memastikan bahwa topik tersebut memiliki landasan kuat dan juga dapat nada nikmati. Apa maksudnya?

Anda mungkin menemukan topik yang sangat anda sukai dan mencoba mengembangkannya untuk membuat sebuah tugas akhir dengan dasar yang kuat tanpa masalah. Sayangnya ditengah proses tersebut anda mungkin baru menyadari bahwa ada satu atau dua permasalahan terkait topik yang telah pilih. Beberapa diantaranya mungkin adalah:

Sedikit sekali riset dasar atau literatur yang tersedia

Hal ini adalah kesulitan yang umum, membuang waktu dan mengganggu alur pikir serta kepercayaan diri. Seberapapun anda menyukai topik penelitianmu, anda mungkin akan menyerah pada awal jika anda mengetahui bahwa anda akan menghadapi masalah dalam menemukan informasi bagi penulisan tugas akhirmu tersebut.
Baca juga: Manajemen Literatur Karya Tulis dengan Mendeley

Riset tidak mendukung tugas akhir

Ini adalah sumber frustasi yang umum terjadi pada profesor yang memiliki banyak publikasi ilmiah. Mereka sering mengeluarkan ide baru yang menarik, hanya untuk menemukan bahwa semua tujuan riset berada pada arah yang berbeda. Jangan terjebak pada suatu ide jika banyak bukti yang menyangkalnya.

Untuk menghindari kesalahan, sangat penting untuk memilih lebih dari satu topik penelitian sejak awal. Temukan paling tidak tiga atau empat topik yang menurut anda menarik, kemudian pergilah ke perpustakaan atau internet dan lakukan pencarian awal untuk setiap topik.

Tentukan ide proyek yang mana yang di didukung oleh banyak materi yang telah di publikasi. Dengan cara ini, anda dapat memilih topik final yang menarik dan  mungkin untuk dilakukan.

Pencarian pendahuluan

Pencarian pendahuluan dapat dilakukan cukup cepat, tidak diperlukan waktu berjam-jam dalam perpustakaan. Bahkan anda dapat memulainya dari rumah, di komputer anda sendiri.
Pilih suatu topik dan lakukan pencarian dasar dengan bantuan komputer (internet). Buat catatan mengenai tipe sumber yang muncul pada setiap topik. Untuk sederhananya anda dapat mengunjungi 50 halaman web yang berfokus pada topikmu, tapi bukan buku atau artikel.

Ini bukan hasil yang baik!  Dosenmu akan melihat (atau mungkin meminta) berbagai macam sumber, termasuk artikel, buku, dan ensiklopedia sebagai referensi. Jangan pilih topik yang tidak muncul di buku dan artikel maupun situs web.
Baca juga: Pertimbangan dalam Memilih Topik Penelitian Tugas Akhir

Cari beberapa database

Anda pasti ingin untuk memastikan bahwa buku, artikel majalah atau entry jurnal yang anda temukan tersedia di perpustakaan lokal. Gunakan mesin pencari internet favoritmu pada awalnya, tapi kemudian coba gunakan data dari perpustakaan lokal. Jika anda menemukan topik yang telah di teliti secara luas dan sepertinya tersedia di sejumlah buku dan jurnal, pastikan buku-buku dan jurnal tersebut ada dan dapat digunakan.

Secara sederhana, anda mungkin menemukan beberapa artikel, tapi kemudian anda sadar bahwa mereka semua di publikasikan di negara lain. Mungkin bahan-bahan dapat ditemukan di perpustakaan lokal, tapi sebaiknya segera di cek.

Anda dapat juga menemukan buku atau artikel yang dapat mewakili topikmu, tapi mereka dipublikasikan dalam bahasa spanyol atau Prancis (misalnya)! Ini tentu saja baik, jika anda sangat fasih berbahasa Spanyol atau Prancis, tapi jika anda tidak bisa, ini adalah masalah besar.

Pendeknya, selalu, ambil beberapa langkah kedepan untuk memastikan bahwa topikmu akan relatif mudah di cari dalam beberapa hari atau beberapa minggu selanjutnya. Anda tidak mau menghabiskan terlalu banyak waktu dan emosi dalam proyek yang hanya akan membawamu kepada rasa frustasi di kemudian hari, Kan?
Baca juga:
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger