logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ahli Gizi, Peluang Kerja dan Jalur Karirnya

Ilmu Gizi - Jurusan Kuliah Ilmu Gizi membahas pengetahuan tentang bagaimana makanan dan diet mempengaruhi tubuh manusia. Setelah mempelajari nutrisi, kebiasaan makan, dan kesehatan manusia, lulusan dapat mengejar karir di bidang-bidang industri seperti kesehatan, pendidikan, makanan dan seni kuliner, serta ilmu makanan.

Ada banyak peluang kerja yang tersedia dalam bidang ilmu gizi. Gelar sarjana ilmu gizi memungkinkan pelajar untuk membantu orang lain menjaga kesehatan dan kesejahteraan. Seorang lulusan jurusan kuliah ilmu gizi adalah komunikator yang handal, pemikir analitis, dan individu yang senang bekerja dengan orang lain.

Mengapa Mengejar Karir di Ilmu Gizi?

Ahli gizi dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada orang lain tentang cara-cara untuk meningkatkan kesehatan mereka melalui informasi pilihan diet. Profesional Ahli gizi yang sukses senang bekerja dengan orang lain, mengeksplorasi pilihan makanan dan diet, dan mengembangkan rencana makan untuk individu dari segala usia dan gaya hidup. Karir nutrisionis mencakup kerja dalam pengaturan kebugaran, olahraga, bisnis, dan perawatan kesehatan.

Pemegang gelar jurusan ilmu gizi atau nutrisi yang tertarik pada bagaimana makanan dan diet berhubungan dengan proses tubuh fisik dan mental dapat mengejar karir sebagai peneliti dan ilmuwan makanan. Mempelajari nutrisi juga dapat mengarah pada karir layanan makanan, yang mungkin menarik bagi pelajar yang menikmati aktifitas untuk mengoptimalkan rasa, persiapan, dan distribusi makanan.



Prospek Karir Nutrisi

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika (BLS), ahli gizi dan ahli diet memperoleh gaji tahunan rata-rata $61.270 pada tahun 2019. BLS memproyeksikan pertumbuhan pekerjaan 11% untuk ahli gizi (nutrisionis) dan dietisien antara 2018 dan 2028. Selama periode ini, profesional nutrisi perlu membantu perawatan untuk populasi yang menua yang semakin peduli tentang kesehatan, kesejahteraan, dan pencegahan penyakit.

Dengan tingkat pekerjaan yang tinggi di rumah sakit medis dan bedah, pusat perawatan rawat jalan, dan fasilitas perawatan, nutrisionis bertugas memberikan dan dukungan penting bersama dengan dokter, perawat, dan petugas kesehatan lainnya. Profesional nutrisi juga bekerja dalam layanan makanan dan pegawai pemerintah, mendapatkan gaji tinggi.

Keterampilan yang Diperoleh Dengan Gelar Nutrisi

Gelar gizi membangun keterampilan yang berlaku untuk karir di banyak industri. Siswa jurusan ilmu gizi belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang lain, memecahkan masalah yang kompleks, dan bekerja sebagai bagian dari tim.

  • Komunikasi interpersonal
    Ahli gizi belajar menyampaikan informasi tentang makanan, diet, dan kesehatan. Ahli gizi juga mendengarkan kebutuhan klien mereka untuk mengembangkan rencana dan program yang sesuai dengan situasi mereka.

  • Penyelesaian masalah
    Saat membantu klien mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran mereka, nutrisionis menemukan cara untuk memecahkan tantangan. Dengan pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana nutrisi dapat memfasilitasi dan menghambat kesejahteraan, nutrisionis menemukan solusi berdasarkan penilaian penuh terhadap kebutuhan pasien.

  • Berpikir kritis
    Ahli gizi, ahli diet, dan ahli gizi lainnya menggunakan data berbasis bukti, penelitian ilmiah, dan informasi kualitatif untuk memberikan panduan tentang makanan, kesehatan, dan kebugaran. Berdasarkan analisis menyeluruh, pekerja nutrisi membuat keputusan yang paling tepat untuk melayani pasien dan klien mereka. Berpikir kritis juga memungkinkan para profesional untuk memecah masalah terkait nutrisi yang kompleks menjadi bagian-bagian yang bisa lebih mudah dipecahkan.

  • Kerja tim
    Ahli gizi sering bekerja sama dengan rekan kerja. Kolaborasi, mendengarkan, manajemen waktu, dan komunikasi adalah keterampilan penting bagi ahli gizi yang sukses.

  • Alat dan Teknik Motivasi
    Ahli gizi harus menginspirasi klien dan mempengaruhi tindakan mereka. Dengan merancang tindakan dan strategi, ahli gizi membantu memotivasi klien saat mereka mengejar tujuan atau sasaran.

Jalur Karir Nutrisionis

Karena bidang nutrisi menawarkan begitu banyak jalur karir yang berbeda, banyak sekolah menawarkan konsentrasi sehingga mahasiswa dapat mempersempit fokus mereka. Konsentrasi yang tersedia bervariasi antara satu sekolah dengan sekola lainnya. Calon siswa harus meninjau kurikulum setiap program sebelum membuat keputusan.

Daftar di bawah ini menjelaskan beberapa konsentrasi umum dalam program nutrisi yang mengarah ke jalur karir tertentu.

Nutrisi Terapan

Mahasiswa yang berencana untuk bekerja dalam bidang nonklinis sering mengejar konsentrasi ini. Siswa memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan penilaian gizi dan membuat rencana pengobatan untuk individu dan masyarakat. Banyak lulusan yang bekerja dalam bidang nutrisi berbasis kelompok, mendidik individu tentang cara mengisi bahan bakar tubuh mereka dengan benar.

Kesehatan dan Makanan Global

Konsentrasi ini mencakup krisis pangan global dan bagaimana dampaknya terhadap kesehatan masyarakat. Pembelajar juga mempelajari topik-topik seperti ekonomi dan kebijakan publik untuk belajar bagaimana melakukan perubahan.

Ilmu dan Teknologi Pangan

Siswa yang memilih konsentrasi ini sering memutuskan untuk bekerja di industri makanan untuk merancang, membuat, dan mengimplementasikan makanan baru. Mereka mempelajari ilmu kuliner, pengemasan dan pembuatan makanan, pengembangan makanan sehat yang diproduksi secara massal, dan makanan berkelanjutan.

Ilmu Nutrisi

Mahasiswa yang mengejar konsentrasi ini sering berniat untuk melanjutkan ke program pascasarjana. Kuliah di jurusan ini memberikan peserta didik dengan latar belakang yang kuat dalam nutrisi, biokimia, dan biologi molekuler.

Bagaimana Memulai Karir Anda di Nutrisi

Jika kamu berminat mengembangkan karir potensial dalam ilmu gizi, kamu harus mencatat bahwa akses ke posisi tertentu sangat tergantung pada tingkat pendidikan mereka. Lulusan dengan gelar sarjana bersaing untuk pekerjaan entry-level dan non-manajerial, sementara para profesional dengan gelar master dan doktor memenuhi syarat untuk posisi kepemimpinan, penelitian, dan menjadi dosen.

Tanggung jawab berbeda tentu menghasilkan gaji yang berbeda. Misalnya, ilmuwan penelitian nutrisi cenderung berpenghasilan lebih tinggi dari ahli gizi anak. Namun, banyak individu lebih mengutamakan kepuasan profesional bekerja dengan populasi tertentu, terlepas dari berapa banyak pekerjaan itu menghasilkan uang.

Selain mendaftar di program sarjana dan pascasarjana di bidang nutrisi, pelajar juga dapat memperoleh banyak sertifikat berbeda untuk melengkapi gelar mereka.

Cara Memajukan Karir Anda di Bidang Nutrisi

Pendidikan dan pengalaman mengarah pada kemajuan karir di bidang nutrisi. Profesional nutrisi tingkat pemula dapat beralih ke peran sebagai ahli gizi bersertifikat, ahli diet, dan teknisi dengan menyelesaikan persyaratan yang ditetapkan oleh Commission on Dietetic Registration (CDR).

Lulusan dengan gelar sarjana bisa mendapatkan gelar master atau doktor untuk mengembangkan karir lebih jauh. Di samping gelar formal, sertifikasi dan pendidikan berkelanjutan membantu para profesional memajukan pemahaman mereka tentang nutrisi.

Sertifikasi dan/atau Lisensi

Negara memberlakukan persyaratan lisensi yang berbeda untuk ahli gizi, ahli diet, dan teknisi. Pastikan untuk memeriksa ulang persyaratan yang anda siapkan.

Kompetensi gizi dibagi dalam tiga bidang materi yaitu:

  1. Clinical nutrition
  2. Food Service and Food Production
  3. Community Dietetics b. Peserta Pendidikan Profesi:

Peserta pendidikan profesi (dietetic internship) sesuai ketentuan peraturan yang berlaku adalah sarjana gizi (S.Gz) yang telah menyelesaikan pendidikan setingkat strata 1 (S1) dengan kurikulum yang telah direkomendasi oleh forum komunikasi ilmu gizi. Sebutan bagi peserta yang telah menyelesaikan pendidikan profesi (dietetics internship) adalah ahli Gizi (dietisien teregistrasi).

Meneruskan pendidikan

Untuk maju dalam karir mereka, ahli gizi dapat kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar yang lebih tinggi. Mereka juga dapat mendaftar di program sertifikat, mengikuti kelas online gratis, dan mendapatkan pengalaman praktis melalui program pelatihan dan fellowship.

Langkah selanjutnya

Banyak dari sertifikat, program pendidikan, dan kesempatan pelatihan gizi sebagai pendidikan lanjutan. Dengan mengikuti tren dan masalah terkini dalam nutrisi, para profesional dapat menerapkan penelitian dan inovasi terbaru dalam praktik mereka sendiri.

Kelas pendidikan lanjutan dapat mempertajam keterampilan yang sudah dimiliki, sementara jaringan dan keterlibatan profesional dengan rekan kerja dapat mengarah pada peluang kolaborasi.

Keanggotaan dalam organisasi profesional sering kali memberikan akses ke daftar pekerjaan dan nasihat dalam berkarier. Keanggotaan juga memungkinkan profesional nutrisi untuk bekerja dengan mentor dan mengambil bagian dalam acara tatap muka.

Cara Mengalihkan Karir Anda ke Nutrisi

Mendapatkan gelar bidang baru atau lanjutan dalam nutrisi memungkinkan para profesional yang bekerja di bidang yang berbeda untuk beralih karir. Pengubahan karir juga dapat menerapkan keterampilan yang dipelajari sebelumnya untuk nutrisi. Misalnya, individu yang bekerja di bidang teknologi informasi atau profesi yang berhubungan dengan komputer mungkin tertarik untuk berfokus pada sistem informasi perawatan kesehatan.

Mendapatkan pengalaman melalui kegiatan yang berhubungan dengan nutrisi juga dapat menyebabkan perubahan karir yang sukses. Guru dan profesional pendidikan memiliki keterampilan komunikasi dan analitis yang berlaku untuk karir di bidang nutrisi. Sebagai alternatif, profesional bisnis dapat mengambil bagian dalam pemasaran atau manajemen berbasis nutrisi, sementara pekerja layanan masyarakat dapat fokus pada penyediaan program nutrisi untuk kelompok dan komunitas.

Di Mana Anda Dapat Bekerja sebagai Ahli Nutrisi?

Ahli gizi bekerja di beberapa industri berbeda di banyak lokasi berbeda, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Industri

Jurusan nutrisi biasanya menemukan peluang kerja paling banyak dalam industri yang berhubungan dengan kesehatan. Rumah sakit, fasilitas perawatan pasien, dan pusat kesehatan mempekerjakan sebagian besar ahli gizi.

Ahli gizi yang bekerja di luar perawatan kesehatan bisa menemukan pekerjaan dalam bidang farmasi, distribusi makanan, dan organisasi pemerintah.

Rumah Sakit Medis dan Bedah Umum

Termasuk dalam industri ini adalah rumah sakit rawat inap standar. Ahli gizi yang bekerja disini biasanya memberikan perawatan jangka pendek kepada pasien selama mereka tinggal di rumah sakit. Mereka dapat membuat rujukan setelah keluar.

Pusat Perawatan Rawat Jalan

Pusat perawatan rawat jalan termasuk kantor dokter, pusat operasi, dan pusat kesehatan. Pusat-pusat ini menawarkan perawatan jangka pendek dan jangka panjang tergantung pada kebutuhan klien.

Fasilitas Asuhan Keperawatan

Ahli gizi panti jompo bekerja dengan individu yang tinggal di fasilitas hidup yang dibantu untuk jangka waktu yang lama. Mereka memberikan saran tentang diet dan meningkatkan kesehatan dengan menyediakan makanan yang sesuai.

Rumah Sakit Khusus (Kecuali Psikiatri dan Penyalahgunaan Zat)

Dalam pengaturan khusus, ahli gizi bekerja di rumah sakit dan fasilitas perawatan medis di luar lingkup pilihan umum dan bedah. Rumah sakit khusus termasuk pusat trauma, fasilitas perawatan jantung, dan klinik geriatri.

Layanan Makanan Khusus

Layanan makanan khusus mengacu pada diet khusus yang meningkatkan kesehatan. Contohnya termasuk diet bebas gluten, bebas susu, dan vegan.

Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger