logo blog
Selamat Datang di Info Jurusan Kuliah
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Jurusan Kuliah,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jurusan Kuliah untuk Pelestari Alam dan Lingkungan

Kondisi alam dan lingkungan manusia pada saat ini semakin memprihatinkan dengan berbagai kerusakan yang terjadi, karena itu bumi membutuhkan banyak orang yang perduli. Jika kamu memiliki keinginan untuk lebih serius terlibat dalam usaha untuk menyelamatkan bumi, dan sedang bingung dengan pilihan jurusan kuliah yang akan diambil, kamu bisa mempertimbangkan beberapa jurusan berikut ini.

1. Jurusan Biologi

Tidak perlu diragukan sama sekali, Biologi adalah jurusan yang sangat cocok untuk yang serius dengan pelestarian alam dan lingkungan. Karena alam dan lingkungan adalah subjek utama yang dipelajari dalam bidang ini. Di jurusan ini kamu akan mempelajari manusia, hewan, tumbuhan, lingkungan, dan interaksi semuanya. Pengetahuan elemen-elemen lingkungan dan interaksinya membuat seorang biologist lebih mudah untuk memahami permasalahan alam dan lingkungan, dan dapat mencari solusi bagi permasalahan tersebut.
Baca juga: Prospek Lapangan Kerja Lulusan MIPA Biologi
Kondisi lingkungan semakin memprihatinkan (Image: www.cemaru.com)

2. Jurusan Kimia

Apa hubungan pelestarian alam dan lingkungan dengan jurusan kimia? Jawabnya, banyak sekali. Banyak permasalahan lingkungan pada saat ini berhubungan dengan polutan yang terdiri dari bahan-bahan kimia, misalnya merkuri dalam badan air dan timbal di udara. Untuk menguji atau mengukur kualitas lingkungan berdasarkan polutan yang ada, dibutuhkan kimiawan untuk melakukannya. Jika kamu melihat formasi CPNS untuk dinas atau instansi yang berhubungan dengan lingkungan, kamu bisa dengan mudah menemukan formasi untuk lulusan jurusan kimia.
Baca juga:

3. Jurusan Teknik Lingkungan

Dalam prakteknya, mahasiswa teknik lingkungan berhubungan langsung dengan upaya pelestarian alam dan lingkungan. Mereka mempelajari rekayasa teknik untuk menghasilkan solusi kreatif dalam upaya pencegahan atau memberikan solusi-solusi bagi permasalahan lingkungan. Diharapkan berbagai solusi tersebut dapat menciptakan keselarasan antara kehidupan manusia dan alam dan lingkungannya. Beberapa point penting yang dipelajari dalam teknik lingkungan adalah sistem pembuangan dan daur ulang, sistem drainase perkotaan, dan pengendalian pencemaran udara dan air serta pengendalian dan pengelolaan dampak lingkungan.
Baca juga: Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

4. Jurusan kehutanan

Jurusan kehutanan jelas sangat berhubungan dengan  upaya pelestarian alam dan lingkungan, terutama pelestarian kawasan hutan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Hutan bisa dikatakan sebagai penyangga kehidupan, dan mahasiswa jurusan kehutanan tentunya paham dengan berbagai hal yang berhubungan dengan hutan. Dan tentu saja mereka akan berusaha untuk melesatarikan hutan yang menjadi bidang mereka.
Mahasiswa kehutanan tentunya yang paling paham dengan berbagai keanekaragaman makhluk hidup yang terdapat di hutan, yang semuanya memiliki peran penting bagi kehidupan manusia.
Baca juga:

5. Jurusan Arsitektur lansekap

Konsep green design atau desain hijau atau desain ramah lingkungan adalah konsep yang paling hangat di kalangan arsitek lansekap pada saat ini. Salah satu tugas para arsitek lansekap memang untuk membangun lingkungan yang nyaman untuk ditinggali manusia, sekaligus menjaga atau meningkatkan kualitas lingkungan. Arsitek lansekap yang berpegang pada prinsip green design akan sangat berperan dalam upaya pelestarian alam dan lingkungan dengan menciptakan habita yang baik, tidak hanya bagi manusia, tetapi juga berbagai macam satwa liar.
Baca juga:

6. Jurusan Hukum dan Ilmu Sosial dan Politik

Misalnya jurusan hukum, bisa terjun langsung dalam hal advokasi lingkungan. Melindungi kelestarian alam, lingkungan dan hak masyarakat dengan cara memperjuangkannya secara hukum. Jika kelima jurusan diatas umumnya berhadapan langsung dengan masalah-masalah lingkungan, maka ahli hukum memperuangkan lingkungan dalam sidang-sidang pengadilan.

Jurusan lain yang tidak kalah penting adalah jurusan di bidang Ilmu Sosial dan Politik. Jika 5 jurusan diatas adalah ujung tombak. Maka Isipol adalah pangkal dari tombak tersebut. Mereka bisa menjadi pihak yang memegang tombak tersebut. Seperti yang dikatakan para ahli Politik Ekologi, masalah lingkungan pada saat ini pada dasarnya adalah masalah politik ekonomi. Maka, para politikus adalah pihak yang bertanggung jawab untuk membuat kebijakan-kebijakan yang pro lingkungan.
Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Hukum
Itulah 5 Jurusan Kuliah bagi kalian yang ingin terjun langsung dalam upaya menyelamatkan lingkungan. Tapi, apakah jurusan kuliah lainnya tidak berpeluang terjun langsung? Tentu saja bisa, masing-masing bisa turut serta sesuai dengan bidang keahliannya.
Enter your email address to get update from Jurusan Kuliah.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Banyak sekali dampak buruk yang terjadi akibat lingkungan yang kurang baik.
Dibutuhkan kerjasama yang baik oleh masyarakat banyak untuk terciptanya lingkungan yang baik.

Ingat, bumi hanya 1. Jika hancur, dimana anda akan tinggal?

Bantu kami Greenpack untuk mengganti styrofoam dan plastik. Lebih lengkap tentang kami dapat anda lihat www.greenpack.co.id.

Balas

Copyright © 2013. Jurusan Kuliah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger