logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Penemu dan Penemuan Biologi Paling Terkenal

Struktur DNA. Kredit: ynse/flickr
Setiap cabang ilmu pengetahuan di dunia memiliki penemu-penemu besar yang mengubah wajah peradaban dunia dengan penemuan mereka yang memberikan manfaat untuk umat manusia. Mengenal orang-orang tersebut dengan penemuannya mungkin dapat meningkatkan semangat kita untuk lebih memperdalam bidang ilmu yang kita geluti, karena itu blog jurusankuliah.info akan mencoba memberikan cerita tentang penemu dan penemuannya kepada teman-teman mahasiswa dan calon mahasiswa agar lebih bersemangat dalam belajar.

Kali ini, kita akan membahas tentang penemu dan penemuannya di bidang biologi yang memberikan dampak besar terhadap peradaban manusia. Bidang biologi adalah bidang yang menarik dan beragam, yang telah banyak mengalami penemuan mendasar selama bertahun-tahun. Inilah 10 Ahli Biologi yang semoga bisa menginspirasi mahasiswa baru Biologi, mahasiswa tingkat akhir juga boleh.
Beberapa orang diantaranya mungkin tidak disangka teman-teman. Berikut ini adalah daftarnya.

Aristoteles - terkenal dengan klasifikasi makhluk hidup

Aristoteles lebih dikenal sebagai Filsuf Yunani kuno,  dan jarang dianggap sebagai ilmuan biologi. Namun karyanya tentang klasifikasi makhluk hidup pada saat itu sangat revolusioner. Yang dimaksud dengan 'Ladder of Life', sistem klasifikasi Aristoteles masih bisa digunakan sampai abad ke-19 - sistem tersebut digunakan dalam waktu yang lama. Aristoteles adalah orang pertama yang mengenali hubungan antara spesies dan mengaturnya dengan tepat.
Baca juga: Jurusan Kuliah untuk Pelestari Alam dan Lingkungan

Galen - terkenal karena mengenalkan eksperimen medis (129-161 AD)

Galen adalah seorang dokter yang hidup pada masa Yunani kuno. Galen merevolusi cara penelitian medis dan dilakukan. Galen memiliki pengaruh besar pada perkembangan berbagai bidang kedokteran termasuk anatomi, patologi, fisiologi dan neurologi. Penemuan paling penting mencakup identifikasi perbedaan antara pembuluh darah dan arteri, dan mengenali bahwa laring menghasilkan suara.

Antonie van Leeuwenhoek - dikenal sebagai bapak mikrobiologi 1632-1723

Leeuwenhoek terkenal karena kontribusinya terhadap penyempurnaan mikroskop, dan bagaimana dia menerapkannya pada bidang biologi. Dia merevolusi teknik untuk menciptakan lensa yang kuat, beberapa orang mengatakan bahwa lensa buatan Leeuwenhoek mampu memperbesar hingga 500 kali. Leeuwenhoek menggunakan mikroskop untuk mengetahui lebih banyak tentang dunia makhluk hidup - penemuannya meliputi bakteri, vakuola sel, dan pola serat otot yang banded.

Robert Hooke - terkenal karena menemukan sel 1635 - 1703

Hooke sebenarnya adalah pakar fisika dan kimia, namun penemuan selnya memberikan dampak monumental pada dunia biologi. Hooke memiliki kemampuan luar biasa untuk memanipulasi mikroskop, dan saat menerapkan kemampuan ini untuk melihat secara dekat irisan tipis gabus tanaman, mengamati ruang kosong yang berisi dinding - kemudian ia memberkan nama sel untuk struktur tersebut. Kita sekarang tahu bahwa sel adalah struktur terkecil dari semua kehidupan.
Baca juga: Alasan Kenapa Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Biologi

Carl Linnaeus - dikenal sebagai bapak taksonomi modern 1707-1775

Linnaeus adalah seorang ahli botani, dokter dan ahli zoologi, Linnaeus mengemukakan sistem penamaan, pemeringkatan, dan klasifikasi organisme yang masih kita gunakan sampai sekarang. Koleksi koleksi spesimen tumbuhan, hewan, dan kerangnya yang sangat banyak menginspirasi Linnaeus untuk mengemukakan cara mengelompokkan dan menamai spesies makhluk hidup. Dia memisahkan semua makhluk hidup ke dalam 3 kingdom; Hewan, tumbuhan dan mineral, membagi-bagikannya ke dalam kelas, lalu masuk ke dalam ordo dan kemudian akhirnya menjadi genura dan spesies. Seperti pada nama Homo sapiens? Homo adalah genus dan sapiens spesies - seperti yang Anda lihat masih sangat banyak digunakan saat ini.

Charles Darwin - terkenal dengan teori evolusi 1809-1882

Darwin mungkin naturalis paling terkenal sepanjang masa, kontribusi Darwin terhadap biologi dan masyarakat jauh melampaui imajinasi. Dia menetapkan bahwa semua spesies kehidupan diturunkan dari dari nenek moyang yang sama dalam waktu yang panjang, keberadaan spesies baru terjadi melalui proses seleksi alam. Teorinya tentang evolusi diterbitkan dalam buku The Origin of Species pada tahun 1859 dan ini menyebabkan kegemparan yang cukup besar - Darwin memperdebatkan kepercayaan yang lama tertanambahwa semua spesies telah diciptakan oleh Tuhan di awal dunia. Evolusi dengan seleksi natuaral dikombinasikan dengan genetika Mendel sekarang diterima sebagai sintesis evolusioner modern dan merupakan fondasi dari banyak usaha ilmiah biologis.

Gregor Mendel - pendiri genetika modern 1822-1884

Sumbangan Mendel terhadap ilmu Biologi yang luar biasa tidak mendapat pengakuan hingga lama setelah kematian sang biarawan tersebut - Anda bisa menyebutnya sebagai Van Gogh dari dunia biologis. Mendel menggunakan kacang polong untuk menemukan dan mendemonstrasikan hukum pewarisan genetik, menciptakan istilah gen dominan dan resesif dalam prosesnya. Hukum pewarisan genetik tersebut ditemukan kembali pada pergantian abad ke-20 dan menjelaskan mekanisme dimana teori seleksi alam Darwin dapat terjadi. Kedua teori tersebut digabungkan untuk membentuk pemahaman kita saat ini tentang proses evolusi.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Bioteknologi

Robert Hooke - terkenal karena menemukan sel 1635 - 1703

Hooke terutama adalah pakar fisika dan kimia, namun penemuan selnya telah berdampak monumental pada dunia biologi. Hooke memiliki kemampuan luar biasa untuk memanipulasi mikroskop, dan saat menerapkan kemampuan ini untuk melihat secara dekat irisan tipis gabus, mengamati ruang kosong yang berisi dinding - yang memberi mereka sel. Kita sekarang tahu bahwa sel adalah blok bangunan dari semua kehidupan.

Carl Linnaeus - dikenal sebagai bapak taksonomi modern 1707-1775

Seorang ahli botani, dokter dan ahli zoologi pada saat bersamaan, Linnaeus mengemukakan sistem penamaan, pemeringkatan, dan klasifikasi organisme yang masih kita gunakan sekarang. Koleksi koleksi spesimen tumbuhan, hewan, dan kerangnya yang sangat banyak yang mengarah ke Linnaeus 'muncul dengan cara mengelompokkan dan menamai spesies. Dia memisahkan semua makhluk hidup ke dalam 3 kerajaan; Hewan, tumbuhan dan mineral, membagi-bagikannya ke dalam kelas, lalu masuk ke dalam pesanan dan kemudian akhirnya menjadi genura dan spesies. Anda pernah mendengar tentang Homo sapiens? Homo adalah genus dan sapiens spesies - seperti yang Anda lihat masih sangat banyak digunakan saat ini.

Charles Darwin - terkenal dengan teori evolusi1809-1882

Mungkin naturalis paling terkenal sepanjang masa, kontribusi Darwin terhadap biologi dan masyarakat jauh melampaui imajinasi. Dia menetapkan bahwa semua spesies kehidupan telah turun seiring waktu dari nenek moyang yang sama, keberadaan spesies baru terjadi melalui proses seleksi alam. Teorinya tentang evolusi diterbitkan di On The Origin of Species pada tahun 1859 dan ini menyebabkan kegemparan yang cukup besar - Darwin memperdebatkan kepercayaan terpendam bahwa semua spesies telah diciptakan oleh Tuhan di awal dunia. Evolusi dengan seleksi natuaral dikombinasikan dengan genetika Mendel sekarang diterima sebagai sintesis evolusioner modern dan merupakan fondasi dari banyak usaha ilmiah biologis.

Gregor Mendel - pendiri genetika modern 1822-1884

Sumbangan Mendel yang luar biasa tidak mendapat pengakuan hanya sampai lama setelah kematian sang biarawan - Anda bisa memanggilnya Van Gogh dari dunia biologis. Mendel menggunakan kacang polong untuk menemukan dan mendemonstrasikan hukum pewarisan genetik, menciptakan istilah gen dominan dan resesif dalam prosesnya. Undang-undang tersebut ditemukan kembali pada pergantian abad ke-20 dan memberikan mekanisme dimana teori seleksi alam Darwin dapat terjadi. Kedua teori tersebut digabungkan untuk membentuk pemahaman kita saat ini tentang proses evolusioner.

Alfred Russel Wallace - terkenal dengan Wallace Line 1823-1913

Seorang naturalis terkenal lainnya dalam daftar yang menelurkan teori evolusi. Sebenarnya penemuan Wallace adalah sintesis evolusi independen oleh seleksi oleh seleksi alam yang menyebabkan Darwin bergegas dan menerbitkan On the Origin of Species-nya. Untungnya Wallace adalah seorang ilmuwan berprestasi dan penemuannya tidak berakhir di sana. Wallace mencatat perbedaan fauna antara Asia dan Australia, yang menggambarkan garis antara - sekarang dikenal sebagai Garis Wallace.

Watson dan Crick - terkenal karena menemukan struktur DNA 1962

Francis Crick dan James Watson menjadi terkenal pada tahun 1962 penemuan struktur DNA, dan memenangkan Hadiah Nobel medis untuk penemuan tersebut. Model DNA (double helix) mereka menjelaskan bagaimana DNA bereplikasi dan Bagaimana info turun temurun diberi kode dan diteruskan. Penemuan struktur tersebut telah menghasilkan lebih banyak lagi pengembangkan atas pemahaman fungsi yang digunakan dalam penyakit Diagnosis dan pengobatan penyakit, forensik, dll.
Baca juga: Penyakit yang Sering dialami Mahasiswa

Wilmut & Campbell - terkenal karena menjadi ilmuwan pertama yang mengkloning seekor mamalia 1996

Perlu kita katakan lebih banyak? Keith Campbell dan Ian Wilmut mengkloning seekor mamalia, bernama Dolly the Sheep! Pasangan ilmuan ini mengkloning Dolly menggunakan sel domba dewasa tunggal dan proses transfer nuklir. Dolly meninggal setelah hanya 6 tahun namun kloning terus berlanjut .

Itulah 10 Penemu dan Penemuan Mereka yang turut mengubah wajah peradaban manusia. Semoga cerita mereka bisa menginspirasi dan memotivasi teman-teman yang akan atau sedang menjalani perkuliahan di jurusan kuliah Biologi.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger