logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Prospek Kerja Perencanaan Wilayah dan Kota

Citra Suatu Kawasan (Kredit: pwk.its.ac.id)

Perencanaan Wilayah dan Kota

Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau Teknik Planologi adalah ilmu yang mempelajari perencanaan suatu kota atau wilayah. Dalam bahasa yang lebih sederhana, Teknik PWK adalah ilmu tata kota. Mahasiswa yang kuliah Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota tidak diharuskan untuk pandai menggambar, kemampuan yang diutamakan adalah daya imajinasi tinggi, kemampuan analisis dan kreatifitas terhadap isu dan masalah suatu kota atau wilayah.

Mungkin banyak diantara teman-teman yang bingung apa perbedaan Jurusan PWK dengan Jurusan Arsitektur Lansekap, perbedaannya adalah Jurusan Arsitektur Lanskap sangat melibatkan aspek visual estetik dan ekologi dalam perencanaan dan desainnya. Sedangkan PWK dengan cakupan yang lebih luas lebih banyak mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi dan politik.
Baca juga:
Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota membahas tentang keteknikan, termasuk matematika dan statistik, pemetaan, ilmu geografi dan geologi, sistem transportasi, software-software pendukung perencanaan (Sistem Informasi Geografis)juga membahasi teori-teori sosial, ilmu sosial-budaya, sosial-ekonomi, kependudukan, teori-teori perencanaan kota dan wilayah, teori-teori hukum dan politik, kajian lingkungan, perumahan dan permukiman, serta ilmu komunikasi.

Materi lainnya dapat mencakup Perencanaan, Kependudukan, Pengantar Ekonomika Perencanaan, Ekonomika Wilayah dan Kota, Pembiayaan Pembangunan, dan, Pengembangan Komunitas, serta Perencanaan dan Politik, dll. Dalam penyelenggaraan perkuliahan tersebut prodi PWK didukung oleh 4 KK (Kelompok Keahlian), yaitu Perencanaan Wilayah & Perdesaan, Perencanaan & Perancangan Kota, Sistem Infrastruktur Wilayah & Kota, dan Pengelolaan Pembangunan & Pengembangan Kebijakan.

Kemampuan utama dari lulusan PWK adalah cara berpikir yang sitematis. Karena ketika teman-teman belajar di PWK, mahasiswa tidak hanya belajar perencanaan wilayah dan kota saja tetapi belajar keseluruhan proses yang ada, atau biasa disebut orang sebagai POAC: Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling.

Setelah membuat rencana, harus ada proses yang dijalankan agar hasil rencana tersebut tetap baik dan berada pada rel yang benar. Oleh karena itu, rencana perlu diimplementasikan (dilaksanakan), kemudian dikelola, dan dikendalikan. Membuat sebuah rencana juga harus memperhatikan kondisi-kondisi masa lalu dan sekarang, atau dalam istilah kerennya: ”Learning The Past, Managing The Present, Shaping The Future”.

Seperti lulusan fakultas teknik lainnya, lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota berhak menggunakan gelar Sarjana Teknik (S.T).
Baca juga:

Prospek Kerja

Seorang alumni PWK mempunyai prospek kerja yang luas karena cakupan ilmunya yang luas, beberapa diantaranya:

Instansi Pemerintah

Di instansi pemerintahan, lulusan Perencanaan Wilayah dan Kota dapat bekerja sebagai pengajar (dosen), peneliti, dan pegawai di perguruan tinggi negara, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Daerah (Bappenas/Bappeda), Bakosurtanal (Badan Koordinator Survey Nasional), Kementrian PU, Departemen Dalam Negeri, BPPT, Kementerian Perumahan Rakyat, Pemda, Dinas Tata Kota, Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah, Dinas Tata Kota atau menjadi penentu kebijakan/pemimpin daerah (walikota/bupati/gubernur/dsb). Depdagri, Kementrian Lingkungan Hidup, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, dan berbagai instansi pemerintah lainnya baik pusat maupun daerah

Kantor Lembaga-lembaga Internasional

World Bank, UNDP, UNHCS (Habitat), ILO, Asean Secretariat, Asian Development Bank.

Sektor Swasta

Sebagai tenaga ahli di konsultan (perencanaan, pariwisata, dan lainnya), LSI (statistik), bagian pengembangan komunitas dari, developer dan kontraktor properti, bidang perkebunan, kehutanan, pengajar dan peneliti di perguruan tinggi swasta, dan lainnya

LSM

Sebagai aktivitis di LSM karena ilmu sosial, komunitas, dan pemerintahan. Biasanya kemampuan lulusan PWK dalam hal pemetaan adalah yang utama untuk mereka bekerja di lembaga swadaya masyarakat.

Diluar Keilmuan

Karena kemampuan berpikir yang runtut dan sistematis serta kemampuan untuk mengenal prinsip dasar manajemen maka lulusan Perencanaan Wilayah dan Kota juga bisa bekerja di bank dan beberapa lembaga keuangan lain serta beberapa perusahaan swasta.

Beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota misalnya :
Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Hasanuddin
Universitas Tanjungpura, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Institut Teknologi Medan.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger