logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

10 Tips Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar

Pada umumnya pelajar dan mahasiswa hanya mengikuti saja cara pembelajaran yang sudah biasa mereka jalani tanpa pemikiran untuk menemukan cara yang lebih efektif dan efisien . Cara belajar tanpa tujuan dan keteraturan hanya akan menjadikan anda pelajar atau mahasiwa yang biasa saja, jika anda ingin menjadi seorang pelajar atau mahasiswa yang luar biasa, coba terapkan 10 Tips Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar berikut ini.

1. Susun Tujuan Studi

Kebanyakan siswa atau mahasiswa hanya menjalani saja apapun proses pembelajaran mereka sepanjang semester tanpa berpikir tentang target yang ingin dicapai. Hal ini membuat proses belajar menjadi kurang tajam dan kurang bergairah. Untuk itu, tentukan rencana studi anda sepanjang satu semester atau satu tahun. Atau jika Anda akan menghadapi Ujian Nasional, jadikan itu tujuan besar yang harus  anda lewati dengan sukses dan tempatkan tujuan tersebut di tempat paling strategis dalam kamar anda.

2. Membuat Rencana Studi

Sistem Kebut Semalam adalah metode belajar yang sangat-sangat buruk, menghentikan kebiasaan tersebut akan menciptakan cara belajar yang efektif. Buatlah rencana studi mingguan anda, bukan hanya belajar saat besok akan ada ujian. Belajar secara berkelanjutan akan membuat otak lebih baik menangkap bahan yang dipelajari.
Baca juga:
Tips Cara Membuat Jadwal

3. Istirahatkan Tubuh dan Pikiran Secara Reguler

Bahkan superhero perlu waktu istirahat, demikian juga pelajar dan mahasiswa. Seriuslah saat belajar, tapi berikan tubuh dan pikiran anda waktu untuk refreshing. Manfaatkan hari pekan dengan sebaik-baiknya untuk menyegarkan pikiran. Demikian juga saat akan ujian, berikan tubuh dan pikiran waktu untuk tenang dan santai sejenak. Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat membuktikan bahwa pergi berjalan-jalan 20 menit sebelum ujian meningkatkan kekuatan otak Anda. Ide ini dapat diterapkan untuk rutin belajar juga.
Baca juga:
Cara Kreatif Menangani Galau Sedih dan Gelisah
Manfaat dan Tips Tidur Siang

4. Gunakan Internet

Belajar pada saat ini bukan hanya berkisar pada ballpoint-kertas-buku teks. Teknologi telah berkembang demikian cepat, dan yang paling efektif dan efisien untuk membantu belajar adalah internet. Temukan berbagai macam materi, latihan ataupun bahan-bahan lain dari internet.
Baca juga:
10 Trik Google yang mungkin Anda Tidak Tahu
Tips Cara Browsing dengan Cepat, Tepat dan Cerdas
Tips Membatasi Diri dari Internet

5. Meminta Bantuan

Mahasiswa tentu memiliki akses ke berbagai layanan penting, misalnya perpustakaan dan layanan TI. Fasilitas ini umumnya gratis sehingga Anda tidak punya alasan untuk tidak menggunakannya. Mengetahui layanan yang tersedia di sekolah atau universitas dan menjaga catatan mental dari apa yang Anda dapat mungkin dapat berguna di masa depan sehingga Anda dapat menghemat waktu dan uang.
Baca juga:
9 Masalah Mahasiswa dan Alternatif Solusinya

6. Temukan Keseimbangan Kesehatan

Evaluasi kembali bagaimana anda menjalani hari-hari anda, apakah anda menjalani dengan penuh semangat, atau menjalani dengan lesu sepanjang hari. Berhentilah mengatakan "Saya tidak pernah mendapatkan cukup tidur" atau "Saya makan terlalu banyak" dan lakukan sesuatu untuk mengatasi masalah tersebut! Buatlah perubahan dan lihatlah bagaimana hal itu akan berdampak positif terhadap rutinitas studi Anda, ini harus memotivasi Anda untuk menjaga keseimbangan yang sehat ke depan.
Baca juga:
9 Cara Mudah Sehat dengan Alam

7. Be Positif

Perlaku dan kebiasaan memiliki dampak besar pada efektivitas proses belajar Anda dan hasil yang akan anda dapatkan. Jika Anda selalu mengatakan bahwa Anda tidak dapat melakukannya dan tidak akan berkomitmen untuk kepada ide pembelajaran, belajar akan menjadi lebih sulit bagi Anda. Jaga dagu Anda tetap tegak dan jadilah positif, Anda adalah orang yang mengendalikan masa depan Anda.
Baca juga:
8 Cara Mudah Meningkatkan Semangat dan Kepercayaa Diri

8. Belajar Bersama-sama

Pilihlan rekan anda yang menurut anda cukup cakap dalam kuliah atau pelajaran yang anda hadapi, bukan berarti menjadi pemilih dalam berteman, ini hanya dalam konteks belajar. Berteman dengan orang-orang yang pintar akan memberi anda kesempatan untuk belajar dari mereka dan meningkatkan semanga belajar anda.

9. Jadikan Belajar sebagai Kegiatan yang Menyenangkan

Banyak siswa tidak suka untuk belajar karena mereka mengasosiasikannya dengan tugas yang harus dikerjakan. Pendidik yang pintar telah mengetahui dan menggunakan strategi pengajaran seperti "Gamification" dan "Flipped Class" untuk melibatkan para siswa dalam teori yang menurut mereka menantang. Anda bisa melakukan cara belajar ini sendiri, misalnya belajar dengan menggunakan kartu-kartu yang berisi kuis atau pertanyaan.

10. Bentuklah Rutinitas Belajar yang Baik

Rutinitas studi Anda bukan hanya terdiri dari perencanaan apa yang harus dilajari dan kapan. Salah satu masalah penting lainnya adalah lingkungan belajar Anda.
Cari tempat untuk belajar yang tenang dan memiliki tingkat gangguan rendah. Atau, Anda juga bisa mencoba beralih dengan duduk di tempat yang berbeda, misalnya perpustakaan sekolah Anda.

Mudah-mudahan Tips belajar ini dapat mendorong Anda untuk mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih baik dan mendapatkan hasil yang lebih baik pula.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 comments

Saat ini saya memang butuh motivasi belajar lebih fokus dan efektif. Terima kasih ya!

Balas

benar juga ya kalau belajar itu harus terjadwal dan reguler. kalau saya kena mau belajar ya paling baca buku aja mas...ok makasih infonya. sangat bermanfaat.

Balas

semoga termotivasi dan jadi bersemangat ya mbak cantik... :D

Balas

terimakasih mbah... kalau saya sendiri masih jauh dari terjadwal... tapi mudah2n bisa mencobanya dengan sukses.... :D

Balas

oke, semua akan saya catat untuk meningkatkan efektifitas belajar demi sebuah prestasi belajar. tapi sebelum memulai semua itu, saya harus membunuh rasa malas yang melekat di dalam diri. ah...

Balas

silahkan dibunuh dulu malasnya mas jev, nggak ada yang bisa jadi kalau dia masih membayangi kita... semoga berhasil ya... :)

Balas

Tulisan bagus, sayangnya gak bisa dikopi-paste buat diprint via ms office word :)

Balas

diketik ulang aja pakai bahasa sendiri mas... :)

Balas

Problem pelajar sekarang adalah tugas yg banyak sampai sampai ngga sempat belajar. Meskipun sudah dicicil, tugas tetep dateng terus. Gimana solusinya?

Balas

tugas itu bisa dikatakan adalah bagian dari pembelajaran itu sendiri mbak, materi2nya tentu saja bagian dari materi yang kita pelajari, kita bisa memaksimalkan waktu kita dengan mengembangkan dan menemukan hubungan antara tugas dan materi belajarnya...

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger