logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

5 Profesi Keren dan Menarik untuk Lulusan Jurusan Kimia

Ahli Kimia Forensik, By West Midlands Police

Bagaimana prospek kerja jurusan kimi sudah pernah dibahas dalam blog ini, kali ini kita akan membahas pilihan karir menarik yang bisa di ambil oleh seorang lulusan jurusan kuliah kimia.  Meskipun beraktifitas dalam bidang kimia, tidak semua profesi tersebut disebut sebagai ahli kimia. Karena kimia adalah studi tentang bagaimana elemen dunia kita bekerja sama, karir di bidang ini dapat berkisar dari apa pun mulai dari mendesain mobil hingga eksplorasi luar angkasa. Simak daftar pekerjaan paling menarik ini untuk mahasiswa kimia.

Ilmuwan Makanan

Ilmuwan Makanan berperan untuk membuat makanan kita tetap  lezat dan  segar. Dengan menerapkan ilmu kimia pada pembuatan  produk makanan, mereka bisa membuat makanan berlemak menjadi non-lemak, menciptakan coklat 'tiruan', dan bahkan membuat makanan tidak bergizi jadi menyehatkan. Sebuah contoh bagus kimia makanan dapat ditemukan dalam karya koki selebriti Heston Blumenthal. Dengan memahami bagaimana unsur-unsur makanan bekerja sama, ia bisa menciptakan hal-hal seperti es krim telur orak-arik dan bahkan peralatan makan yang dapat dimakan. "Nyam nyam nyam…

Perancang kembang api

Kembang api yang tampak sangat menakjubkan dilangit merupakan karya seorang ahli kimia yang telah bekerja keras untuk membuat rancangan kembang api tersebut agar dapat memukau. Perancang kembang api bekerja dengan elemen kimia yang berbeda untuk menciptakan warna dan efek cemerlang yang Anda lihat dalam tampilan kembang api. Tidak percaya? Kembang api mengandung enam bahan kimia penting: bahan bakar, zat pengoksidasi, zat pereduksi, zat pewarna, pengikat dan pengatur. Perancang kembang api tahu persis berapa banyak campuran dari masing-masing bahan untuk menciptakan efek menyilaukan yang butuhkan.

Ahli kristal

Ada lebih banyak kristal cantik yang bisa Anda temukan di toko-toko pada saat ini daripada yang anda dilihat di rumah-rumah. Kristalografer mempelajari struktur kristal yang ditemukan dalam bentuk apapun dari batu permata sampai serpihan salju, sehingga bisa meniru mereka dalam skenario laboratorium. Dan tentang kristal ini tidak hanya bicara tentang benda yang cantik! Pengetahuan kimia ini memungkinkan kita untuk membuat kristal yang digunakan untuk keperluan seperti pembuatan komputer, makanan dan bahkan jam tangan digital.

Ahli kimia forensik

Ahli kimia forensik melihat adegan kejahatan dari perspektif kimia, melihat zat seperti serat, cat dan racun untuk mencoba dan menangkap pelakunya. Contoh bagus kimia forensik di tempat kerja dapat dilihat dalam kejahatan yang melibatkan kebakaran. Ahli kimia forensik dapat menganalisis materi yang ditemukan di TKP untuk mengetahui secara pasti zat apa yang digunakan untuk menyalakan api.

Art Conservator

Pernah mengunjungi museum seni dan bertanya-tanya bagaimana lukisan berusia 500 tahun bisa terlihat bagus? Ahli konservatori seni menggunakan pengetahuan mereka tentang kimia untuk menciptakan pewarna dan warna untuk mengembalikan lukisan yang lebih tua dan memastikannya tetap cerah dan indah selama bertahun-tahun yang akan datang. Mereka juga memperhitungkan bagaimana cat yang berbeda berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka untuk membantu merencanakan lingkungan yang sesuai untuk konservasi karya seni tersebut. Siapa yang menyangka sains dan seni bisa bergaul dengan baik !?
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger