logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

5 Langkah Sederhana Menghemat Waktu Anda dalam Sehari

Membaca (Kredit: Magdalena Roeseler/Flickr)
Selain tidur apa kegiatan yang paling banyak menghabiskan waktu anda dalam sehari? Sebagian besar orang menghabiskan waktunya dalam sehari untuk mengkonsumsi informasi dari media, termasuk didalamnya misalnya membaca email, artikel, dan buku hingga mendengar musik atau menonton video Youtube. Bahkan, rata-rata orang menghabiskan waktu lebih dari delapan jam untuk mengkonsumsi media online. Apalagi jika anda adalah seorang mahasiswa.

Jika anda bisa meningkatkan kecepatan membaca anda, anda bisa mendapatkan tambahan waktu dalam sehari yang bisa anda manfaatkan dalam hidup anda. Beberapa jam dalam sehari tersebut bisa anda manfaatkan untuk mengembangkan kemampuan anda mencoba untuk menguasai kemampuan yang lain, menguatkan hubungan dengan keluarga atau teman dekat, atau mengerjakan sesuatu yang bisa mempercepat perkembangan karir anda.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembicaraan dengan beberapa orang, Michael Simmons menemukan beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam mengkonsumsi media.

Gunakan Pengarah Visual (Penunjuk/ seperti penunjuk saat membaca Al-Qur'an)

Menurut Jim Kwik, pendiri Kwik Learning dan ahli membaca cepat dan ingatan, anda sebaiknya menggunakan penunjuk (anda bisa menggunakan jari anda, ballpoint atau mouse komputer) untuk membaca setiap kata yang anda baca. Menurut Kwik, cara ini akan cepat membantu anda untuk membaca lebih cepat 25 sampai 50 persen. Hal ini dikarenakan penunjuk dapat membantu kita untuk lebih memfokuskan perhatian kita dan mengurangi pengulangan kata yang sudah dibaca.

Perluas bidang baca anda

Bidang baca yang lebih luas bisa membantu anda untuk membaca lebih cepat. Jika anda menggunakan penunjuk, letakkan ujungnya pada kata kedua dari suatu kalimat dan akhiri pada kata kedua dari belakang pada kalimat tersebut. Jika sudah agak mahir, letakkan pada kata kedua di awal dan kedua dari akhir. Dengan melatih ini anda akan cepat membaca hanya dengan melihat sekilas kalimat tersebut. Dengan kemampuan ini anda bisa meningkatkan kemampuan membaca anda hingga 300 persen.

Hilangkan distraksi Mikro dengan White Noise App

Emerson Spartz, pendiri dan CEO dari Spartz Inc memberi tahu semua orang tentang apa yang membantu dia dalam pekerjaannya. Dia menunjukkan bahwa penelitian menemukan gangguan lingkungan menghabiskan sekitar 28 persen pengetahuan pekerja dalam satu hari dan secara dramatis memperlambat pembelajaran.

"Cara termudah dan tercepat yang telah saya temukan untuk menghilangkan gangguan ini adalah dengan white noise (bunyinya terdengar seperti sebuah AC), katanya." Saya mendengarkan white noise melalui White Noise iOS app, dan itu membantu saya masuk dan tinggal dalam keadaan mengalir tenang. "Dia mengatakan tip ini telah membantunya meningkatkan kecepatan bacanya oleh setidaknya 30 persen.

Skim (baca sepintas lalu) sebelum membaca

Jika anda membaca buku fiksi, anda tentu harus membacanya mulai dari awal, hingga sampai halaman terakhir secara berutan. Namun untuk buku nonfiksi, anda tidak perlu terikat dengan cara membaca awal sampai akhir seperti pada buku fiksi. Sebuah penelitian akademis menemukan bahwa skimming bisa meningkatkan kemampuan membaca anda.

Sebuah buku klasik Mortimer Adler's yang terbit pada tahun 1972 menjelaskan dengan baik bagaimana cara untuk melakukan skim.
  • Baca halaman judul dan preface untuk mengetahui dan memahami apa yang dibahas buku tersebut.
  • Lihat daftar isi untuk melihat bagaimana susunan atau organisasi buku tersebut.
  • Lihat daftar pustaka untuk melihat topik yang dibahas dalam buku tersebut dan tipe publikasi yang disitasi oleh penulis.
  • Buka salah satu halaman buku secara acak, baca satu atau dua paragraf untuk memahami isi buku secara keseluruhan.
  • Jika ada, bacalah ringkasan atau kesimpulan penulis. Biasanya terdapat di bagian belakang buku.

Gunakan tool yang tepat sesuai dengan media yang digunakan

Membaca cepat pada saat ini tidak lagi hanya tentang teknik. Tapi juga tentang tool yang digunakan untuk mengkonsumsi konten baik audio maupun visual. Berikut ini adalah beberapa tool (sofware) yang bisa anda gunakan untuk keperluan informasi anda:

Membaca

Spreed (hanya untuk desktop): Daripada menggerakkan mata anda untuk membaca, anda dapat melihat pada satu area di layar komputer yang menampilkan kata-kata yang akan anda baca dengan kecepatan yang bisa diatur (kecepatan maximalnya 1600 kata permenit).
Velocity (iOS)/ Speed Reader (Android): untuk membaca berbagai jenis konten online pada gadget anda dengan cara yang sama seperti Spreed.

Mendengar

Audible (desktop dan mobile): Penyimpanan audiobook terbesar di dunia. Aplikasi mobil mereka memiliki fitur yang memungkinkan anda untuk meningkatkan kemampuan membaca anda hingga tiga kali lipat.
Menonton
Youtube: Banyak orang yang belum tahu bahwa kita bisa memutar video pada Youtube lebih cepat. Caranya, pada bagian bawah video player, klik pada ikonnya dan pilih kecepatan yang sesuai dengan anda.
Enounce (desktop): Tool ini bisa meningkatkan kecepatan video tanpa menyebabkan efek "chipmunk".
Sumber: www.entrepreneur.com
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger